APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Yuk, Kenali Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkan yang Tepat!

Jenis-jenis kecerdasan anak menurut Howard Gardner

Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Kecerdasan anak yang selama ini dikenal oleh masyarakat pada umumnya hanya terbatas aspek akademis seperti kemampuan anak mengenal angka dan cakap berhitung dengan cepat atau kecerdasan logika matematika. Menurut seorang pakar psikologi dari Amerika Serikat yang bernama Howard Gardner, kecerdasan manusia mencakup banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Howard Gardner mengenalkan adanya sembilan jenis kecerdasan yang lebih dikenal dengan sebutan multiple intelligences (kecerdasan majemuk). Sembilan kecerdasan majemuk menurut Gardner antara lain: kecerdasan musikal, naturalis, linguistik, interpersonal, intrapersonal, visual spasial, logika matematika, kinestetik, dan kecerdasan moral.

Gardner yang merupakan seorang profesor pendidikan dari Universitas Harvard itu juga menyatakan bahwa kecerdasan berkaitan dengan sekumpulan kemampuan unik seseorang. Setiap orang juga punya cara tertentu yang disukai untuk menunjukkan kemampuan intelektualitas tersebut. Oleh karena itu, Guru Pintar harus memahami bahwa setiap siswa memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Sangat tidak bijaksana jika semua siswa disamaratakan karena cara yang mereka butuhkan untuk mengeluarkan dan mengembangkan potensinya pasti berbeda dari orang lain.

Guru Pintar juga perlu untuk mengedukasi orang tua supaya tidak hanya mengukur kecerdasan anak berdasarkan nilai-nilai yang tercantum pada rapor saja. Anak mungkin tidak menunjukkan kemampuan mengagumkan dalam pelajaran berhitung, namun bisa jadi dia memiliki kecerdasan yang lebih tinggi di aspek lain. Mengenal tipe kecerdasan anak sangat penting untuk Guru dan juga orang tua supaya dapat menstimulasi dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh anak tersebut.

Jadi, jangan sampai makna kecerdasan menjadi sempit karena pada kenyataannya dalam seorang anak dapat memiliki sangat banyak potensi untuk dikembangkan.

Nah, supaya kecerdasan dan potensi siswa tidak terhambat, maka penting bagi orang tua dan juga guru untuk mengetahui cara mengembangkan kecerdasan anak. Guru Pintar harus mampu merancang jenis latihan/tugas yang tepat untuk mengembangkan kecerdasan anak.  Berikut ini adalah 9 kecerdasan manusia yang termasuk kecerdasan anak usia dini dan cara untuk mengembangkannya:

1. Kecerdasan bahasa (Verbal-Linguistik)


Foto oleh Norma Mortenson dari Pexels

Tipe intelegensi Gardner yang pertama adalah linguistik atau kecerdasan bahasa. Kecerdasan ini meliputi kemampuan mengolah kata, tata bahasa, serta menuangkan informasi dan ide menggunakan tulisan. Hal yang Guru Pintar dapat lakukan untuk dapat menstimulasi dan mengembangkan kecerdasan ini adalah dengan mengajak siswa membaca nyaring, bermain peran, berdiskusi, dan bermain kata.

2. Kecerdasan logika matematika


Foto oleh Nothing Aheaddari Pexels

Jenis kecerdasan anak ini meliputi kemampuan berpikir logis, memahami sebab akibat, suka teka-teki, serta ketertarikan terhadap angka. Supaya kecerdasan logika matematika siswa dapat berkembang dengan baik, Guru Pintar dan orang tua dapat mengenalkan konsep angka dan berhitung sedini mungkin, mengajak anak melakukan permainan strategi, serta melakukan percobaan ilmiah sederhana.

3. Kecerdasan visual dan spasial

Macam-macam kecerdasan anak selanjutnya adalah kecerdasan visual dan spasial. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya mampu mengenali objek dan bentuk, pola, posisi, mudah membaca peta dan denah, dan mampu berpikir secara kreatif. Supaya kecerdasan visual dan spasial anak terasah dengan baik, Guru Pintar dapat mengajak siswa untuk menggambar, membuat karya, membangun dari balok permainan, mengajarkan arah, dan mengajarkan mengenali berbagai bentuk motif.

4. Kecerdasan kinestetik (gerakan)


Foto oleh Norma Mortenson dari Pexels

Kecerdasan kinestetik meliputi kemampuan koordinasi gerak tubuh yang baik dan sangat menikmati kegiatan fisik. Cara mengembangkan kecerdasan ini adalah dengan mengajak siswa melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berlari, menari, bermain berlatih keseimbangan tubuh, dan menirukan berbagai gerakan tubuh seperti pantomim.

5. Kecerdasan musikal

Kecerdasan majemuk berikutnya adalah kecerdasan musikal, dimana siswa yang memiliki kecerdasan ini memiliki kepekaan tinggi terhadap nada, cepat menghafal irama dan lagu, dan senang bernyanyi. Cara-cara yang dapat Guru Pintar lakukan supaya kecerdasan ini berkembang antara lain dengan bermain alat musik dan mengajak bernyanyi.

6. Kecerdasan interpersonal


Foto oleh Norma Mortenson dari Pexels

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan berhubungan baik dengan orang lain, memahami perasaan orang lain, dan menikmati keberadaan di tengah-tengah kelompok.Mengajak siswa  beraktivitas bersama orang-orang baru, mendorong mereka untuk berinteraksi dengan orang lain, serta mengikutsertakan siswa dalam bakti sosial, dan memberi kesempatan untuk memberikan bantuan orang lain adalah contoh cara-cara untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal pada siswa.

7. Kecerdasan intrapersonal

JIka kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan bagaimana berhubungan dengan orang lain, kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan dalam mengenali diri sendiri, mengekspresikan perasaan, percaya diri, dan mampu menyatakan apa yang disukai dan tidak disukai. Memberikan siswa pelatihan leadership, menganjurkan mereka untuk menulis buku diary, berdiskusi dengan siswa tentang perasaan mereka, dan mengajarkan mereka untuk mengenali kelemahan dan kelebihannya adalah kegiatan yang dapat menstimulasi kecerdasan ini.

8. Kecerdasan naturalis

Kecerdasan majemuk anak membutuhkan stimulus yang tepat untuk berkembang
Foto oleh Sean Harrington dari Pexels

Siswa dengan kecerdasan ini biasanya memiliki ketertarikan mempelajari dan kepekaan terhadap alam, lingkungan, hewan, tumbuhan, dan luar angkasa. Guru Pintar dapat mengajak siswa memelihara hewan misalnya ikan di kelas, merawat tanaman, mengajak berwisata di alam, dan memaparkan pada ilmu seputar alam untuk membantu menstimulasi kecerdasan ini.

9. Kecerdasan moral

Kecerdasan majemuk yang terakhir adalah kecerdasan moral, yaitu kemampuan memahami tuntutan beradab dan berperilaku di masyarakat, serta norma sosial. Cara mengembangkan kecerdasan ini antara lain dengan cara mengajak siswa berdiskusi atas norma masyarakat, membacakan cerita dengan pesan moral, dan lain sebagainya..

Kecerdasan pada anak membutuhkan dorongan belajar yang berbeda-beda. Dengan mengetahui jenis kecerdasan anak, Guru Pintar dapat memberikan pengembangan belajar yang lebih bervariasi. Di rumah, orang tua juga harus memberikan dukungan supaya kecerdasan anak akan berkembang dengan baik. 

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Siswa

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog