redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Administrasi Bisnis: Fleksibilitas dan Probabilitas tanpa Batas

Administrasi Bisnis merupakan salah satu jurusan dengan prospek kampus dan kerja yang cukup luas.

Jurusan Administrasi Bisnis, photo by Daniel Fazio on unsplash

Administrasi Bisnis adalah salah satu jurusan yang diincar anak IPA, IPS, maupun Bahasa. Kok bisa? Apa yang menarik tentang Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis? Di mana kita belajar ilmu ini? Bagaimana pula prospek kerjanya? Yuk, cari tau, Sobat!

 

Administrasi Bisnis, Ilmu yang Penting dalam Pengelolaan Bisnis

Administrasi Bisnis sering dianggap sama dengan Manajemen meskipun keduanya berbeda. Administrasi Bisnis adalah ilmu tentang bagaimana kita mengelola perusahaan. Apa saja yang dikelola? Macam-macam, Sobat. Sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen termasuk di dalamnya.

Ilmu tentang mengelola perusahaan ini dibutuhkan di berbagai level jabatan, mulai dari CEO, manajer, hingga staf. Masing-masing tentunya menggunakan ilmu administrasi yang berbeda. Itulah sebabnya, prospek kerja Jurusan Administrasi Bisnis terbilang baik. Alhasil, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis diminati oleh banyak orang.

 

Beragam Ilmu yang Dipelajari oleh Calon Sarjana Administrasi Bisnis

Ketika belajar di Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, apa saja yang kita pelajari? Kalau dilihat dari ragam mata kuliahnya, banyak banget yang dipelajari, Sobat. Beberapa mata kuliah Administrasi Bisnis misalnya Azas-Azas Manajemen, Perilaku Konsumen, Kebijakan dan Strategi Pemasaran, Organisasi Multilateral, Kebijakan dan Strategi SDM, dan lain-lain.

Di jurusan ini, seorang calon Sarjana Administrasi Bisnis belajar tentang bagaimana membangun dan memasarkan bisnis agar unggul dibandingkan pesaing-pesaingnya. Mulai dari menciptakan value dan produk sendiri hingga bagaimana menjalankan bisnisnya, semuanya lengkap dipelajari di Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis juga belajar tentang pengelolaan fisik dan organisasi kantor. Mulai dari urusan klarikal kantor, prasarana dan sarana kantor, pemrosesan data, hingga pengelolaan administrasi, semuanya juga dipelajari di Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis.

 

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis bagi Sobat yang Masih Galau

Salah satu sebab kenapa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis dilirik oleh anak IPA, IPS, maupun Bahasa adalah karena fleksibilitasnya. As it's mentioned earlier, mulai dari staf hingga CEO-pun memperoleh manfaat dari berbagai ilmu yang dipelajari di jurusan ini.

Maka tak heran bila Administrasi Bisnis acap kali dipilih oleh mereka yang masih galau menentukan jurusan kuliah. Tak hanya memperoleh ilmu tentang manajemen, tapi di Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis kita juga belajar tentang entrepreneurship – tentang bagaimana membangun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis.

But, first thing first, jangan lupa memastikan bahwa pilihanmu untuk kuliah di Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis memang sudah tepat ya, Sobat. Bagaimana caranya? Gampang, kok. Gunakan saja Tes Penjurusan agar pilihan jurusan kuliahmu sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

 

Administrasi Bisnis, Jurusan dengan Prospek Kampus yang Sangat Luas

Nah, udah banyak tau tentang apa itu Administrasi Bisnis? Sekarang kita kepoin di mana belajar tentang ilmu ini, yuk.

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis tak hanya ada pada jenjang S1, tapi juga D3 dan D4. Pada Program D3, Administrasi Bisnis dengan akreditasi A berada di Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik LP3I Bandung. Sedangkan D4 Administrasi Bisnis ada di Politeknik Negeri Bandung.

Untuk program Sarjana Administrasi Bisnis dengan akreditasi A, pilihanmu jauh lebih banyak, Sobat. Here's the full list for you.

1. Universitas Brawijaya

2. Universitas Riau

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

4. Universitas Katolik Parahyangan

5. Universitas Muhammadiyah Sukabumi

6. Universitas Diponegoro

7. Universitas Padjadjaran

8. Universitas Telkom

9. Universitas Sumatera Utara

10. UPN Veteran Yogyakarta

11. UPN Vetera Jawa Timur

12. Universitas Terbuka

13. Universitas Lampung

14. Universitas Pasundan

 

Masa Depan yang Cerah dan Prospek Kerja Administrasi Bisnis yang Terbuka Lebar

Bukan tanpa alasan kalau banyak universitas negeri dan swasta membuka Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Ya, salah satu sebabnya adalah karena tingginya demand akan Sarjana Administrasi Bisnis.

Dengan kata lain, prospek kerja Administrasi Bisnis itu luas, Sobat! Misalnya, pada bagian manajemen perusahaan saja dibutuhkan staf administrasi sampai manajer. Demikian pula pada divisi marketing. Atau kalau tidak, seorang Sarjana Administasi Bisnis bisa banget menjadi seorang entrepreneur dan membangun usaha miliknya sendiri. Gokil, deh!

So, jangan lagi ditanya alumni Jurusan Administrasi Bisnis kerja dimana, ya! Dengan pengetahuan dan skills yang dimilikinya, Sarjana Administrasi Bisnis bakalan sukses menggeluti apapun bidang yang dijalaninya dengan sungguh-sungguh.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet