redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Agribisnis, Jurusan Saintek dengan Prospek Produktif

Agribisnis mempertemukan antara pengetahuan pertanian dan ekonomi bisnis.

Jurusan Agribisnis, image credit Lum3n

Apakah Sobat Pintar pernah terlintas berpikir untuk kuliah Agribisnis? Apa itu Agribisnis? Kenapa harus kuliah Agribisnis? Agribisnis itu jurusan Saintek atau Soshum? Apa yang kita pelajari di Jurusan Agribisnis? Dan masih banyak pertanyaan lain yang akan kita temukan jawabannya... just in a moment – as you keep reading on!

 

Sosial Ekonomi Pertanian, Cara Memandang Pertanian dari Sisi yang Menguntungkan

Dari kata agri atau agro, kita sudah dapat mengambil kesimpulan awal bahwa Argribisnis adalah jurusan yang terkait dengan bidang pertanian. Menurut KBBI, agrobisnis adalah usaha niaga tani, sedangkan Agribisnis sendiri dikenal juga sebagai Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Maka niaga atau bisnis pertanian yang menguntungkan merupakan faktor yang tak terpisahkan dalam Agribisnis. Bukan hanya belajar tentang seluk-beluk pertanian, tapi mahasiswa Jurusan Agribisnis juga belajar tentang bagaimana memaksimalkan keuntungan dari setiap produk pertanian yang dihasilkannya.

Let's get more specific. Matakuliah apa saja yang dipelajari saat kuliah Agribisnis? Beberapa diantaranya yaitu Dasar-Dasar Budidaya Pertanian, Pengantar Ilmu Ekonomi, Koperasi dan Usaha Pertanian, Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian, Pemasaran Hasil Pertanian, Kewirausahaan, serta Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

 

Agribisnis, Ruang Lingkup yang Ternyata Lebih Luas dari Pertanian Saja

Walaupun matakuliah-matakuliahnya kental dengan nuansa pertanian dan ekonomi, ternyata ruang lingkup Agribisnis tak terbatas pada bidang pertanian saja, Sobat. Karena bersifat usaha komersial, Agribisnis membuat para praktisinya berpikir bagaimana menghasilkan produk yang menguntungkan.

Misalnya Sobat memutuskan untuk budidaya lele. Bukan hanya cara budidaya lele yang dipelajari, tapi juga bagaimana menjualnya pada pembeli yang memiliki usaha kuliner lele atau dalam skala rumah tangga saja. Selain dijual setelah dipanen, lele juga bisa dikelola lagi menjadi produk makanan untuk kemudian dijual dengan harga yang lebih menguntungkan.

Produk apa lagi yang dapat dikelola dari hulu sampai hilir seperti ini? Banyak sekali, Sobat. Yang termasuk Agribisnis adalah budidaya tanaman atau pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, hingga kehutanan. Lebih jauh lagi, biofuel, produksi pakan ternak, hingga agrowisata atau wisata pertanian juga termasuk dalam ranah Agribisnis.

 

Prospek Pekerjaan yang Luas, Tawaran Agribisnis yang Tak Ada Habisnya

At this point, you no longer think that Agribusiness relates only to farmers working in paddy fields, do you? Konsep berkelanjutan dalam Agribisnis tak membatasi ruang lingkup dan prospek pekerjaan dalam satu bidang tertentu saja. Dengan kata lain, Agribisnis adalah salah satu bidang yang memberi kita banyak pilihan prospek pekerjaan dimasa depan.

Menjadi entrepreneur yang mengelola penjualan sayur, buah, dan berbagai kebutuhan rumah tangga secara online, misalnya, bisa menjadi salah satu pilihan profesi bagi alumni Jurusan Agribisnis. Tentu saja, Sarjana Agribisnis (S.Agr.) juga dibutuhkan di berbagai instansi pemerintah, lembaga penelitian, institusi pendidikan, maupun sektor swasta.

 

Agribisnis, Salah Satu Jurusan yang Masih Rendah Peminat di Perguruan Tinggi

Walaupun erat dengan ekonomi, Jurusan Agribisnis termasuk kedalam rumpun Saintek. Tergantung pada masing-masing kampus, tapi biasanya Jurusan Agribisnis berada di Fakultas Pertanian – bukan Fakultas Agribisnis ya, Sobat.

Peminat Jurusan Agribisnis pun tak setinggi jurusan-jurusan favorit Saintek yang lain. Misalnya, Agribisnis Institut Pertanian Bogor menerima 47 mahasiswa baru pada SBMPTN 2020 dengan peminat 509 orang pada tahun 2019. Sedangkan Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Universitas Gadjah Mada, akan ada 28 mahasiswa baru pada jalur SBMPTN 2020 dengan peminat 371 orang pada tahun sebelumnya.

Jika tertarik untuk belajar lebih banyak tentang Manajemen Agribisnis, Sobat Pintar dapat merencanakan melanjutkan kuliah kejenjang S2 di Universitas Gadjah Mada atau Universitas Islam Riau. Manajemen Agribisnis adalah kegiatan yang menerapkan manajemen dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan pengawasan sumber daya agar menghasilkan produk pertanian dengan keuntungan yang maksimal.

Dengan kuliah Agribisnis pada jenjang S2, harapannya bisnis dibidang pertanianmu nantinya akan dapat dikelola dengan lebih baik lagi sehingga profit atau keuntungannya juga semakin meningkat. Nah, jadi ingin kuliah Agribisnis, Sobat?

50

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp