redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Akuntansi: Ketahui Kenapa Sejuta Calon Mahasiswa Memilihnya

Akuntansi merupakan jurusan populer pelajar dari kelas IPA dan IPS.

Jurusan Akuntansi, photo by stevepb on pixabay

Kalau ditanya, "Kenapa memilih jurusan akuntansi?" Apa jawabanmu, Sobat? Apa karena rekomendasi orang tua? Atau karena jurusan inilah yang paling pas buatmu menurut Tes Penjurusan?

Anyway, Akuntansi memang merupakan salah satu jurusan yang sangat populer di rumpun Soshum. Bahkan nggak cuma anak IPS yang ingin kuliah di Jurusan Manajemen Akuntansi, tapi anak IPA juga banyak yang tertarik dengan jurusan ini. Jadi, kenapa Jurusan Akuntansi diminati oleh banyak orang hingga lintas generasi?

 

Apa Itu Jurusan Akuntansi?

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Jurusan atau Program Studi (Prodi) Akuntansi dikenal identik dengan angka. Bukan Matematika ya, Sobat! Angka-angka di mata kuliah Jurusan Akuntansi terkait dengan penyusunan dan pencatatan laporan keuangan. Ilmu yang dipelajari di Jurusan Manajemen Akuntansi dapat dipraktekkan di instansi pemerintahan, bisnis publik, bahkan untuk kepentingan nonprofit sekalipun.

 

Kita Semua Butuh Akuntansi

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Belajar di Jurusan Akuntansi itu sejatinya kita belajar tentang bagaimana memelihara keuangan. Mata kuliah Jurusan Akuntansi membuat mahasiswanya akrab dengan pencatatan, penggolongan, hingga penyusunan laporan transaksi keuangan. Eitts perlu dicatat, uang ratusan milyar yang dihitung mahasiswa Jurusan Akuntansi itu nggak real, ya!

Beda lagi dengan uang saku kita. That's real, for sure. Tapi kita juga bisa membuat laporan keuangan untuk diri pribadi, lho. Makanya, ilmu yang dipelajari di berbagai mata kuliah Jurusan Akuntansi itu bakal banyak kepakeknya, Sobat.

 

Nggak Melulu Hitungan, Nggak Melulu Hafalan

Photo by nappy on Pexels

Jika anak IPS memilih kuliah di Jurusan Akuntansi, itu wajar. Tapi kalau anak IPA, kenapa memilih Jurusan Akuntansi? Bukankah ini jurusan Soshum?

Sebenarnya kalau anak IPA masuk kuliah di Jurusan Akuntansi itu juga wajar, Sobat. Pasalnya, ada banyak angka, hitungan, dan analisis yang dikerjakan oleh mahasiswa Jurusan Akuntansi. Dan semua itu cukup familiar buat anak IPA. Coba lihat beberapa mata kuliah Jurusan Akuntansi berikut ini:

- Matematika Bisnis

- Akuntansi Biaya

- Sistem Informasi Akuntansi

- Perpajakan

- Statistika Ekonomi dan Bisnis

- Analitik Bisnis

- Auditing, dan lain-lain

Bukankah mata kuliah Jurusan Akuntansi di atas cukup "dekat" dengan ranah IPA? Bagaimana dengan mata kuliah yang lebih "berbau" IPS? Let's see... here:

- Ekonomi Mikro

- Ekonomi Makro

- Akuntansi Manajemen

- Sistem Pengendalian Manajemen

- Teori Akuntansi

- Komunikasi Bisnis

- Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Risiko, dan lain-lain

 

Tak Ada Bisnis tanpa Akuntansi

Photo by Headway on Unsplash

Jadi, kuliah Jurusan Akuntansi susah gak sih? Beberapa mata kuliah Jurusan Akuntansi di atas memberi kita gambaran apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini.

Agar menjadi akuntan yang profesional di kemudian hari, mahasiswa Jurusan Akuntansi memang harus belajar tentang pelaporan keuangan, audit, peraturan pajak, penganggaran pajak, dan berbagai prinsip Akuntansi yang lain. Iya, ruang lingkup Akuntansi sangat luas.

Mahasiswa Jurusan Akuntansi tak hanya belajar tentang penyusunan laporan keuangan dan pelaporan informasi keuangan perusahaan. Akan tetapi, di Jurusan Akuntansi juga dipelajari tentang bagaimana menggunakan data keuangan tersebut untuk mengatur kinerja perusahaan.

Tak selesai sampai di situ, mahasiswa Jurusan Akuntansi juga belajar tentang perpajakan dan audit. Bahkan, Auditing (Akuntansi Pemeriksaan) menjadi salah satu konsentransi Akuntansi. Di kemudian hari, alumni Auditing biasanya berprofesi sebagai auditor.

Again, kuliah Jurusan Akuntansi susah gak sih? The aswer is very subjective, actually. Yang pasti, Akuntansi punya peran yang sangat penting sebagai sarana perusahaan untuk menyampaikan informasi keuangannya. Bahkan, Akuntansi kerap disebut sebagai bahasa bisnis.

 

Universitas Jurusan Akuntansi

Photo by Pixabay on Pexels

Jurusan Manajemen Akuntansi ini sudah banyak kita temui di perguruan tinggi. Akuntansi di universitas negeri antara lain berada di Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, dan masih banyak lagi.

Sedangkan di universitas swasta, Jurusan Akuntansi dapat kita temui di Universitas Pelita Harapan, Universitas Bina Nusantara, Universitas Islam Bandung, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, dan lain-lain. So, kuliah Jurusan Akuntansi susah gak sih? Kalau dilihat dari ketersediaan jurusan di perguruan tinggi sih, enggak sulit ya, Sobat.

 

Tentang Sarjana Akuntansi

Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Kenapa memilih Jurusan Akuntansi? Konon, kata orang sih, Sarjana Akuntansi itu calon pasangan idaman! Ehmm... Jadi makin pengin kuliah di Jurusan Manajemen Akuntansi, Sobat?

Wait, sebenarnya bukan soal menjadi pasangan idaman yang membuat Sarjana Akuntansi itu keren dan menarik. Tapi berbagai kecakapan yang telah dipelajari selama kuliah membuat alumni Jurusan Manajemen Akuntansi memang layak untuk diperjuangkan (ehem...!). And by the way, apa aja sih, yang bikin Sarjana Akuntansi itu cakep?

Biasanya Sarjana Akuntansi itu jago mengelola keuangan. Selain teliti menghitung, kemampuan analisisnya juga jempolan. Berbekal Ilmu Akuntansi yang telah dipelajarinya, alumni Jurusan Manajemen Akuntansi bisa menawarkan 1001 rekomendasi keuangan yang dibutuhkan.

Dan pastinya, Sarjana Akuntansi bisa mengevaluasi anggaran dan menginterpretasikan angka. Alumni Jurusan Manajemen Akuntansi juga bisa mempresentasikan dan menilai laporan keuangan. Skills dan kemampuan ini tentu dibutuhkan di dunia kerja.

 

Prospek Kerja Akuntansi yang Menjanjikan

Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Karena kebutuhan akan Akuntansi bersifat mutlak, prospek kerja Jurusan Manajemen Akuntansi pun terbuka luas. Auditor, akuntan, analis anggaran, pemeriksa pajak, analis keuangan, pemeriksa keungan, hingga akuntan publik adalah beberapa profesi yang umumnya dijalani oleh Sarjana Akuntansi.

Tapi jangan sampai kita menentukan jurusan kuliah hanya karena mudah dipilih, lho! Pastikan jawaban itu datang dari diri sendiri dan ucapkan dengan lantang ketika ada pertanyaan, "Kenapa memilih Jurusan Akuntansi?"

0
130

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet