APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Data Science di Indonesia: Ketahui Bagaimana dan di Mana Kuliahnya

Data Science, ilmu dengan prospek cerah namun dengan ketersediaan jurusan kuliah yang masih terbatas.

Jurusan Data Science, photo by fauxels on pexels

Sudahkah Sobat Pintar mengenal tentang Jurusan Data Science? Apa itu Data Science? Data Science dikenal juga dengan Sains Data. Namun kita tak bisa sekedar tahu tentang suatu jurusan kuliah maupun ilmu yang dipelajari hanya dari namanya saja, bukan? Makanya, ayo kita cari tahu lebih banyak tentang Jurusan Data Science, Sobat!

 

Apa Itu Data Science?


Photo by Isaac Smith on Unsplash

Baiklah kita mulai kepoin dulu tentang apa itu Data Science. Data Science adalah ilmu tentang pengolahan dan interpretasi data dengan menggunakan formula statistika, bahasa pemrograman, serta tools yang sesuai.

Ketika belajar Data Science, kita akan mendapati data yang terstruktur dan tidak terstruktur. Contoh data yang terstruktur yaitu data demografi dan data keuangan. Sementara data yang tidak terstruktur seperti video, foto, email, media sosial, dan seterusnya.

 

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Data Science?


Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Belajar Data Science di perguruan tinggi artinya kita belajar tentang bahasa pemrograman, khususnya yang digunakan untuk penggalian/penambangan data atau data mining. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, pengolahan dan interpretasi data juga memerlukan ilmu Statistika dan tentunya Matematika.

Macem-macem ya, yang dipelajari di Jurusan Data Science? Emang macem-macem, Sobat! Itulah sebabnya, penting banget tahu minat dan kemampuan kita sebelum memilih jurusan kuliah. Kamu bisa menggunakan Minat Pintar buat ngekepoin apakah Data Science memang jurusan kuliah yang tepat buatmu.

tes memilih jurusan kuliah
 

Mahasiswa Jurusan Data Science juga harus belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik agar pengolahan data yang dihasilkan dapat disampaikan dengan baik.

Mau tau apa saja mata kuliah yang dipelajari tentang Data Sains? Beberapa diantaranya yaitu Data Science pada Domain Spesifik, Metode Numerik, Sistem Kecerdasan Bisnis, Pengantar Penambangan Data dengan Python, Basis Data dan Pemrograman SQL untuk Big Data, Teknologi Big Data dan Cloud Computing, dan masih banyak lagi.

 

Di Mana Kuliah Data Sains di Indonesia?


Photo by Rudy Issa on Unsplash

Baru-baru ini Universitas Airlangga (Unair) membuka Jurusan Teknologi Sains Data. Jurusan Data Science Unair menawarkan empat peminatan, yaitu (1) Kesehatan, (2) Sosial dan Komunikasi, (3) Industri, serta (4) Finansial dan Bisnis. Mahasiswa Jurusan Data Science Unair belajar tentang bahasa pemprograman R dan Python, analisis data, visualisasi data, basis data, bahkan machine learning dan artificial intelligence.

Tak ketinggalan dari Unair, Institut Pertanian Bogor (IPB) juga membuka Jurusan Statistika dan Sains Data pada tahun yang sama. Jurusan Data Science IPB berada pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Sedikit berbeda dari kedua kampus negeri di atas, Universitas Indonesia (UI) memiliki Data Science Center sebagai sebuah Unit Kerja Khusus (UKK) di FMIPA alih-alih sebuah Jurusan Data Science. UI juga menawarkan Data Sains sebagai sebuah mata kuliah, Big Data dan Komputasi Kognitif, di Jurusan Akuntansi.

Belajar Data Science tak terbatas di kampus negeri saja. Salah satu pilihan terbaik untuk belajar Data Science di kampus swasta yaitu di Jurusan Data Science Binus. Di Binus, jurusan ini menjadi bagian dari School of Computer Science dengan fokus pada pemanfaatan data untuk proses bisnis.

 

Bagaimana Perkembangan Data Science di Indonesia?


Photo by Boitumelo Phetla on Unsplash

Data scientist, data analyst, dan data engineer adalah sebagian profesi di bidang Data Sains yang belakangan ini semakin diincar karena prospek penghasilannya yang sangat baik. Tak heran jika minat pada ilmu tentang Data Science di Indonesia juga semakin meningkat.

Di sisi lain, kita belum banyak menjumpai Jurusan Data Science di Indonesia. Tapi jangan patah hati, Sobat. Pasalnya, Data Sains dapat kita pelajari di jurusan-jurusan lain.

Alih-alih belajar Data Science di Jurusan Data Science UI, misalnya, kita bisa memilih kuliah di Jurusan Matematika atau Akuntansi. Begitu pula jika Sobat Pintar nantinya menjadi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data menawarkan tiga departemen yaitu (1)Matematika, (2)Statistika, dan (2)Aktuaria, di mana kita bisa belajar Data Science.

Belajar Data Science setelah kita lulus kuliah S1 juga boleh, Sobat. Banyak diantara mereka yang saat ini bekerja di bidang big data memiliki latar belakang pendidikan dari Jurusan Statistika, Matematika, Teknik Informatika, atau Sistem Informasi. Salah satu S2 Data Science Indonesia yang direkomendasikan yaitu Statistika Terapan: Sains Data IPB.

Jika memungkinkan, kuliah Data Science di luar negeri bisa menjadi pilihan yang bagus, Sobat. Jurusan Data Science di luar negeri, terutama di negara-negara maju, terbilang lebih tinggi peminat. Mereka lebih menyadari pentingnya peran Data Sains dan kemampuannya untuk mengubah dunia di masa depan, tingginya permintaan para profesional di bidang Data Sains, dan prospek cerah yang ditawarkan oleh profesi-profesi di bidang ini.

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
jurusan impian
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog