redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Desain Grafis, Pilihan Kuliah buat Peminat Seni dan Teknologi

Jika cita-citamu adalah kuliah Desain Grafis, ketahui dulu apa yang akan dipelajari di jurusan ini, di mana kuliahnya, dan bagaimana prospek kerjanya.

jurusan desain grafis, photo by Tranmautritam on Pexels

Siapa nih, yang bercita-cita kuliah Jurusan Desain Grafis? Ketika yang lain pengin jadi dokter atau pilot, memang ada yang pengin jadi Sarjana Desain. Bukan berarti salah satu lebih baik ketimbang yang lain ya, Sobat. Selain soal pilihan, sebagian kita memang punya bakat, kemampuan, dan passion di bidang desain. Kalau udah gitu, sayang banget dong, jika sampai disia-siakan. Iya, nggak?

Tapi kuliah Desain Grafis itu sebenarnya kayak apa, sih? Apakah yang Sobat pikir tentang Jurusan Desain Grafis selama ini sudah sesuai sama dunia nyata di luar sana? Bagaimana pula dengan peluang kerja Jurusan Desain Grafis? Yuk, kepoin bareng-bareng sini.

 

Belajar Apa Kuliah Jurusan Desain Grafis?

kuliah desain grafis
Photo by Kaboompics .com on Pexels

Apa sih, yang ada di pikiranmu tentang kuliah Desain Grafis? Apa saja yang dipelajari di Jurusan Desain Grafis? Jangan salah, Sobat. Kuliah Desain Grafis itu nggak cuma bikin logo, poster, atau selebaran.

Selama kuliah di Jurusan Desain Grafis, kita belajar tentang hal-hal fundamental seputar desain grafis seperti warna, ruang, tekstur, bentuk, dan garis. Prinsip-prinsip desain, yang mencakup unity, repetisi, kontras, proporsi, emphasis, ritme, dan balance, juga wajib dipelajari.

Itu saja? Tentu tidak, Sobat. Untuk menjadi Sarjana Desain, kita harus belajar tentang creative drawing. Di kelas ini kita mempelajari semua tentang teknik dan proses menggambar, baik tentang perspektif, figure, proportion, space, construction of form, shadow, light, maupun arsir. Di kelas tipografi, misalnya, kita belajar tentang font hingga bagaimana persepsi audiens atas setiap detail visual yang dilihatnya.

Apa lagi nih, yang kita pelajari di Jurusan Desain Grafis? Untuk lebih jelasnya, kita perlu tahu mata kuliah Desain Grafis. Mata kuliah jurusan kuliah Desain Grafis antara lain Dasar Seni Rupa dan Desain, Metode Produksi, Komunikasi Visual, Komunikasi Visual Multimedia, Animasi, Narasi Visual, Motion Graphic, Bahasa Rupa, Tinjauan Desain, Visual Branding, Videografi, Media Interaktif, Fotografi, dan masih banyak lagi.

 

Bagaimana Peluang Kerja Jurusan Desain Grafis?

jurusan kuliah desain grafis
Photo by Pixabay on Pexels

Jika kuliah Desain Grafis memang menjadi cita-citamu, sederet mata kuliah di atas hanya akan membuatmu semakin bersemangat masuk Jurusan Desain Grafis. Tapi buat Sobat Pintar yang lebih praktis dan realistis, tahu tentang apa saja yang dipelajari di Jurusan Desain Grafis saja tak cukup.

Prospek pekerjaan desain grafis justru menjadi pertimbangan penting. Nah, untungnya nih, Sarjana Desain semakin dibutuhkan di dunia kerja. Hari-hari ini pola komunikasi kita telah berkembang dan cenderung berkonsep visual, mulai dari kelas online sampai sosial media, mulai dari karya seni sampai iklan. Peluang kerja Jurusan Desain Grafis di industri kreatif pun terbilang cukup moncer.

Sarjana Desain dibutuhkan di tim kreatif, entah di agency atau perusahaan. Rumah produksi dan stasiun televisi pun membutuhkan profesional untuk special effect, poster film, iklan, dan lain sebagainya. Ingin bergabung dengan perusahaan pembuat game atau mengembangkan game sebagai freelancer, Sobat? Bisa banget, dong. Semua itu merupakan bagian dari pekerjaan desain grafis yang menarik untuk dilakoni – selama passion-mu memang di sini.

 

Di Mana Universitas yang Ada Jurusan Desain Grafis?

kuliah jurusan desain grafis
Photo by Vojtech Okenka on Pexels

Iya, kebanyakan calon mahasiswa memilih Jurusan Desain Grafis karena memang merasa punya passion di bidang ini. Saat ini sudah banyak kampus-kampus negeri dan swasta yang membuka Jurusan Desain Grafis, baik di Program Vokasi maupun Sarjana.

Universitas yang ada Jurusan Desain Grafis pada Program Vokasi yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Widyatama, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Media Kreatif, dan Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan universitas yang ada Jurusan Desain Grafis pada Program Sarjana ialah Institut Manajemen Wiyata Indonesia, Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer PAT, serta Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.

Jika Sobat memilih Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), pilihan kampusmu justru lebih beragam. Universitas Negeri Semarang membuka Program D3 DKV dengan akreditasi A. Pada Program Sarjana, DKV dengan akreditasi A ada di banyak kampus, sebagian diantaranya yaitu Universitas Negeri Padang, Universitas Bina Nusantara, Universitas Kristen Petra, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Pelita Harapan, Universitas Ciputra, Institut Teknologi Nasional Bandung, Universitas Tarumanagara, Universitas Paramadina, ISI Denpasar, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Trisakti, dan ISI Yogyakarta.

Menemukan kampus incaranmu dari daftar universitas yang ada Jurusan Desain Grafis di atas, Sobat? Di manapun tempatmu kuliah Desain Grafis nanti, terus berjuang dan wujudkan cita-citamu menjadi Sarjana Desain, ya!

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet