redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV): dari A sampai Z yang Perlu Diketahui

Kenali lebih dekat jurusan incaran, Desain Komunikasi Visual.

Jurusan Desain Komunikasi Visual, photo by Neven Krcmarek on unsplash

Sobat Pintar sudah akrab dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual? Apa itu Desain Komunikasi Visual? Adakah hubungan antara Jurusan Desain Komunikasi Visual dengan jurusan seni? Let's read on and find out, Sobat!

 

Apa itu Desain Komunikasi Visual/ DKV?

Desain Komunikasi Visual adalah jurusan kuliah yang masih menjadi bagian dari ilmu seni. Sebelum dikenal sebagai DKV, jurusan ini dulu bernama Desain Grafis. Mahasiswa Desain Grafis dulu lebih banyak belajar tentang grafis atau gambar 2D pada media cetak, cukup berbeda dari materi perkuliahan DKV seperti sekarang.

Kini, DKV sudah berkembang dengan cakupan yang jauh lebih luas. Selain grafis 2D, mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual juga belajar tentang grafis 3D bergerak pada berbagai media, seperti media elektronik maupun interaktif web. Nah, tertarik untuk mengenal DKV, Sobat?

 

Jurusan DKV: Titik Temu Antara Desain dan Seni

Desain Komunikasi Visual adalah jurusan dimana kita belajar tentang bagaimana menggunakan elemen visual untuk menyampaikan suatu pesan secara komunikatif, efektif, dan informatif. Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut bisa berupa gambar, video, maupun media visual lain.

Pesan yang dikomunikasikan atau disampaikan melalui suatu media visual merupakan ungkapan kreativitas seorang desainer. Dalam menghasilkan karyanya, seorang desainer menggunakan elemen-elemen grafis yang meliputi gambar, tatanan huruf, bentuk, layout, hingga komposisi warna. Disinilah nilai-nilai seni berperan.

 

Konsentrasi Ilmu Desain Ditingkat Pendidikan Tinggi

Now that you know a chunk of knowledge about it, let's dive further into Visual Communication Design. Tahukah Sobat, Jurusan DKV di perguruan tinggi pada umumnya terpilah lagi menjadi beberapa peminatan atau konsentrasi. Akan tetapi, peminatan pada satu kampus tak selalu sama dengan peminatan di kampus lain.

Misalnya, peminatan atau konsentrasi DKV ITB yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Multimedia, dan Visual Periklanan. Menginjak semester ke-6, mahasiswa Jurusan DKV ITB baru bisa menentukan konsentrasi yang diminatinya.

Bagaimana peminatan atau konsentrasi DKV di kampus-kampus lain? Ada Desain Komunikasi Grafis, Desain Komunikasi Visual Animasi, Desain Komunikasi Visual Periklanan, Desain Komunikasi Multimedia, dan Desain Komunikasi Visual New Media. Dari seluruh konsentrasi DKV tersebut, apakah sudah ada yang menarik minatmu sejak sekarang, Sobat?

 

Kampus/ Universitas yang Ada Jurusan Desain Komunikasi Visual

Selain ITB, kampus mana lagi yang memiliki Jurusan Desain Komunikasi Visual? Beberapa PTN dengan Jurusan DKV yang telah terakreditasi A BAN-PT antara lain Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

PTS dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual terakreditasi A BAN-PT justru lebih banyak, Sobat. Beberapa diantaranya yaitu Universitas Kristen Petra, Institut Kesenian Jakarta, Institut Teknologi Nasional Bandung, Universitas Tarumanagara, Universitas Bunda Mulia, Universitas Paramadina, Universitas Telkom, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Bina Nusantara.

 

Ruang Lingkup Desain Komunikasi Visual

Sebenarnya ada banyak karya DKV yang kita nikmati dalam kehidupan sehari-hari. Did you even realize it, Sobat? Iklan di media elektronik maupun cetak merupakan salah satu contoh Desain Komunikasi Visual. Poster, katalog, animasi, brosur, hingga kemasan produk juga merupakan contoh Desain Komunikasi Visual yang dapat dengan mudah kita jumpai.

Maka, ruang lingkup pekerjaan seorang desainer pun tak jauh-jauh dari karya-karya di atas. Desain periklanan, desain multimedia, desain grafis industri, desain grafis media, cerita bergambar, animasi, ilustrasi, bahkan fotografi dan videgrafi termasuk kedalam ruang lingkup Desain Komunikasi Visual.

Agar menguasai seluruh skill yang diperlukan untuk menciptakan berbagai karya tersebut, ada berbagai mata kuliah Desain Komunikasi Visual yang harus dipelajari. Beberapa mata kuliah DKV antara lain Rupa Dasar 2D, Pengantar Rekayasa dan Desain, DKV Aplikatif, Tipografi Aplikatif, Metode Produksi, Komunikasi Visual, Narasi Visual, Motion Graphic, Grafis Portofolio, Komunikasi Visual Periklanan, Media Interaktif, Fotografi, dan lain-lain.

Tak ketinggalan, ada pula mata kuliah Desain Grafis, seperti Desain Motif Grafis, yang dipelajari oleh mahasiswa Jurusan DKV. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, misalnya, mata kuliah Desain Motif Grafis merupakan mata kuliah pilihan.

 

Tantangan Karir di Tahun 2020/2021

Jika belajar mata kuliah di atas, kira-kira bakal "secakep" apa dirimu, Sobat? Can you imagine how skillful you will be? Surely you will!

Sayangnya, skill desain hingga saat ini masih kurang dihargai dengan layak, terutama oleh orang-orang yang kurang memahami tentang desain. Sementara itu, lulusan DKV masih harus bersaing dengan lulusan dari jurusan lain, seperti Desain Produk.

But there's no time to feel down, Sobat. Karena selama kuliah di Jurusan DKV, kita bakal dibekali dengan ilmu tentang desain, aplikasinya pada berbagai media baru (2D dan 3D), bahkan kita pun belajar bagaimana memadukan skill desain dengan bisnis.

Lagipula sebagai mahasiswa DKV, Sobat Pintar bakal menguasai banyak software, seperti Adobe Illustrator, Adobe Premier, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, SketchUp, CorelDraw, dan lain-lain. Dan jika dunia desain memang menjadi minatmu, yakin deh, Sobat takkan kehilangan semangat untuk bekerja di bidang yang penuh tantangan ini.

 

Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual (DKV)

Seiring dengan semakin berkembangnya industri kreatif, semakin dibutuhkan pula lulusan DKV. Advertising agency, perusahaan penerbitan, konsultan branding, website developer, hingga humas di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah membutuhkan lulusan DKV.

Lulusan DKV juga dapat bekerja secara mandiri, Sobat. Sebagian mereka bekerja sebagai freelance product designer atau animator video. Ada pula lulusan DKV yang menjadi editor video dan film bahkan sutradara, atau menekuni profesi kurator seni.

Nah, sudah tahu lebih banyak tentang DKV, Sobat? Makin mantapkah niatmu kuliah di Jurusan DKV?

150

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
IKJ PTN yaa?
00

CssBlog

metablog-web Portlet