CssBlog

redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan di Polije (Politeknik Negeri Jember)

Ketahui apa saja prodi D3 dan D4 di Politeknik Negeri Jember.

Jurusan di Politeknik Negeri Jember, Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Pilihan jurusan di Politeknik Negeri Jember itu apa saja, sih? Pertanyaan seperti ini terkadang tak hanya dilontarkan oleh kamu yang memang pengin kuliah di poltek, namun tak jarang juga ditanyakan oleh Sobat Pintar yang masih bingung menentukan pilihan jurusan dan kampusnya.

Menentukan pilihan jurusan kuliah memang enggak bisa dilakukan dengan serampangan, Sobat. Kalau sampai kita salah memilih jurusan, akibatnya tak hanya terasa selama kuliah tetapi sampai nanti setelah lulus. Enggak mau kuliah ogah-ogahan, terus setelah lulus masih bingung kerja di bidang apa, kan? Jadi, jangan tunggu nanti. Gunakan Tes Penjurusan sekarang juga agar kamu tak sampai salah jurusan kuliah.

Kalau kamu sudah mendapat rekomendasi jurusan kuliah, berikutnya tentukan tempat kuliahnya. Nah, kali ini kita kepoin sebuah politeknik negeri di Jember, yuk! Siapa tau, barangkali ada rekomendasi jurusan Politeknik Negeri Jember buatmu.

 

Polije, Sebuah Politeknik Negeri di Jember

program studi di politeknik negeri jember
Photo by Kyle Gregory Devaras on Unsplash

Politeknik Negeri Jember, yang lebih sering dikenal sebagai Polije, berdiri pada tahun 1987 dengan nama Politeknik Pertanian Universitas Jember. Oleh karena itu, jangan heran bila beberapa jurusan favorit di Polije memang merupakan jurusan-jurusan pertanian.

Meski begitu, bukan berarti Polije tidak punya prestasi di bidang-bidang yang lain, Sobat. Mahasiswa Polije terbukti menorehkan prestasi nasional di bidang olahraga bulutangkis, pencak silat, voli pantai, panjat tebing, maupun futsal pada tahun 2016. Polije juga turut serta dalam lomba mobil hemat energi dan robot tingkat nasional. Prestasi-prestasi tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri di berbagai bidang terlepas dari jurusan di Polije yang dipilihnya.

Bagaimana denganmu, Sobat Pintar? Sudah menentukan pilihan jurusanmu? Yuk, lihat dulu pilihan jurusan Polije di bawah ini.

 

Jurusan di Politeknik Negeri Jember

jurusan di politeknik negeri jember dan akreditasinya
Photo by Eben Kassaye on Unsplash

Sebagaimana politeknik pada umumnya, pilihan jurusan tidak dikategorikan ke dalam fakultas di Polije. Alih-alih fakultas, kita langsung dihadapkan pada pilihan jurusan. Dari berbagai jurusan Poltek Jember yang ada, selanjutnya kita menentukan jenjang kuliahnya, apakah pada Program D3 atau D4/Sarjana Terapan. Biar enggak makin bingung, berikut selengkapnya jurusan di Politeknik Negeri Jember dan akreditasinya.

Produksi Pertanian

Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember ini terdiri dari dua prodi D3 dan empat prodi D4/Sarjana Terapan.

Program D3:

Produksi Tanaman Hortikultura (A)

Produksi Tanaman Perkebunan (A)

Program D4:

Teknik Produksi Benih (B)

Teknologi Produksi Tanaman Pangan (B)

Budidaya Tanaman Perkebunan (B)

Pengelolaan Perkebunan Kopi (Baik)

Teknologi Pertanian

Jurusan ini terdiri dari tiga program studi di Politeknik Negeri Jember, satu diantaranya merupakan program D4/Sarjana Terapan.

Program D3:

Keteknikan Pertanian (A)

Teknologi Industri Pangan (A)

Program D4:

Teknologi Rekayasa Pangan (Baik)

Peternakan

Jurusan Peternakan terdiri dari dua prodi di Polije Jember, masing-masing merupakan prodi Ahli Madya dan Sarjana Terapan.

Program D3:

Produksi Ternak (A)

Program D4:

Manajemen Bisnis Unggas (B)

Manajemen Agribisnis

Jurusan di Politeknik Negeri Jember ini adalah salah satu yang memiliki kampus di luar Jember. Berikut program studi di Politeknik Negeri Jember dan lokasi kampusnya.

Program D3:

Manajemen Agribisnis (A)

Manajemen Agribisnis kampus Kabupaten Nganjuk

Program D4:

Manajemen Agroindustri (A)

Manajemen Agroindustri kampus Kabupaten Sidoarjo (Baik)

Akuntansi Sektor Publik (Baik)

Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah salah satu jurusan Politeknik Negeri Jember yang juga punya kampus di Sidoarjo dan Nganjuk untuk Program Sarjana Terapannya.

Program D3:

Manajemen Informatika (A)

Teknik Komputer (A)

Program D4:

Teknik Informatika (B)

Teknik Informatika kampus Kabupaten Nganjuk

Teknik Informatika kampus Kabupaten Sidoarjo

Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata

Jurusan ini terdiri dari dua program studi di Politeknik Negeri Jember, masing-masing pada Program D3 dan D4/Sarjana Terapan.

Program D3:

Bahasa Inggris (B)

Program D4:

Destinasi Pariwisata (Baik)

Kesehatan

Jurusan ini terdiri dari dua prodi di Polije Jember, yang seluruhnya merupakan Program Sarjana Terapan.

Manajemen Informasi Kesehatan (B)

Gizi Klinik (B)

Teknik

Nah, kalau kamu mau kuliah teknik, jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember ini menawarkan empat pilihan prodi pada Program D4.

Teknologi Rekayasa Mekatronika (Baik)

Mesin Otomotif (B)

Teknik Energi Terbarukan (B)

 

Telah disebutkan sebelumnya tentang kampus-kampus Polije di luar Jember. Memang, kampus pusat Polije berada di Jember, Sobat. Namun masih ada lagi tiga kampus lain, yakni di Bondowoso (Kampus 2), Nganjuk (Kampus 3), dan Sidoarjo (Kampus 4). Adapun akreditasi Polije, statusnya saat ini adalah B.

0
20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

CssBlog

metablog-web Portlet