CssBlog

redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan di Politeknik Negeri Bali

PNB Bali membuka Program D3 dan D4 pada bidang teknik dan niaga.

jurusan di politeknik negeri bali, Photo by javier trueba on Unsplash

Jurusan kuliah di Politeknik Negeri Bali itu apa saja, Sobat Pintar? Hayo, bisakah kamu menyebutkannya semudah menyebut nama-nama tempat wisata favoritmu di Bali? Atau, jangan-jangan kamu baru tahu kalau ada politeknik negeri di Bali?

 

Tentang PNB, Sebuah Politeknik Negeri di Bali

jurusan yang ada di politeknik negeri bali
Photo by Dollar Gill on Unsplash

Iya, memang ada sebuah politeknik berstatus negeri di Bali, Sobat Pintar. Namanya pun mudah diingat, Politeknik Negeri Bali (PNB). PNB Bali resmi berdiri pada tahun 1987, dengan lokasi kampus berada di kawasan Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. Kampus Politeknik Negeri Bali saat ini menjadi rumah kedua bagi 6.200 mahasiswanya.

Mahasiswa PNB Bali mengikuti program perkuliahan pada program studinya masing-masing. Program-program PNB Bali meliputi:

Kelas Reguler

 Buat Sobat lulusan SMA/sederajat, Kelas Reguler menjadi pilihan. Program D3 dan D4 Kelas Reguler menawarkan berbagai jurusan di Politeknik Negeri Bali.

Kelas Internasional

Kalau kamu ingin mendapatkan double degree, mengikuti student exchange, dan berbagai tawaran lain, mungkin Program Kelas Internasional cocok buatmu, Sobat. Terlepas dari jurusan Poltek Bali yang kamu pilih, PNB Bali memang telah mengembangkan kemitraan dengan berbagai universitas di luar negeri.

Kelas Kerjasama

Berbagai universitas menjadi mitra internassional PNB Bali. Dengan MSU Malaysia, misalnya, mahasiswa dapat memanfaatkan waktu satu tahunnya untuk belajar hingga memperroleh gelar Sarjana.

Kelas Rekognisi Pembelajaran Lampau

Kamu memiliki pengetahuan atau keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya, Sobat Pintar? Program ini dapat mengesahkan pengetahuan atau keterampilan tersebut, sehingga kamu lulus kuliah dari salah satu prodi Poltek Bali dengan pengakuan atas kompetensimu secara menyeluruh.

Kelas Spesialisasi

Program ini dapat diikuti oleh mereka yang telah menuntaskan kuliah di D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Elektro, atau D3 Teknik Sipil. Ketiganya memang merupakan jurusan favorit PNB Bali, dan program ini menyiapkan mahasiswa dari ketiga jurusan tersebut untuk menguasai segala sesuatu tentang teknologi rekayasa energi terbarukan.

Namun perlu diingat bahwa sefavorit-favoritnya sebuah jurusan di Politeknik Negeri Bali, belum tentu jurusan tersebut cocok buatmu, Sobat. Jadi, jangan asal memilih satu jurusan yang ada di Politeknik Negeri Bali atau kampus-kampus lainnya hanya berdasarkan jumlah peminatnya.

Asal pilih jurusan kuliah sebenarnya cukup berisiko. Bagaimana jika ternyata kamu salah jurusan kuliah? Apakah kamu akan tetap anjut kuliah? Apakah kamu bakal bekerja di bidang yang linier atau, justru sebaliknya, bekerja di bidang lain yang terasa lebih cocok dengan karaktermu? Apa pula kemampuan atau keterampilan yang akan kamu bawa selepas kuliah untuk kemudian ditawarkan di pasar kerja? Nah, biar enggak overthingking, kamu bisa mengikuti Tes Penjurusan Kuliah, Sobat Pintar. Tesnya gratis kok, dan kamu akan dipandu untuk menemukan bidang yang paling sesuai dengan potensimu.

 

Politeknik Negeri Bali: Jurusan dan Akreditasi

jurusan kuliah di politeknik negeri bali
Photo by Gift Habeshaw on Unsplash

Oke, kamu sudah mendapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang paling sesuai dengan bakat, minat, dan potensimu. Terus, apakah rekomendasi jurusan itu ada di PNB Bali?

Asal kamu tahu, Sobat Pintar. Pilihan jurusan kuliah di Politeknik Negeri Bali terbilang cukup beragam. Program D3 dan D4 yang ada di PNB Bali secara umum terkategorikan ke dalam bidang niaga dan teknik. Berikut selengkatnya pilihan jurusan Politeknik Negeri Bali dan akreditasinya masing-masing.

Bidang Niaga

D3 Akuntansi (A)

D3 Administrasi Bisnis (Unggul)

D3 Usaha Perjalanan Wisata (A)

D3 Perhotelan (A)

D4 Manajemen Bisnis Internasional (B)

D4 Akuntansi Manajerial (A)

D4 Akuntansi Perpajakan

D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (A)

Bidang Teknik

D3 Teknik Listrik (B)

D3 Manajemen Informatika (B)

D3 Teknik Mesin (B)

D3 Teknik Pendingin dan Tata Udara (B)

D3 Teknik Sipil (B)

D4 Teknik Otomasi (Baik)

D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

D4 Teknologi Rekayasa Utilitas (Baik)

D4 Manajemen Proyek Konstruksi (B)

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu lebih banyak tentang pilihan program studi di Politeknik Negeri Bali. Jadi, apakah jurusan kuliah yang direkomendasikan buatmu ada dalam daftar di atas? Apakah kamu punya keinginan untuk melanjutkan pendidikan di kampus vokasi ini, Sobat Pintar? Jangan lupa memperhatikan akreditasi kampus yang kamu incar, ya. Adapun akreditasi Politeknik Negeri Bali, statusnya saat ini adalah B.

0
10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

CssBlog

metablog-web Portlet