APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di UB (Universitas Brawijaya) Malang

Ketahui jurusan incaranmu di UB berada di fakultas apa dan memiliki akreditasi apa.

jurusan di ub malang, Photo by Amy Tran on Unsplash

Total ada 79 pilihan jurusan yang ada di UB (Universitas Brawijaya) Malang. Di SBMPTN, jurusan-jurusan tersebut terbagi menjadi 50 jurusan Saintek UB dan 29 jurusan Soshum UB. Pilihan jurusan kuliah yang cukup banyak nih, Sobat.

Kalau kuliah di universitas negeri ini menjadi impianmu, wajib banget tahu apa saja pilihan jurusan di UB dan akreditasinya. Nah, selengkapnya di bawah ini tentang jurusan atau program studi dan akreditasinya masing-masing pada setiap fakultas Universitas Brawijaya.


Photo by Gift Habeshaw on Unsplash

Pertanian

Ada tiga jurusan di UB pada Fakultas Pertanian, yaitu Agribisnis (A), Kehutanan, dan Agroekoteknologi (Unggul). Selain berada di Kota Malang, kampus Agribisnis dan Agroekoteknologi juga ada di Kota Kediri (masing-masing dengan akreditasi Baik). Kehutanan tercatat sebagai jurusan dengan keketatan masuk tertinggi (0.04), sedangkan jurusan sepi peminat di UB pada fakultas ini ialah Agroekoteknologi PSDKU Kediri (0.26).

 

Peternakan

Satu-satunya jurusan Saintek UB di fakultas ini ialah Peternakan. Ada dua kampus Peternakan, yaitu di Kota Malang (Unggul) dan Kota Kediri (Baik).

 

Teknik

Seperti biasa, ada banyak pilihan jurusan di Fakultas Teknik. Di Universitas Brawijaya jurusan teknik yaitu Teknik Sipil (A), Teknik Mesin (Unggul), Teknik Elektro (Unggul), Teknik Pengairan (Unggul), Arsitektur (Unggul), Perencanaan Wilayah dan Kota (Unggul), Teknik Industri (A), dan Teknik Kimia (B). Jurusan Universitas Brawijaya Malang dengan keketatan tertinggi ada pada Teknik Sipil (0.03), sedangkan jurusan sepi peminat di UB pada fakultas ini ada pada Teknik Pengairan (0.15).

 

Kedokteran

Selain Pendidikan Dokter (A), Fakultas Kedokteran menaungi beberapa jurusan Saintek UB yaitu Ilmu Keperawatan (A), Gizi Kesehatan/Ilmu Gizi (A), Kebidanan (A), dan Farmasi (B). Manakah di antara jurusan yang ada di UB ini yang paling ketat saat seleksi calon mahasiswa baru? Jawabannya adalah Pendidikan Dokter dan Farmasi, dengan angka keketatan mencapai 0.03. Sedangkan jurusan sepi peminat di UB atau jurusan dengan tingkat keketatan paling rendah pada Fakultas Kedokteran adalah Kebidanan (0.09).

 

Perikanan dan Ilmu Kelautan

Fakultas Universitas Brawijaya ini juga terdiri dari banyak jurusan. Di sini ada Manajemen Sumberdaya Perairan (Unggul), Budidaya Perairan (A), Teknologi Hasil Perikanan (Unggul), Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Unggul), Ilmu Kelautan (Unggul), dan Agrobisnis Perikanan (Unggul). Budidaya Perairan (0.12) adalah jurusan yang paling sulit ditembus di SBMPTN pada fakultas ini. Sementara itu, jurusan sepi peminat di UB pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan adalah Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (0.23).

 

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jurusan di UB Malang pada Fakultas Matematika dan IPA tak kalah banyaknya. Biologi (A), Fisika (A), Kimia (A), Matematika (A), Statistika (A), Teknik Geofisika (B), Instrumentasi (B), dan Ilmu Aktuaria adalah jurusan-jurusan yang terdapat di FMIPA UB. Dari seluruh jurusan di UB tersebut, keketatan masuk tertinggi dan terendah secara berurutan ada pada Ilmu Aktuaria (0.05) dan Instrumentasi (0.39).

 

Teknologi Pertanian

Di fakultas Universitas Brawijaya ini, jurusan-jurusan yang dinaungi adalah Teknologi Pangan (A), Teknik Pertanian dan Biosistem (A), Teknik Industri Pertanian, Bioteknologi (A), Teknik Lingkungan (Unggul), dan Teknologi Bioproses (C). Tingkat keketatan seleksi masuk tertinggi berada pada Teknologi Pangan (0.07), sedangkan jurusan sepi peminat di UB yang dapat memberimu peluang lebih besar untuk lolos seleksi masuk Fakultas Teknologi Pertanian adalah Teknik Pertanian dan Biosistem (1.06).

 

Fakultas Kedokteran Hewan

Hanya ada satu jurusan di fakultas ini, yaitu Pendidikan Dokter Hewan. Sobat Pintar bisa menebak akreditasi jurusan di UB ini? Pendidikan Dokter Hewan UB sekarang memiliki akreditasi B dari BAN-PT.

 

Fakultas Ilmu Komputer

Apa saja jurusan yang ada di UB pada Fakultas Ilmu Komputer? Di sini ada Teknik Informatika (B), Sistem Informasi (A), Pendidikan Teknologi Informasi (A), Teknologi Informasi (B), dan Teknik Komputer (B). Kira-kira jurusan manakah yang paling sulit ditembus di fakultas Universitas Brawijaya ini, Sobat? Teknik Informatika (0.03). Sedangkan jurusan sepi peminat di UB pada Fakultas Ilmu Komputer adalah Pendidikan Teknologi Informasi (0.28).

 

Fakultas Kedokteran Gigi

Pendidikan Dokter Gigi merupakan satu-satunya jurusan di fakultas ini. Akreditasi jurusan di UB khusus untuk FKG adalah A.

 

Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Kediri

Masih ada dua lagi jurusan Universitas Brawijaya yang kampusnya tidak berada di Kota Malang. Jurusan Saintek UB di Kota Kediri adalah Akuakultur dan Sosial Ekonomi Perikanan. Keduanya saat ini sama-sama memiliki akreditasi Baik dari BAN-PT.

 

Hukum

Jurusan Soshum UB yang ada di fakultas ini adalah Ilmu Hukum. Akreditasi jurusan di UB pada Fakultas Hukum adalah A.

 

Ekonomi dan Bisnis

Di Universitas Brawijaya jurusan yang berada di bawah naungan FEB adalah Ekonomi Pembangunan (A), Ekonomi Islam (A), Manajemen (A), Akuntansi (Unggul), Kewirausahaan (B), serta Ekonomi Keuangan dan Perbankan (A). Dari seluruh jurusan Soshum UB di FEB, keketatan tertinggi ada pada Kewirausahaan (0.03). Sedangkan jurusan sepi peminat di UB dengan peluang terbesar untuk masuk FEB ialah Ekonomi Islam (0.12).

 

Ilmu Administrasi

Ini dia, salah satu fakultas Universitas Brawijaya dengan banyak jurusan di ranah Soshum. Apa saja jurusan di UB dan akreditasinya pada FIA? Di fakultas ini ada Ilmu Administrasi Publik (A), Ilmu Administrasi Bisnis (Unggul), Perpajakan (A), Ilmu Perpustakaan (A), Pariwisata (A), dan Administrasi Pendidikan (B). Keketatan tertinggi ada pada Pariwisata (0.04), sedangkan jurusan sepi peminat di UB FIA adalah Administrasi Pendidikan (0.11).

 

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Jurusan Soshum UB di FISIP ada Sosiologi (A), Ilmu Komunikasi (A), Psikologi (B), Hubungan Internasional (B), Ilmu Politik (A), dan Ilmu Pemerintahan (A). Sobat Pintar bisa menebak manakah jurusan di UB Malang yang paling sulit dan paling mudah ditembus? Jurusan di UB FISIP dengan peminat terbanyak dibandingkan daya tampungnya adalah Ilmu Komunikasi dan Psikologi, yang sama-sama mencapai angka keketatan 0.03. Sedangkan jurusan sepi peminat di UB pada fakultas ini adalah Ilmu Politik (0.10).

 

Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya UB menaungi beberapa jurusan seperti Sastra Inggris (A), Sastra Jepang (A), Bahasa dan Sastra Perancis (B), Sastra Cina (B), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (B), Pendidikan Bahasa Inggris (B), Pendidikan Bahasa Jepang (B), Seni Rupa Murni (B), dan Antropologi Sosial (B). Jurusan Soshum UB yang paling sulit ditembus di FIB adalah Antropologi Sosial (0.07). Sementara itu, jurusan sepi peminat di UB pada fakultas ini adalah Seni Rupa Murni (0.23).

akreditasi jurusan di ub
Photo by David Monje on Unsplash

Itulah seluruh jurusan di UB dan akreditasinya buat Sobat Pintar yang ingin kuliah Sarjana melalui SBMPTN. Udah jelas dong ya, jurusan incaranmu berada di fakultas apa. Pertanyaannya sekarang, sudah sampai mana nih, persiapanmu untuk UTBK?

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog