APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Pilihan kuliah di UMY mencakup Program D3, S1, hingga Internasional.

jurusan di umy, Photo by Masjid MABA on Unsplash

Sudah tahu jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu apa saja, Sobat Pintar? Lebih dikenal dengan UMY, universitas swasta ini adalah salah satu yang terbesar di Yogyakarta. Penting banget dong, kita tahu apa saja  jurusan di UMY.

 

UMY, Sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta


Photo by Harati Project on Unsplash

Enggak perlu dibahas lagi lah ya, apakah UMY negeri atau swasta. Dari namanya pun kamu sudah tahu status institusi pendidikan tinggi ini. Adapun akreditasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, BAN-PT mencatat statusnya adalah Unggul.

Universitas Muhammadiyah berdiri dan mulai menyelenggarakan perkuliahan sejak tahun 1981. Prestasinya cukup mentereng, misalnya menjadi 10 besar Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) Kemendikbudristek pada tahun 2021. Di tahun yang sama, UMY menduduki peringkat I dalam capaian prestasi kegiatan mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia. Perpustakaan UMY juga meraih juara II Academic Library Innovation Award (ALIA) pada tahun 2021. Dan jika kamu melihat pemeringkatan universitas seperti Times Higher Education Rankings atau Webometrics, Sobat Pintar pasti bakal menemukan UMY dalam 10 atau 15 besar universitas terbaik se-Indonesia.

 

Program Studi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


Photo by Irfan Zharauri on Unsplash

Buat lulusan SMA/sederajat, ada 26 program studi atau jurusan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang bisa kamu pilih, Sobat Pintar. Tiga jurusan UMY tersebut merupakan Program D3.

Teknologi Mesin (B)

Akuntansi (B)

Teknologi Elektro-medis (B)

Di UMY jurusan atau program studi S1-nya ada 23 pilihan. Ini dia, seluruh prodi UMY pada Program Sarjana yang bisa kamu pilih, Sobat.

Kedokteran (A)

Kedokteran Gigi (A)

Ilmu Keperawatan (A)

Farmasi (B)

Hubungan Internasional (Unggul)

Ilmu Komunikasi (A)

Ilmu Pemerintahan (Unggul)

Pendidikan Bahasa Inggris (A)

Pendidikan Bahasa Arab (A)

Pendidikan Bahasa Jepang (B)

Agribisnis (Unggul)

Agroteknologi (Unggul)

Teknik Sipil (Unggul)

Teknik Elektro (A)

Teknik Mesin (Unggul)

Teknologi Informasi (B)

Ilmu Hukum (Unggul)

Komunikasi dan Penyiaran Islam (Unggul)

Pendidikan Agama Islam (Unggul)

Ekonomi Syariah (A)

Manajemen (Unggul)

Akuntansi (Unggul)

Ilmu Ekonomi (A)

Tiap-tiap jurusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di atas tentu menjadi bagian dari fakultasnya masing-masing. Fakultas di UMY terdiri dari Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Pertanian, Agama Islam, Pendidikan Bahasa, dan Hukum.

Kalau kamu penginnya kuliah di kelas internasional, UMY juga punya loh, Sobat. Ada delapan program studi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang merupakan program internasional.

International Relations (IPIREL)

Islamic Economics and Finance (IPIEF)

Law and Syariah (IPOLS)

Governmental Studies (IGOV)

Accounting (IPAcc)

Management and Business (IMaBs)

Communication Studies (IP-COS)

 

Memilih dan Mendaftar Program Studi UMY yang Tepat

jurusan di umy
Photo by Fahmi Ramadhan on Unsplash

Pengin kuliah di kelas internasional itu boleh-boleh saja, Sobat. Tetapi apakah pilihan jurusannya sudah tepat? Kamu bisa menggunakan Tes Penjurusan Kuliah untuk membantumu memutuskan jurusan yang paling sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Kalau sudah punya pilihan jurusan di UMY, berikutnya kamu tinggal mendaftar. Ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa kamu tempuh.

Jalur Prestasi

Seleksi calon mahasiswa baru pada jalur ini didasarkan pada minat bakat atau prestasi akademik. Lebih lanjut, Jalur Prestasi dibedakan menjadi tiga, yakni PMDK (Penerimaan Berdasar Minat dan Kemampuan), PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi), dan PBUP (Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan). Seluruh program studi atau jurusan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menerima mahasiswa baru melalui Jalur Prestasi sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan.

Jalur CBT (Computer Based Test)

Jalur ini mengharuskanmu mengikuti tes, Sobat Pintar. Jika mengikuti jalur tes ini, kamu dapat memilih tiga program studi atau jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jika memilih Prodi Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, materi tes mencakup TKA, MMPI, tes IPA, psikotest, tes buta warna, dan wawancara. Jika pilihan prodimu selain kedua bidang tersebut, tes yang diikuti hanyalah TKA.

Jalur SKL (Surat Keterangan Lulus)

Seleksi pada jalur ini dengan menggunakan nilai ijazah atau SKL.

Jalur UTBK

Sobat Pintar yang mengikuti UTBK, namun tidak diterima di jurusan dan PTN incaran, bisa menggunakan nilai UTBK-mu untuk mendaftar dan kuliah di salah satu jurusan UMY.

Jalur SBMPTMu (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/‘Aisyiyah)

Untuk mengikuti seleksi jalur ini, kamu harus memeriksa persyaratan pendaftaran pada prodi UMY incaranmu, Sobat.

Jogjaversitas

Jalur ini merupakan penerimaan mahasiswa baru bersama di wilayah DI Yogyakarta.

International Admission

Nah, jalur ini nih, Sobat, yang mesti kamu pilih bila ingin kuliah di prodi UMY kelas internasional.

 

Itulah pilihan program studi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan jalur masuknya. Sekarang kamu makin mantap dengan jurusan pilihanmu atau, justru sebaliknya, makin bingung sebab saking banyaknya opsi, Sobat Pintar?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog