redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan di UNEJ (Universitas Jember) pada Program Sarjana

Ketahui apa saja jurusan S1 di Universitas Jember.

jurusan di unej, Photo by Engin Akyurt on Pexels

Walaupun berstatus sebagai universitas negeri, nama resminya bukan lagi Universitas Negeri Jember ya, Sobat. Dalam sejarahnya, Universitas Jember memang pernah menyandang nama Universitas Negeri Djember, dengan singkatan Uned. Namun setelah ejaannya disempurnakan, namanya menjadi Universitas Jember, dengan singkatan Unej.

Universitas Jember merupakan universitas negeri paling populer di Jember, sekaligus salah satu yang terbesar di Indonesia. Itulah sebabnya, banyak calon mahasiswa baru yang tak segan memutuskan untuk kuliah di sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini. Tambahan pula, pilihan jurusan S1 di Unej itu banyak banget! Nah, sebelum memutuskan pilihan tempat kuliahmu nanti, ayo kita 'jalan-jalan' dulu ke Jember.

 

Universitas Unggulan di Jember

prodi unej
Photo by Charlotte May on Pexels

Di awal berdirinya, Universitas Jember terdiri dari lima fakultas dengan lokasi kampus yang berbeda-beda. Fakultas Hukum, Sosial dan Politik, serta Pertanian berada di Jember, sedangkan Fakultas Ekonomi, Sastra, dan cabang Fakultas Hukum berada di Banyuwangi. Kini Unej telah berkembang pesat, menaungi lebih banyak fakultas di sejumlah kampus di kota-kota yang berbeda di Jawa Timur. Selain di Jember, kampus-kampus Unej saat ini dapat dijumpai di Bondowoso, Lumajang, dan Pasuruan, masing-masing menaungi sejumlah prodi Unej.

 

Fakultas dan Jurusan di Unej

universitas negeri jember
Photo by Zen Chung on Pexels

Apa saja fakultas dan jurusan di Unej pada program Sarjana? Di bawah ini selengkapnya fakultas dan akreditasi jurusan di Unej.

1. Hukum

Ilmu Hukum (A) adalah satu-satunya jurusan S1 di Fakultas Hukum Unej. Membahas tentang jurusan di Unej dan daya tampung, Ilmu Hukum terbilang unik karena menjadi satu-satunya jurusan Soshum dengan daya tampung terbesar di SBMPTN, mencapai 211 kursi.

2. Ilmu Sosial dan Politik

Jurusan yang ada di Unej pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yaitu Ilmu Hubungan Internasional (A), Ilmu Administrasi Negara (A), Ilmu Administrasi Bisnis (B), Ilmu Kesejahteraan Sosial (B), dan Sosiologi (B). Jurusan di Unej yang sepi peminat di SBMPTN pada fakultas ini ialah Sosiologi, dengan 373 pendaftar di tahun 2021 untuk daya tampung sebanyak 71 kursi.

3. Pertanian

Daftar jurusan di Unej pada Fakultas Pertanian tak kalah panjang. Di sini ada Jurusan Agroteknologi (A), Agribisnis (A), Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian (A), Ilmu Pertanian (Baik), Agronomi (Baik), dan Penyuluhan Pertanian.

4. Ekonomi dan Bisnis

Ada beberapa jurusan S1 di FEB Unej, di kampus yang berbeda. Ekonomi Pembangunan (A), Ekonomi Syariah (B), Manajemen (A), dan Akuntansi (A) adalah daftar jurusan di Unej pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kampus Bondowoso juga menaungi salah satu prodi Unej, yaitu Ekonomi Syariah. Inilah jurusan di Unej yang sepi peminat pada SBMPTN 2021, yang menyediakan 20 kursi untuk 78 pendaftar.

5. Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jurusan S1 di FKIP Unej ada banyak sekali, yaitu:

Pendidikan Matematika (A)

Pendidikan Fisika (A)

Pendidikan Biologi (A)

Pendidikan IPA (B)

Pendidikan Luar Sekolah (A)

Pendidikan Ekonomi (A)

Pendidikan Sejarah (A)

Pendidikan Bahasa Inggris (B)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (B)

PGSD (B)

Pendidikan Guru PAUD (B)

Pendidikan Geografi (Baik)

6. Ilmu Budaya

Empat jurusan di Unej pada Fakultas Ilmu Budaya yaitu Sastra Inggris (A), Sastra Indonesia (A), Ilmu Sejarah (A), serta Televisi dan Film (B). Keempat jurusan di Unej dan daya tampung mereka masing-masing relatif sama, yaitu 47 kursi (hanya Sastra Indonesia berdaya tampung 44 kursi). Dengan daya tampung tersebut, jumlah peminat tertinggi pada SBMPTN tahun lalu berada pada Jurusan Sastra Indonesia (510 pendaftar), sedangkan jumlah peminat terendah ada pada Ilmu Sejarah (228 pendaftar).

7. Teknologi Pertanian

Apa saja jurusan yang ada di Unej pada fakultas ini? Di sini ada Teknologi Industri Pertanian (B), Teknik Pertanian (B), dan Teknologi Industri Pertanian (B).

8. Teknik

Daftar jurusan di Unej pada Fakultas Teknik cukup panjang, yaitu:

Teknik Mesin (A)

Teknik Elektro (B)

Teknik Sipil (A)

Teknik Kimia (C)

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (B)

Teknik Konstruksi Perkapalan (Baik)

Teknik Pertambangan

Teknik Perminyakan

Teknik Lingkungan (Baik)

 

9. Kedokteran

Pendidikan Dokter adalah satu-satunya jurusan S1 di FK Unej. Jika Sobat Pintar mencari jurusan di Unej yang sepi peminat, jangan fakultas ini, deh. Pendidikan Dokter Unej memiliki keketatan masuk yang cukup tinggi, dengan daya tampung 70 kursi untuk 1.835 pendaftar pada SBMPTN 2021.

10. Kedokteran Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi tak beda jauh dengan Fakultas Kedokteran. Satu-satunya jurusan S1 di FKG Unej adalah Pendidikan Dokter Gigi. Keketatannya sedikit saja lebih rendah, dengan daya tampung 71 kursi untuk 974 pendaftar.

11. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Matematika (B), Fisika (A), Kimia (B), dan Biologi (B) adalah empat prodi Unej di FMIPA. Fisika menjadi salah satu jurusan di Unej yang sepi peminat, dengan daya tampung 40 kursi untuk 67 pendaftar. Kita memang tak bisa memastikan peluang lolos SBMPTN-nya akan tetap sama besar di tahun depan. Tapi perlu dilihat lagi nih, Sobat. Jurusan S1 di FMIPA ini merupakan satu-satunya yang telah terakreditasi A dari BAN-PT saat ini.

12. Kesehatan Masyarakat

Fakultas ini merupakan salah satu fakultas di Unej yang hanya memiliki satu jurusan S1. Jurusan di Unej pada fakultas ini ialah Kesehatan Masyarakat (B).

13. Farmasi

Seperti nama fakultasnya, Farmasi (A) adalah satu-satunya jurusan S1 di sini. Sebagai catatan, Farmasi bukanlah jurusan di Unej yang sepi peminat, Sobat. Tahun lalu ada 927 peserta SBMPTN yang memperebutkan 73 kursi Farmasi Unej.

14. Keperawatan

Lagi-lagi, hanya ada satu jurusan S1 di Fakultas Keperawatan Unej. Jurusan Ilmu Keperawatan (A) Unej juga memiliki keketatan masuk yang cukup tinggi, dengan 88 kursi untuk 689 peminat melalui jalur SBMPTN.

15. Ilmu Komputer

Jangan berharap menemukan jurusan di Unej yang sepi peminat di Fakultas Ilmu Komputer. Sistem Informasi (B), Teknologi Informasi (B), dan Informatika (C) adalah jurusan-jurusan favorit di hampir semua kampus, begitu pula di Universitas Jember.

Kalau begitu, apakah mengetahui prodi Unej dan passing grade masing-masing dapat membantumu menemukan prodi dengan peluang lolos seleksi masuk yang lebih besar? Enggak begitu juga, Sobat. Passing grade bisa kita gunakan sebagai salah satu pertimbangan. Tapi kita tak bisa asal pilih jurusan S1 berdasarkan peluang masuknya saja, kan? Ingat, masih ada hasil Tes Penjurusan Kuliah yang jauh lebih penting kita gunakan sebagai pertimbangan memilih jurusan S1 di Unej ataupun di universitas yang lain.

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet