APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Unimal (Universitas Malikussaleh)

Unimal, sebagai salah satu universitas negeri di Aceh, membuka jurusan-jurusan kuliah bagi lulusan SMA/sederajat.

jurusan di universitas malikussaleh, Photo by Ben White on Unsplash

Pilihan jurusan di Universitas Malikussaleh memang tak sebanyak yang ada di Universitas Syiah Kuala. Walau begitu, Universitas Malikussaleh juga menjadi kebanggaan masyarakat Aceh loh, Sobat Pintar. Apalagi, nama universitas sendiri diambil dari Raja Kerajaan Samudera Pasai, Sultan Malikul Saleh. Lokasi kampus negeri ini memang berada di Lhokseumawe, pesisir utara Sumatra, di mana Kerajaan Samudera Pasai dahulu berkuasa selama tiga abad.

 

Sebuah Universitas Negeri di Samudera Pasai


Photo by Erge Mahindra on Unsplash

Berawal dari sebuah Akademi Ilmu Agama, Universitas Malikussaleh Lhokseumawe pernah berstatus sebagai perguruan tinggi swasta sebelum akhirnya menjadi sebuah universitas negeri. Aspirasi masyarakat Aceh, khususnya di wilayah Lhokseumawe, turut menguatkan status universitas di Aceh: negeri.

Alhasil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sekarang memiliki dua universitas negeri di bawah Kemendikbud Ristek, yakni Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Diresmikan sebagai universitas negeri pada tahun 2001, akreditasi Universitas Malikussaleh saat ini adalah B.

 

Daftar Fakultas dan Jurusan Unimal


Photo by Dollar Gill on Unsplash

Sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, universitas bertugas menyelenggarakan pendidikan dalam beberapa rumpun ilmu sekaligus. Oleh karena itu, Universitas Malikussaleh menaungi fakultas-fakultas pada rumpun ilmu yang berbeda. Di bawah ini daftar fakultas dan jurusan Unimal.

Teknik

Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh berawal dari sebuah sekolah tinggi teknik. Seiring waktu fakultas ini terus berkembang hingga kini menaungi lima jurusan Unikal dan empat prodi Unikal.

1. Teknik Sipil (Baik Sekali)

2. Teknik Industri (B)

3. Teknik Kimia (Baik Sekali)

4. Teknik Mesin (B)

5. Teknik Elektro (Baik Sekali)

6. Teknik Arsitektur (Baik Sekali)

7. Teknik Informatika (B)

8. Sistem Informasi (Baik Sekali)

9. Teknik Material

Pertanian

Pertanian adalah fakultas di Unimal yang berdiri segera setelah Fakultas Teknik. Setelah melalui jerih payahnya, Fakultas Pertanian saat ini sudah dilengkapi dengan laboratorium terpadu, kebun percobaan, bahkan kebun buah tropika. Fasilitas tersebut ditujukan bagi empat program studi Unimal di Fakultas Pertanian berikut.

1. Agroekoteknologi (Baik Sekali)

2. Agribisnis (Baik Sekali)

3. Budidaya Perairan

4. Kelautan (Baik)

Ekonomi dan Bisnis

Fakultas ini sudah menyelenggarakan perkuliahan sejak 1986. FEB turut berevolusi dan berkembang seiring dengan perubahan dan perkembangan Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Kini, ada enam program studi atau jurusan di Unimal yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

1. D3 Kesekretariatan (Baik Sekali)

2. Manajemen (A)

3. Akuntansi (Baik Sekali)

4. Ekonomi Pembangunan (B)

5. Ekonomi Syariah (B)

6. Kewirausahaan

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Berdirinya fakultas ini pada 2003 berarti perubahan nama Fakultas Ilmu Administrasi menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Berawal dengan lima jurusan di Unimal Lhokseumawe, sekarang FISIP sudah mendapatkan tambahan program studi.

1. Administrasi Publik (B)

2. Ilmu Komunikasi (Baik Sekali)

3. Ilmu Politik (B)

4. Sosiologi (B)

5. Antropologi (B)

6. Administrasi Bisnis (C)

7. Ilmu Hubungan Internasional

Hukum

Bagi calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat, Fakultas Hukum menawarkan satu program studi atau jurusan yang ada di Universitas Malikussaleh, yakni Ilmu Hukum. Akreditasi jurusan di Unimal ini sekarang adalah Baik Sekali.

Kedokteran

Pada umumnya Fakultas Kedokteran membuka satu jurusan saja pada Program Sarjana, namun tidak demikian dengan FK Unimal. Disamping Program Pendidikan Profesi untuk dokter, FK Unimal menaungi dua program studi atau jurusan di Universitas Malikussaleh.

1. Pendidikan Dokter (B)

2. Psikologi (B)

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

FKIP merupakan salah satu fakultas baru di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Angkatan pertama mahasiswa kependidikan Unimal adalah pada tahun 2015. Saat ini FKIP menaungi lima program pendidikan Universitas Malikussaleh.

1. Pendidikan Matematika (B)

2. Pendidikan Kimia (B)

3. Pendidikan Fisika (B)

4. Pendidikan Teknik Mesin (B)

5. Sastra Indonesia (B)

 

Menjadi Mahasiswa Universitas Malikussaleh

universitas malikussaleh lhokseumawe
Photo by Ben White on Unsplash

Apakah Universitas Malikussaleh Lhokseumawe adalah salah satu kampus incaranmu, Sobat Pintar? Pastikan dahulu pilihan jurusanmu sudah tepat, ya. Kamu bisa menggunakan Tes Penjurusan bila perlu. Kemudian, siapkan diri mengikuti seleksi untuk masuk ke jurusan di Universitas Malikussaleh. Kamu bisa mengikuti SNMPTN, SBMPTN, atau SMMPTN.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog