APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di UNPAD (Universitas Padjajaran) dan Akreditasinya

Ketahui jurusan-jurusan yang ada di universitas incaran.

jurusan di unpad, photo by cottonbro on Pexels

Ada berapa dan apa saja jurusan di Unpad (Universitas Padjadjaran)? Jangan bilang pengin kuliah di salah satu prodi Unpad kalau Sobat Pintar tak tahu jawaban pertanyaan ini. Eits, bercanda aja, kok.

Justru sebaliknya, lumrah banget kalau Sobat tak tahu persis jumlah dan perincian jurusan yang ada di Unpad. Universitas negeri di Bandung ini berdiri pada tahun 1957. Di usianya saat ini, Unpad tentu sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, akreditasi Unpad saat ini adalah A.

Nah, makin bersemangat masuk Unpad, Sobat? Kalau begitu, kita "jalan-jalan" ke berbagai fakultas di Unpad di bawah ini, yuk!

jurusan di unpad dan akreditasinya
Photo by Startup Stock Photos on Pexels

Fakultas Hukum

Untuk jenjang S1, hanya ada satu program studi Unpad di Fakultas Hukum, yaitu Ilmu Hukum. Saat ini, Ilmu Hukum Unpad terakreditasi A oleh BAN-PT.

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Buat Sobat Pintar yang bakal lulus sekolah, fakultas di Unpad ini menaungi Program Diploma dan Sarjana. Untuk jenjang D4, seluruh jurusan di Unpad dan akreditasinya yaitu:

Prodi Unpad

Akreditasi

Akuntansi Perpajakan

B

Akuntansi Sektor Publik

 

Bisnis Internasional

Baik

Pemasaran Digital

Baik

Sedangkan pada jenjang S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis menaungi lima jurusan di Unpad Bandung:

Prodi Unpad

Akreditasi

Akuntansi

A

Ekonomi Pembangunan

A

Manajemen

A

Ekonomi Islam

B

Bisnis Digital

Baik

 

Fakultas Kedokteran

Selain dua jurusan pada Program Sarjana, ada satu lagi Program Diploma di Fakultas Kedokteran. Kebidanan adalah satu-satunya jurusan Universitas Padjadjaran pada jenjang D4 dengan akreditasi A yang ada di fakultas ini. Sementara itu, di Universitas Padjadjaran Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Hewan memiliki, berturut-turut, akreditasi A dan B. Kedua jurusan tersebut berada pada jenjang S1.

 

Fakultas Matematika dan IPA

Ada banyak pilihan jurusan buat Sobat Pintar yang ingin kuliah dan menjadi Sarjana di Fakultas Matematika dan IPA Unpad. Akan tetapi, harus bersiap untuk bersaing ketat ya, Sobat. Sulit untuk menemukan jurusan sepi peminat di Unpad, apalagi di fakultas ini. Selengkapnya, program studi Unpad di Fakultas Matematika dan IPA yaitu:

Prodi Unpad

Akreditasi

Matematika

A

Kimia

A

Fisika

A

Biologi

A

Statistika

A

Geofisika

B

Teknik Informatika

A

Teknik Elektro

B

Aktuaria

Baik

 

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian juga menaungi Program Diploma dan Sarjana. Ada satu jurusan D4 di fakultas ini, yaitu Agroteknopreneur yang telah terakreditasi Baik. Sementara untuk jenjang S1, program studi Unpad di Fakultas Pertanian ada dua, yaitu Agroteknologi dan Agribisnis. Keduanya saat ini sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

 

Fakultas Kedokteran Gigi

Untuk jenjang Sarjana, Fakultas Kedokteran Gigi Unpad membuka satu jurusan saja, yaitu Kedokteran Gigi. Di Unpad jurusan ini sekarang memiliki akreditasi A.

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas di Unpad ini memiliki jurusan yang terbilang banyak. Selain jenjang S1, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga menaungi jurusan-jurusan pada Program Diploma. Selengkapnya, jurusan yang ada di Unpad untuk D4 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ialah:

Prodi Unpad

Akreditasi

Administrasi Pemerintahan

B

Administrasi Keuangan Publik

B

Bisnis Logistik

Baik

Kearsipan Digital

Baik

Sedangkan pada jenjang Sarjana Unpad jurusan yang terdapat di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yaitu:

Prodi Unpad

Akreditasi

Administrasi Publik

A

Hubungan Internasional

A

Kesejahteraan Sosial

A

Ilmu Pemerintahan

A

Antropologi

A

Administrasi Bisnis

Baik

Sosiologi

A

Ilmu Politik

A

 

Fakultas Ilmu Budaya

Hanya satu jurusan D4 di Fakultas Ilmu Budaya Unpad, yaitu Bahasa dan Budaya Tiongkok. Di Universitas Padjadjaran jurusan ini sekarang memiliki akreditasi C. Sedangkan untuk jenjang S1, Fakultas Ilmu Budaya menaungi beberapa jurusan di Unpad yaitu:

Prodi Unpad

Akreditasi

Sastra Indonesia

A

Sastra Sunda

A

Ilmu Sejarah

A

Sastra Inggris

A

Sastra Perancis

A

Sastra Jepang

A

Sastra Rusia

A

Sastra Jerman

A

Sastra Arab

A

 

Fakultas Psikologi

Setelah lulus sekolah, Sobat Pintar bisa kuliah di satu-satunya jurusan di Fakultas Psikologi ini. Psikologi adalah sebuah jurusan di Unpad Bandung yang memiliki keketatan masuk cukup tinggi. Tak heran Sobat, apalagi S1 Psikologi Unpad saat ini memiliki akreditasi A.

 

Fakultas Peternakan

Demikian halnya, hanya ada satu jurusan S1 di Fakultas Peternakan. Fakultas di Unpad ini menaungi Jurusan Peternakan pada jenjang Sarjana. Sebagai bagian dari Universitas Padjadjaran jurusan ini telah terakreditasi A.

 

Fakultas Ilmu Komunikasi

Alih-alih sebuah jurusan, Ilmu Komunikasi di Unpad adalah sebuah fakultas. Ragam jurusannya pun cukup banyak, bahkan terdapat satu jurusan pada Program Diploma yaitu Manajemen Produksi Media. Jurusan di Unpad ini sekarang memiliki akreditasi B. Sedangkan pada jenjang S1, Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki banyak jurusan. Selengkapnya, berikut ini jurusan di Unpad dan akreditasinya.

Prodi Unpad

Akreditasi

Ilmu Komunikasi

A

Perpustakaan dan Sains Informasi

A

Hubungan Masyarakat

A

Jurnalistik

A

Manajemen Komunikasi

A

Televisi dan Film

B

 

Fakultas Keperawatan

Hanya ada satu jurusan di Unpad pada Fakultas Keperawatan buat Sobat Pintar yang telah lulus sekolah. Tak sulit untuk ditebak bukan, Sobat? Jurusan Keperawatan Unpad saat ini mengantongi akreditasi A.

 

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Meskipun tak banyak memiliki jurusan, fakultas di Unpad ini menaungi Program Diploma dan Sarjana. Program studi Unpad pada jenjang D4 di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan adalah Pariwisata Bahari. Jurusan di Unpad ini sekarang sudah terakreditasi Baik oleh BAN-PT.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad juga menaungi S1 Perikanan serta S1 Ilmu Kelautan. Kedua jurusan di Unpad dan akreditasinya saat ini ialah A.

 

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

Ada jurusan-jurusan di bidang pertanian di Universitas Padjadjaran, Sobat. Seluruh jurusan tersebut berada di Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Selengkapnya, di fakultas ini, jurusan di Unpad dan akreditasinya ialah:

Prodi Unpad

Akreditasi

Teknik Pertanian

A

Teknologi Pangan

A

Teknologi Industri Pertanian

B

 

Fakultas Farmasi

Fakultas di Unpad ini juga memiliki satu jurusan saja pada Program Sarjana. Sobat Pintar bisa tebak status akreditasi S1 Farmasi Unpad saat ini? Iya, jurusan di Unpad Bandung ini telah terakreditasi A.

 

Fakultas Teknik Geologi

S1 Teknik Geologi adalah satu-satunya jurusan jenjang Sarjana di Fakultas Teknik Geologi. Program studi Unpad ini sekarang berstatus akreditasi A.

jurusan yang ada di unpad
Photo by Leah Kelley on Pexels

Jika ingin kuliah di Universitas Padjadjaran jurusan di atas tentu ada yang terasa familier buatmu. Setidaknya, satu atau dua jurusan yang ada di Unpad tentu pernah Sobat kepoin, kan? Mencari tahu dan mengenal jurusan incaran itu wajib banget loh, Sobat. Namun mencari tahu dan mengenal bakat, minat, dan kemampuan diri sendiri itu juga nggak kalah penting. Untungnya sekarang sudah ada Tes Penjurusan Kuliah yang bisa membantumu mengenali bakat minat dan kemampuan diri dengan lebih mudah. Enggak pakai biaya pua! Cobain, yuk!

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog