APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Unram (Universitas Mataram)

Disamping Program Sarjana, Unram membuka Program-Program Vokasi yang perkuliahannya sebagian diselenggarakan di luar Kota Mataram.

jurusan universitas mataram, Photo by nizar kauzar on Unsplash

Pilihan jurusan di Universitas Mataram ada banyak banget loh, Sobat Pintar. Tak hanya S1, universitas negeri di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga membuka program-program vokasi pada jenjang D3. Sejak berdiri pada tahun 1963, Universitas Mataram telah berkembang pesat, menaungi banyak fakultas dan jurusan.

Pada masa awalnya, Universitas Mataram berdiri dengan satu saja fakultas, yakni Ekonomi. Tak butuh waktu lama, Unram segera saja membuka fakultas-fakultas yang lain, yaitu Pertanian, Peternakan, dan Hukum. Artinya, bertambah pula jurusan Unram yang dibuka pada fakultas-fakultas tersebut.

 

Fakultas di Universitas Mataram


Photo by Christin Hume on Unsplash

Saat ini ada sembilan fakultas di Unram. Walaupun status akreditasi Universitas Mataram saat ini adalah B, akreditasi jurusannya beragam. Berikut selengkapnya, akreditasi di tiap jurusan Universitas Mataram.

Fakultas di Unram: Ekonomi dan Bisnis

Buat calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat seperti Sobat Pintar, FEB Unram membuka tiga Program D3 dan tiga Program S1. Berikut pilihan jurusan di Unram pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Program D3

Perpajakan (B)

Akuntansi (B)

Pariwisata (C)

Program S1

Manajemen (B)

Ilmu Ekonomi dan Pembangunan (B)

Akuntansi (B)

Fakultas di Unram: Hukum

Jurusan yang ada di Unram pada Fakultas Hukum hanya satu, yaitu Ilmu Hukum. Program studi Universitas Mataram ini mengantongi akreditasi A BAN-PT.

Fakultas di Unram: Pertanian

Pada Program Sarjana, pilihan jurusan di UNRAM Universitas Mataram pada Fakultas Pertanian terbilang cukup beragam. Ada enam prodi Unram di fakultas ini, Sobat Pintar.

Ilmu Tanah (B)

Agroekoteknologi (B)

Agribisnis (A)

Kehutanan (B)

Budidaya Perairan (B)

Ilmu Kelautan

Fakultas di Unram: Peternakan

Fakultas Peternakan menaungi satu Program D3 dan dua Program S1. Program D3-nya menjadi bagian dari Sekolah Vokasi Bima, sedangkan pilihan jurusan Universitas Mataram pada Program Sarjana adalah sebagai berikut.

Agribisnis Peternakan

Peternakan (A)

Fakultas di Unram: Teknik

Jika kamu ingin mengeksplorasi pilihan jurusan Saintek di Unram, Fakultas Teknik bisa menjadi salah satu alternatifmu, Sobat Pintar. Tapi jangan lupa, kamu perlu mempertimbangkan hasil Tes Penjurusan Kuliah biar enggak asal pilih prodi Unram di fakultas ini. Nah, berikut pilihan jurusan kuliahmu di Fakultas Teknik Unram.

Teknik Mesin (B)

Teknik Elektro (B)

Teknik Sipil (B)

Teknik Informatika (B)

Teknik Arsitektur (Baik)

Fakultas di Unram: Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas ini terdiri dari jurusan Saintek dan jurusan Soshum di Unram. Sesuai dengan nama fakultasnya, FKIP menaungi program studi Universitas Mataram yang mencetak para calon guru atau pendidik di bidang ilmunya masing-masing. Ada 10 jurusan di Universitas Mataram yang akan meluluskan para Sarjana Pendidikan dari FKIP.

Pendidikan Biologi (B)

Pendidikan Kimia (B)

Pendidikan Fisika (B)

Pendidikan Matematika (B)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (B)

Pendidikan Bahasa Inggris (B)

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (B)

Pendidikan Sosiologi (B)

Pendidikan Guru SD (B)

Pendidikan Guru PAUD (B)

Fakultas di Unram: Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menaungi dua program studi. Kedua jurusan di Unram tersebut adalah sebagai berikut.

Kedokteran (A)

Farmasi (B)

Fakultas di Unram: Teknologi Pangan dan Agroindustri

Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri juga menaungi dua jurusan yang ada di Unram. Ini dia, dua jurusan di UNRAM Universitas Mataram yang dimaksud.

Teknik Pertanian (B)

Ilmu dan Teknologi Pangan (B)

Fakultas di Unram: Matematika dan Ilmu Pengetahuan

Tentu saja, fakultas ini hanya terdiri dari jurusan Saintek di Unram. Ada lima program studi Universitas Mataram di FMIPA.

Matematika (Baik Sekali)

Fisika (B)

Kimia (B)

Biologi (A)

Ilmu Lingkungan (Baik)

 

Program Studi di Universitas Mataram


Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Saat ini ada tiga program studi Universitas Mataram yang tidak termasuk ke dalam salah satu fakultas di atas. Ketiga prodi Unram tersebut adalah sebagai berikut.

Ilmu Komunikasi (B)

Hubungan Internasional (C)

Sosiologi (B)

 

Sekolah Vokasi Unram


Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Pada 2001, Pemda Kabupaten Lombok Utara Saat ini Sekolah Vokasi Kabupaten Lombok Utara menaungi dua jurusan di Unram. Jurusan yang ada di Unram tersebut adalah sebagai berikut.

Pariwisata (C)

Budidaya Perikanan (C)

 

Sekolah Vokasi Bima

jurusan di unram
Photo by Yoshua Giri on Unsplash

Sekolah Vokasi Bima merupakan program vokasi Unmar. Jurusan Universitas Mataram di sekolah vokasi ini disebut Program Studi di luar Domisili. Diproyeksikan ke depannya Sekolah Vokasi Bima Unram akan berkembang menjadi Politeknik Negeri Bima. Ada tiga prodi Unram di Sekolah Vokasi Bima yang saat ini menerima mahasiswa baru.

Kesehatan Hewan (C)

Produksi Ternak

Budidaya Perairan

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog