APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di USU (Universitas Sumatera Utara) dengan Akreditasi

Ketahui apa saja pilihan jurusan kuliah, khususnya pada Program Sarjana, di Universitas Sumatera Utara.

jurusan di usu, photo by Abby Chung on Pexels

Apakah ada salah satu jurusan di USU (Universitas Sumatera Utara) yang menjadi incaranmu, Sobat Pintar? Universitas negeri di Sumatra Utara ini sedang meniti langkahnya untuk menjadi bagian dari 500 universitas paling baik di dunia pada 2024. Pas banget bila targetmu saat ini adalah mengejar pendidikan Sarjana, terutama di USU. Untuk itu, ayo ketahui dulu apa saja jurusan yang ada di USU dan akreditasinya masing-masing.

jurusan soshum di usu

Photo by SHVETS production on Pexels

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran USU menaungi satu saja jurusan S1, yaitu Pendidikan Dokter. Jurusan Saintek di USU ini telah meraih akreditasi Unggul BAN-PT.

 

Fakultas Hukum

Sama-sama menaungi satu saja jurusan pada Program Sarjana, Fakultas Hukum USU memiliki jurusan di ranah yang berbeda dari Fakultas Kedokteran. Ilmu Hukum adalah sebuah jurusan Soshum di USU, yang saat ini juga telah terakreditasi A.

 

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian USU terdiri dari beberapa jurusan yang meluluskan alumni handal di bidang pertanian. Apa saja jurusan Universitas Sumatera Utara di fakultas ini? Berikut selengkapnya daftar jurusan di USU, Fakultas Pertanian.

Program Studi USU

Akreditasi

Agroekoteknologi

B

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

B

Agribisnis

B

Keteknikan Pertanian

B

Ilmu dan Teknologi Pangan

A

Manajemen Sumber Daya Perairan

B

Agroteknologi

B

Peternakan

A

 

Fakultas Teknik

Di Fakultas Teknik lah berkumpulnya berbagai jurusan Saintek di USU. Apa saja jurusan-jurusan di USU tersebut? Inilah selengkapnya, Sobat.

Program Studi USU

Akreditasi

Teknik Mesin

Unggul

Teknik Kimia

Unggul

Teknik Industri

Unggul

Arsitektur

Unggul

Teknik Sipil

Baik Sekali

Teknik Elektro

A

Teknik Lingkungan

Baik Sekali

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jika Fakultas Teknik adalah gudangnya jurusan Saintek di USU, Fakultas Ekonomi dan Bisnis jelas menjadi rumahnya mahasiswa-mahasiswa pada berbagai jurusan Soshum di USU. Tak mudah menemukan jurusan di USU yang sedikit peminatnya pada kedua fakultas ini. Selengkapnya, berikut prodi USU di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Program Studi USU

Akreditasi

Akuntansi

A

Ekonomi Pembangunan

A

Manajemen

A

Fakultas di USU ini tak hanya menaungi S1 Akuntansi, tapi juga D3 Akuntansi. Prodi USU yang satu ini juga telah terakreditasi A.

 

Fakultas Kedokteran Gigi

Untuk menjadi seorang Sarjana Kedokteran Gigi, inilah jurusan di USU yang wajib dipilih, Sobat. Akreditasi prodi USU ini pun A.

 

Fakultas Ilmu Budaya

Satu lagi fakultas di USU yang terdiri dari begitu banyak pilihan jurusan. Fakultas Ilmu Budaya menaungi beberapa jurusan Universitas Sumatera Utara seperti:

Program Studi USU

Akreditasi

Sastra Inggris

A

Sastra Indonesia

B

Sastra Batak

B

Sastra Melayu

B

Ilmu Sejarah

B

Etnomusikologi

A

Bahasa Mandarin

B

Sastra Jepang

Baik Sekali

Sastra Arab

A

Perpustakaan dan Sains Informasi

A

Jurusan Perpustakaan juga tersedia pada Program D3 di USU. Prodi USU ini sekarang sudah terakreditasi A.

 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Tentu, fakultas di USU ini memiliki jurusan-jurusan pada ranah Saintek saja. Ada empat jurusan Saintek di USU pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu:

Program Studi USU

Akreditasi

Matematika

B

Kimia

Unggul

Biologi

A

Fisika

B

Kimia dan Fisika juga tersedia pada Program D3. Jurusan-jurusan di USU ini sama-sama memiliki akreditasi B.

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Terkenal dengan berbagai pilihan jurusan Soshum di USU, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebenarnya memiliki jurusan-jurusan incaran untuk lintas jurusan. Itulah sebabnya sulit menemukan jurusan di USU yang sedikit peminatnya pada fakultas ini. Apa saja sih, daftar jurusan di USU, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik?

Program Studi USU

Akreditasi

Ilmu Komunikasi

A

Ilmu Administrasi Publik

A

Sosiologi

A

Ilmu Administrasi Bisnis

A

Ilmu Politik

A

Ilmu Kesejahteraan Sosial

A

Antropologi Sosial

A

 

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Hanya ada satu prodi USU pada Program Sarjana di Fakultas Kesehatan Masyarakat, yaitu Kesehatan Masyarakat. Prodi USU ini sekarang telah terakreditasi A.

 

Fakultas Keperawatan

Fakultas di USU ini menaungi Jurusan Keperawatan. Akan tetapi, ada dua pilihan program di USU, yaitu Sarjana dan D3. S1 Keperawatan USU memiliki akreditasi A, sementara D3 Keperawatan USU terakreditasi B.

 

Fakultas Kehutanan

Inilah sebuah fakultas di USU yang menawarkan beberapa jurusan menarik, Sobat. Daftar jurusan di USU selengkapnya pada Fakultas Kehutanan yaitu:

Program Studi USU

Akreditasi

Teknologi Hasil Hutan

C

Budidaya Hutan

C

Manajemen Hutan

B

Kehutanan

B

 

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi juga menaungi satu saja jurusan S1. Prodi USU pada fakultas ini adalah Psikologi, yang sekarang memiliki akreditasi B.

 

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Fakultas di USU ini terbilang unik karena tak semua universitas memilikinya. Apa saja jurusan yang ada di USU pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi? Ada dua prodi USU pada fakultas ini, yaitu Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Keduanya saat ini telah terakreditasi A.

 

Fakultas Farmasi

Farmasi adalah satu-satunya prodi USU pada Program Sarjana di fakultas ini. Akreditasi jurusan untuk Farmasi saat ini adalah A.

jurusan saintek di usu
Photo by SHVETS production on Pexels

Nah, setelah mengetahui seluruh jurusan yang ada di USU dan akreditasinya dari BAN-PT, apakah pilihan jurusan kuliahmu setelah lulus sekolah nanti masih tetap sama atau justru berubah, Sobat? Asal Sobat Pintar tau nih, ya. Seleksi Mandiri USU pada 2021 membuka kuota hampir 10 ribu kursi. Bakal gimana peluangmu kira-kira kalau ikutan seleksi masuk USU tahun depan?

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog