redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Event Management, Lengkap: mulai Kuliah sampai Prospek Kerja

Ketahui semua tentang kuliah dan prospek Event Management bersama praktisi di bidangnya.

jurusan event management, Photo by Salah Alawadhi on Pexels

Manajemen Event adalah sebuah jurusan kuliah di perguruan tinggi. Terkadang jurusan ini disebut juga Event Management, Manajemen Konvensi dan Event, ataupun Manajemen Konvensi dan Perhelatan. Perkembangan bisnis Event Organizer di Indonesia yang terus bertumbuh membuat minat kuliah pada Jurusan Event Manajemen juga meningkat. Mau tau tentang jurusan kuliah ini, Sobat Pintar? Yuk, kita kepo bareng-bareng.

 

Event Management, Apa Itu?

mata kuliah mice
Photo by fu zhichao on Pexels

Event management adalah ilmu tentang cara menyiapkan berbagai macam acara agar tujuan acara tersebut tercapai dan audiens serta klien merasa puas. Sobat Pintar pernah menonton konser musik atau menghadiri resepsi pernikahan? Bukankah banyak audiens atau tamu undangan dan orang yang terlibat dalam acara tersebut? Nah, kuliah di Jurusan Event Management memberi kita kesempatan untuk belajar tentang bagaimana menyiapkan, mengatur, dan menyelenggarakan acara-acara besar seperti itu.

Belajar event organizer berarti kita harus siap terlibat sejak dari tahap persiapan, baik merencanakan, mengonsep, merancang, sampai mempromosikan. Selanjutnya, kita juga terlibat sepanjang acara, mengatur, mengawasi, dan memuaskan audiens. Acara yang dikelola pun beragam, tak hanya konser musik atau resepsi pernikahan seperti contoh di atas. Pameran seni, konferensi, festival mancanegara, maupun kejuaraan olahraga nasional juga merupakan beberapa contoh acara yang membutuhkan peran event organizer.

 

Kuliah di Jurusan Event Management, Seperti Apa?

Jurusan S1 Event
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Kemampuan dan kecakapan untuk menjadi seorang event organizer itu dipelajari di Jurusan Event Management, Sobat. Di perguruan tinggi, jurusan ini ditawarkan pada jenjang D4 dan S1. Untuk Program Sarjana Terapan, misalnya, Jurusan Event Management dibuka di Politeknik Internasional Bali. Sementara untuk Jurusan S1 Event, Universitas Prasetiya Mulya bisa menjadi salah satu referensi universitas Jurusan Event Management di Indonesia

Secara umum, manajemen event yang dipelajari di perguruan tinggi terbagi menjadi dua industri, yaitu MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) dan special event yang mencakup event budaya, pernikahan, olahraga, ulang tahun, dan lain-lain. Namun tentunya, ruang lingkup pembelajaran manajemen event berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya.

Mata kuliah MICE, misalnya, dicantumkan di kurikulum Jurusan S1 Event Universitas Prasetiya Mulya pada semester ke-5. Beberapa mata kuliah yang mungkin akan kalian temui saat kuliah di Jurusan Event Management antara lain:

Business Mathematics

Principle of Event Management

Personal Development

Creative & Design Thinking

Event Production

Event Sponsorship & Fund Raising

Audience Analysis

Cross-Cultural Communication

Statistics

Hospitality & Tourism Marketing

People & Culture Management

Civilization of Pluralism

Simulation Business Event

Taxation

Tourism Ethics

MICE Management

Tourism & Hospitality Law

Tourism Economics

Experience Design in Tourism

Memilih kampus dengan fasilitas praktikum yang lengkap juga penting, Sobat. Keberadaan laboratorium MICE, misalnya, akan kamu butuhkan kelak saat menjadi mahasiswa dan belajar event organizer. Kampus yang memiliki sister company di industri event juga dapat membantu mahasiswa melatih keterampilan dalam mengelola event, terutama ketika masa internship tiba.

 

Kerja Event Organizer, Apa Saja?

manajemen event
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Event organizer adalah sosok dibalik kesuksesan suatu acara. Seperti telah dijelaskan di atas, event organizer lah yang bertanggung jawab untuk mengonsep, menentukan setting tempat, merancang dekorasi, dan berbagai hal lain sehingga acara tersebut memuaskan klien dan audiens atau tamu undangan. Meskipun dulu dianggap angin lalu lantaran peran event organizer yang cenderung berada di balik layar, perkembangan bisnis event organizer di Indonesia akhir-akhir ini justru mengukuhkan pentingnya dan menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat akan peran event organizer.

Jika peran event organizer ini dipilah-pilah lagi, kita akan mendapati beberapa profesi seperti Manajer Pemasaran, Konsultan Pemasaran Digital, Perencana Meeting Convention dan Acara, Perancang Pameran, Project Manager, ataupun Manajer Event. Tak sedikit alumni Jurusan Event Management yang kemudian bekerja sebagai Event Planner, Event Conceptor, Event Consultant, Government MICE Organizer, dan lain-lain.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai prospek manajemen event dan seperti apa kuliah di Jurusan Event Management di Indonesia, jangan lewatkan live Instagram @akupintar.id pada hari Kamis, 18 November 2021, pukul 20.00 WIB – 20.50 WIB.

©Aku Pintar

Bakal kupas tuntas semua tentang Event Management, Kepoin Profesi dan Jurusan kali ini menghadirkan Ibu Dwi Novita Cahyaningtyas Permatasari, S.I.P., M.A., M.B.A., CEE., CEM., CEP., Head of Convention and Event Management Study Program, Politeknik Internasional Bali serta Bapak Putu Gede Wiwin Gunawasika, S.E., M.M., Event Management Practitioner, Managing Director PT. Wisurya Istagrahagana Nusantara. Catat jadwalnya biar enggak sampai terlewat ya, Sobat Pintar!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet