redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Event Management – Memilih Kampus dan Prospek Kerja

Jurusan Event Management, Photo by MontyLov on Unsplash

Event Management merupakan jurusan unik yang masih tergolong langka dan jarang diketahui. Padahal, prospek kerjanya sangat tinggi seiring dengan pesatnya pertumbuhan event company di Indonesia. Program studi ini sangat cocok bagi Sobat Pintar yang menginginkan lingkungan kerja yang dinamis dan penuh tantangan. Kuliah di Jurusan Event Management membuka kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari masyarakat umum, perkumpulan para profesional, figur pemerintahan, bahkan artis lokal dan mancanegara.

Beberapa contoh pilihan karir bagi lulusan Event Management antara lain Event Director, Head of Corporate Event & Exhibition, Head of Implementation Team, Project Executive, Venue Executive, Sales Business Development Executive, Concert, Festival, Exhibition, dan Wedding Organizer. Selain itu, lulusan Event Management juga bisa menjadi wirausahawan atau entrepreneur dan membangun event company sendiri.

event management
Photo by Pablo Heimplatz on Unsplash

Meskipun prospek kerjanya sangat tinggi, belum banyak kampus di Indonesia yang menyediakan Jurusan Event Management. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat seiring dengan pertumbuhan industri event di Indonesia, diperlukan adanya tenaga kerja profesional yang unggul secara kualitas dan mempunyai daya saing. Bagi Sobat Pintar yang sedang mencari informasi terkait kampus Event Management terbaik di Indonesia, berikut beberapa hal yang bisa dipertimbangkan.

 

1. Lokasi kampus yang strategis

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih kampus untuk Jurusan Event Management adalah lokasi yang strategis. Carilah kampus yang berlokasi di daerah yang menjadi pilihan utama penyelenggaraan event berskala besar secara nasional maupun internasional. Dengan demikian, semakin besar kesempatan untuk menjadi bagian dari perhelatan event tersebut sekaligus membuka jalan dalam membangun relasi dengan kalangan profesional yang terlibat di dalamnya. Dalam hal ini, kampus Event Management Bali bisa dijadikan pertimbangan. Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sudah menjadi langganan penyelenggaraan event berskala besar di level nasional maupun internasional.

 

2. Mata kuliah yang relevan dengan kebutuhan industri

Setelah menentukan lokasi kampus yang tepat, hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah relevansi mata kuliah yang diajarkan dengan kebutuhan industri. Carilah kampus yang menyediakan tenaga pengajar yang memiliki latar belakang sebagai pelaku industri event. Mengapa demikian? Agar sebagai mahasiswa, Sobat Pintar bisa mendapatkan gambaran nyata terkait seperti apa kualitas lulusan Jurusan Event Management yang diharapkan oleh industri. Dosen yang memiliki pengalaman sebagai pelaku industri event akan lebih bisa memberikan gambaran nyata terkait relevansi mata kuliah yang diajarkan dengan kebutuhan industri event di lapangan.

 

3. Fasilitas penunjang perkuliahan

Kampus yang menyediakan Jurusan Event Management idealnya harus mempunyai fasilitas penunjang perkuliahan yang memadai dan sesuai dengan standar industri profesional. Mulai dari laboratorium event venue untuk kegiatan praktikum pembuatan onsite event, laboratorium virtual and hybrid event, serta perlatan pendukung lainnya yang umum digunakan. Dalam menentukan sekolah event, pastikan kampus yang dipilih memiliki fasilitas lengkap untuk memaksimalkan pengalamanmu selama proses pembelajaran.

 

4. Kerjasama kampus dengan industri event

Dalam memilih kampus Event Management terbaik, hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah daftar kerjasama dengan industri terkait. Pilihlah kampus yang sudah menjalin kerjasama dengan event company ternama untuk menjamin penyaluran tenaga kerja ke industri. Saat kampus sudah menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan industri, hal ini tentunya akan semakin membuka lebar kesempatan bagi para lulusan untuk diserap oleh industri sekaligus menjadi jembatan penghubung dengan pelaku industri event secara umum.

 

5. Rekomendasi sekolah Event Management

manajemen event
Photo by Teemu Paananen on Unsplash

Mengacu pada empat poin di atas, berikut rekomendasi kampus Event Management:

Politeknik Internasional Bali (PIB)

Merupakan kampus pariwisata terbaik di Bali yang menyediakan Jurusan Event Management dengan masa tempuh studi 4 tahun dan bergelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par). Berlokasi strategis di lahan seluas 15 Hektar dan hanya berjarak 15 menit dari daerah Canggu. Politeknik Internasional Bali (PIB) mempunyai jajaran tenaga pengajar terbaik yang berasal dari penggiat dan pelaku industri event, antara lain Bapak Tommy Adhi Sudjana (CEO Phenom Event Indonesia), Ibu Ryna Sukma Dewi (Event Director AVB Media Asia), dan masih banyak lagi. Selain itu, kegiatan pembelajaran juga didukung dengan penggunaan teknologi terbaru melalui ketersediaan Laboratorium MICE (Meeting Lab) & Union Studio (Virtual Event Lab) untuk memaksimalkan pengamalan belajar mahasiswa. PIB juga memiliki sister company yang bergerak di bidang event, antara lain Taman Bhagawan, Puri Bhagawan, dan Jimbaran Hijau yang juga difungsikan sebagai Laboratorium Event bagi mahasiswa.

kerja event
Photo by BRUNO EMMANUELLE on Unsplash

Politeknik Pariwisata Bali (Poltekpar Bali)

Merupakan kampus yang berlokasi di daerah Nusa Dua dan menyediakan Jurusan Manajemen Konvensi dan Perhelatan (MKH). Tujuan dari pendirian Jurusan MKH adalah untuk menghasilkan manajer puncak yang profesional pada bisnis MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Lama program adalah 4 tahun (8 semester). Visi dari Jurusan MKH adalah menjadi pusat unggulan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang Konvensi (MICE) dan Perhelatan (Event) yang berbasis kompetensi dan teknologi informasi.

 

 

 

 

 

Penulis: Ni Nyoman Komet Kartika Pertiwi

Penyunting: Deni Purbowati

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet