APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Favorit Pilihan Mahasiswa Baru 2021-2022

Cermat memilih jurusan turut menentukan peluangmu lolos seleksi masuk kuliah yang akan datang.

jurusan kuliah, photo by Karolina Grabowska on Pexels

Yang namanya jurusan favorit itu bagai makan buah simalakama. Bagaimana tidak, Sobat. Mau diambil, saingannya banyak. Enggak diambil, jujur deh, dia itu menggoda banget! Siapa sih anak IPA yang sama sekali nggak ngelirik Teknik Informatika, misalnya? Dan jangan ngaku anak IPS yang gaul deh, kalau nggak kenal sama sekali dengan Bisnis Digital.

Then again, persaingan masuk jurusan favorit itu ketat banget. Peluangnya tipis, setipis rambutmu yang rontok gegara sekolah dari rumah (eh...). Kalau begitu, harus bagaimana, nih? Pilih jurusan kuliah dengan peluang lolos seleksi masuk terbesar atau pilih jurusan kuliah yang paling banyak diminati dan mempertaruhkan keberuntunganmu di situ?

 

Jurusan Favorit yang Banyak Peminat

jurusan favorit

Photo by SHVETS production on Pexels

Bukan tanpa alasan bila ada jurusan-jurusan kuliah yang lebih difavoritkan oleh mayoritas pelajar ketimbang jurusan-jurusan kuliah yang lain. Apa saja alasan itu? Macam-macam, Sobat – sebanyak alasan yang muncul di kepala ketika kita mager.

Dari survei yang dilakukan Aku Pintar bersama Katadata Insight Center beberapa waktu lalu, ternyata banyak Sobat Pintar yang memilih suatu jurusan perkuliahan karena pilihan itulah yang sesuai dengan minatnya. Iya dong, Sobat Pintar pasti sudah mengikuti Tes Penjurusan, bukan?

Selain minat, ternyata pilihan dan pengaruh teman juga punya peran penting pada keputusan yang kita buat. Kalaupun pilihan jurusan kuliah ternyata tak terpengaruh oleh pilihan teman, maka pertimbangan peluang kerja setelah lulus dan jenjang karier yang ditawarkan pada bidang suatu jurusan amat memengaruhi keputusan kita.

 

Jurusan Favorit Saintek di SNMPTN dan SBMPTN 2021

rekomendasi jurusan kuliah

Photo by Tatiana Syrikova on Pexels

Siapa yang bakal masuk kuliah di jurusan-jurusan Saintek, nih? Sudah tahu jurusan-jurusan kuliah yang paling diminati di rumpun Saintek? Nah, kita intip yuk, jurusan kuliah yang paling banyak diminati saat SNMPTN dan SBMPTN baru-baru ini. Apa saja jurusan-jurusan kuliah favorit itu?

Jurusan kuliah yang paling banyak diminati di SNMPTN 2021

1. Teknik Informatika

2. Farmasi

3. Keperawatan

4. Farmasi

5. Gizi

6. Psikologi

Jurusan kuliah yang paling banyak diminati di SBMPTN 2021

1. Teknik Informatika

2. Psikologi

3. Farmasi

4. Kedokteran

5. Ilmu Aktuaria

6. Kedokteran Gigi

7. Keperawatan

8. Statistika

9. Teknik Elektro Rasio

 

Jurusan Favorit Soshum di SNMPTN dan SBMPTN 2021

jurusan terbaik

Photo by cottonbro on Pexels

Bagaimana dengan jurusan-jurusan kuliah di rumpun Soshum? Sobat Pintar dari kelas IPS wajib banget tahu nih, apa saja jurusan-jurusan kuliah yang menerima pendaftar paling banyak tahun ini. Dan apa saja jurusan kuliah yang paling banyak diminati pada SNMPTN dan SBMPTN 2021?

Jurusan kuliah yang paling banyak diminati di SNMPTN 2021

1. Ilmu Komunikasi

2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

3. Manajemen

4. Psikologi

5. Sastra Inggris

6. Akuntansi

Jurusan kuliah yang paling banyak diminati di SBMPTN 2021

1. Manajemen

2. Ilmu Komunikasi

3. Bisnis Digital

4. Hubungan Internasional

5. Ilmu Kesejahteraan Sosial Rasio

6. Ilmu Administrasi Bisnis

7. Akuntansi

8. Ilmu Politik

9. Sastra Inggris

10. Televisi dan Film

 

Memilih Jurusan Kuliah Terbaik Untukmu

jurusan perkuliahan

Photo by Pixabay on Pexels

Kalau begitu, jurusan manakah yang terbaik untuk dipilih? Well, jawabannya nggak ada yang simple, Sobat. Definisi jurusan kuliah terbaik untuk setiap orang itu berbeda karena setiap kita punya kemampuan dan minat yang tak sama. Sekalipun best friend forever, bukan berarti kalian punya kemampuan dan minat yang sama untuk kuliah di satu jurusan tertentu. Nggak percaya? Coba deh, bandingin hasil tes Minat Pintarmu dengan Sobat terbaikmu.

Namun kembali kepada hasil survei di atas, saat ini teknik terbilang jurusan terbaik di Indonesia. Terlepas dari hasil tes Minat Pintar kita masing-masing, teknik dianggap sebagai jurusan kuliah yang bagus karena Sarjana Teknik selama ini memiliki reputasi pekerjaan yang bagus.

Jadi, apakah teknik adalah rekomendasi jurusan kuliah yang terbaik untukmu? Eitts! Belum tentu, Sobat Pintar. Again, each of us is different. Daripada main tebak-tebak berhadiah, lebih baik kita memilih jurusan kuliah dengan menggunakan pengukuran yang obyektif. Dan "alat ukur" itu adalah... Iya, betul: Tes Penjurusan.

Kalau ternyata rekomendasi jurusan kuliah untukmu adalah salah satu jurusan favorit di atas, berarti harus punya persiapan tempur menghadapi SNMPTN atau SBMPTN yang lebih canggih, Sobat. Misalnya, banyakin belajar di rumah dengan Belajar Pintar dan mengikuti Try Out UTBK bersama Aku Pintar. Semangat terus mengejar jurusan impianmu, ya!

160

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog