redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Geofisika – Ini Geologi atau Fisika? Atau Keduanya?

Ilmu Geofisika amat penting bagi kelestarian bumi dan kelangsungan hidup manusia.

jurusan geofisika, photo by Tom Fisk on Pexels

Jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan populer yang lain, seperti Teknik Sipil atau Manajemen, Jurusan Geofisika tak dijumpai di hampir setiap universitas. Dengan kata lain, tak banyak universitas yang ada Jurusan Geofisika di Indonesia. Padahal kita membutuhkan ahli-ahli Geofisika agar tahu lebih banyak lagi tentang bumi yang kita diami selama ini.

 

Bumi, dan Segala yang Ada di Dalamnya

teknik geofisika
Photo by Nicolas Postiglioni on Pexels

Iya, Sobat. Seberapa banyak sih, yang kita tahu selama ini tentang bumi yang setiap hari kita pijak? Sejujurnya, tak banyak. Apalagi, jika pengetahuan itu terkait dengan aspek dinamik dan fisik bumi. Dan justru itulah cakupan materi Geofisika.

Menurut KBBI, Geofisika adalah ilmu tentang sifat-sifat alami bumi (panas, magnetisme, dan sebagainya) dan gejala-gejalanya (mencakup bidang-bidang meteorologi, oseanografi, seismologi, vulkanologi, magnetisme, dan geodesi). Ditilik dari pengertiannya, Geofisika adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dengan menerapkan prinsip-prinsip Fisika.

Secara lebih spesifik, ilmu Geofisika mempelajari bagian-bagian bumi yang tidak dapat terlihat langsung dari permukaan, melalui pengukuran sifat fisikanya dengan peralatan yang tersedia di atas permukaan bumi. Geofisika juga mencakup interpretasi pengukuran yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang berguna tentang struktur dan komposisi lapisan di dalam bumi.

Prospek kerja Geofisika utamanya berkaitan dengan penyelidikan kebumian seperti mitigasi bencana gempa bumi, mitigasi bencana gunung api, eksplorasi minyak bumi, eksplorasi mineral dan logam, maupun pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan dan bangunan. Mengingat Indonesia merupakan negara berkembang di kawasan ring of fire, boleh dibilang Geofisika merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja saat ini.

 

Kuliah Geofisika, Belajar tentang Bumi dan Fisika


Photo by zoe koskinioti on Pexels

Untuk mendukung peluang kerja Jurusan Geofisika, beragam materi Geofisika dipelajari selama kuliah. Kurikulum setiap universitas tentu tak sama, namun sebagian mata kuliah Geofisika yang dipelajari di perguruan tinggi antara lain:

Fisika Mekanika dan Panas

Metode Statistika

Geodinamika

Fisika Listrik dan Magnet

Fisika Modern

Geologi Struktur

Aljabar Linear Elementer

Petrologi

Fisika Gelombang dan Optik

Geostatistika

Termodinamika Batuan

Teori Medan

Elektronika Geofisika

Penginderaan Jauh dan SIG

Komputasi Geofisika

Sedimentologi dan Stratigrafi

Vulkanologi dan Geologi Geothermal

Geologi Mineral Logam dan Nonlogam

Metode Gravitasi dan Magnetik

Analisis Numerik

Seismologi

Metode Geolistrik dan Elektromagnetik

Hidrogeologi dan Geologi Lingkungan

Investigasi Geofisika

Geofisika Lubang Bor

Metode Seismik

Geologi Migas dan Batubara

Mitigasi Bencana Kebumian

Eksplorasi Mineral

Eksplorasi Migas

Manajemen Proyek

Geofisika Teknik dan Lingkungan

Eksplorasi Geothermal

 

Mahasiswa Prodi Geofisika belajar tentang metode seismik dan gravitasi untuk mengeksplorasi bahan bakar fosil seperti minyak, gas, dan batu bara maupun deposit mineral dalam jumlah besar seperti batu pasir. Bukan hanya di industri pertambangan, namun penelitian ilmu sosial dan humaniora juga membutuhkan ilmu Geofisika. Investigasi arkeologi, misalnya, tak jarang menggunakan metode geofisika yang dikuasai oleh alumni Jurusan Geofisika.

Beberapa universitas yang ada Jurusan Geofisika antara lain Universitas Indonesia, Universitas Tanjungpura, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Padjadjaran. Universitas-universitas lain, seperti Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Tadulako, Institut Teknologi Bandung, Universitas Halu Oleo, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Pertamina, Universitas Cenderawasih, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Jambi, dan Universitas Lampung membuka S1 Teknik Geofisika.

Sama-sama S1, apa bedanya Prodi Geofisika dan Teknik Geofisika? Perbedaan Geofisika dan Teknik Geofisika terletak pada kelompok keahliannya, Sobat. Spektrum keilmuan Geofisika lebih luas, sedangkan Teknik Geofisika merupakan ilmu teknik yang lebih mengedepankan aplikasi dari pengetahuan atas struktur di dasar permukaan bumi.

Untuk mengetahui perbedaan Geofisika dan Teknik Geofisika lebih jauh, Sobat Pintar dapat membandingkan daftar mata kuliah Geofisika di atas dengan sebagian mata kuliah Teknik Geofisika di bawah ini.

Sedimentologi dan Stratigrafi

Petrofisika

Instrumentasi Geofisika

Teori Potensial

Gelombang dan Geofisika

Komputasi Geofisika

Geologi Struktur

Analisis Data Geofisika

Termodinamika Kerak Bumi dan Fluida

Metode Seismik

Seismologi

Geomekanika

Geodinamika

Metode Geolistrik dan Elektromagnet

Metode Gayaberat dan Magnet

 

Bingung pilih Prodi Geofisika atau Teknik Geofisika? Tenang, Sobat. Gunakan Tes Kemampuan untuk mengetahui apakah bidang ilmu murni atau rekayasa yang lebih pas buatmu.

Yang pasti, manapun jurusan kuliah pilihanmu, keahlianmu akan dibutuhkan karena kelestarian bumi tempat tinggal kita turut menentukan kelangsungan hidup generasi yang akan datang. Sekedar mampu menggunakan metode elektrik atau magnetik dalam eksplorasi mineral logam, misalnya, tak cukup, Sobat. Di Jurusan Geofisika inilah kita juga belajar bagaimana menginvestigasi lokasi konstruksi hingga mengeksplorasi air tanah guna memastikan keamanan dan keselamatan bersama.

0
40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet