APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Ilmu Komunikasi – Ini yang Perlu Diketahui oleh Calon Mahasiswa

Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan Soshum yang populer di kalangan anak IPS.

Jurusan Ilmu Komunikasi, image credit Anna Shvets

Anak IPS pasti sudah cukup sering mendengar tentang Jurusan Ilmu Komunikasi, entah dari guru BP/BK atau dari kakak-kakak tingkat. Begitu populernya jurusan ini, sehingga Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan favorit di SBMPTN.

Namun sudah cukupkah yang kamu tahu, Sobat Pintar? Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi? Apa yang kita pelajari selama kuliah di jurusan ini? Prospeknya bagaimana? Yuk, cari tahu!

 

Ilmu Komunikasi, Kajian Ilmunya Sangat Luas


Photo by Frank Leuderalbert on Unsplash

Komunikasi sudah menjadi bagian lekat dalam hidup kita sehari-hari. Tak jarang, kita menganggap komunikasi terbatas pada interaksi verbal antar orang. Kalau cuma ngobrol, kenapa harus sampai kuliah, sih?

Eitts, tunggu dulu, Sobat. Ilmu Komunikasi bukan ilmu tentang cara berkomunikasi verbal antar orang saja. Bahkan komunikasi sendiri ada bermacam-macam, seperti komunikasi intrapersonal, komunikasi massa, dan lain-lain.

Ilmu Komunikasi adalah induk dari ilmu-ilmu turunan yang mencakup Jurnalistik, Komunikasi Pemasaran, Penyiaran (Broadcasting), Periklanan (Advertising), Hubungan Masyarakat (Public Relation), hingga Desain Komunikasi Visual. Maka, di Jurusan Ilmu Komunikasi kita belajar tentang komunikasi dalam berbagai bentuk – mulai tentang komunikasi media, komunikasi publisitas atau periklanan, komunikasi media sosial, hingga komunikasi seni.

Menarik ngga tuh, Sobat? Oke, jurusan kuliah yang menarik itu satu hal.

Tes Jurusan Kuliah IndonesiaAdalah hal lain yang sepenuhnya berbeda kalau udah sampai ke soal kecocokan jurusan kuliah. Jadi, jangan ragu menggunakan tes-tes penjurusan yang menguji tingkat kecocokanmu dengan jurusan kuliah yang kamu pilih - apalagi bila tes itu gratis!

 

Skill dan Pengetahuan di Jurusan Ilmu Komunikasi


Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Begitu luasnya kajian yang dipelajari di jurusan ini, jangan heran bila mahasiswa Ilmu Komunikasi belajar banyak hal hingga di luar kelas. Dari bidang komunikasi media hingga komunikasi seni, pada intinya kita berusaha untuk menyampaikan suatu pesan dengan seefektif mungkin – tepat sasaran dan dapat diterima seperti yang diinginkan.

Agar tujuan tersebut tercapai, mahasiswa Ilmu Komunikasi perlu belajar dan terus mengembangkan skills-nya dalam berbicara di depan umum, membuat desain, fotografi, berpikir out of the box, menulis kreatif, termasuk pula bekerja dalam tim. Untuk itu, apa saja sebenarnya yang kita pelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi?

Pertama, kita belajar tentang Public Speaking – tentang cara, tutur kata, dan sikap dalam menyampaikan pesan. Kedua, kita belajar tentang marketing – tentang bagaimana memasarkan produk dan prinsip-prinsip pemasaran. Ketiga, kita belajar juga tentang riset, pengolahan data, dan analisis data.

Tak ketinggalan, mahasiswa Ilmu Komunikasi belajar tentang manajemen agar segalanya dapat diatur dengan efektif dan efisien. Selanjutnya, kita pun belajar tentang menulis berita dalam ilmu Jurnalistik. Yang menarik, Sobat Pintar nantinya akan belajar pula tentang videografi, fotografi, dan desain grafis.

 

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Terus Berkembang


Photo by Kate Kalvach on Unsplash

Begitu beragamnya ilmu yang dipelajari, tak heran bila alumni Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki prospek kerja yang luas pula. Didukung dengan skills diatas, Sarjana Ilmu Komunikasi dapat bekerja di berbagai bidang pada beragam jenis profesi.

 

Ketahui Pilihanmu Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi


Photo by freestocks on Unsplash

Nah, jadi semangat ingin belajar di Jurusan Ilmu Komunikasi, Sobat? Lantas, di manakah kira-kira Jurusan Ilmu Komunikasi terbaik saat ini?

Di PTN, Jurusan Ilmu Komunikasi dengan akreditasi A BAN-PT berada di Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Halu Oleo, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Riau, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Lambung Mangkurat, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, PTS dengan Jurusan Ilmu Komunikasi yang telah terakreditasi A BAN-PT antara lain Universitas Bina Nusantara, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Bandung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Multimedia Nusantara, maupun Universitas Gunadarma.

Dari list di atas, adakah kampus incaranmu, Sobat? Masing-masing kita tentu memiliki pertimbangan sendiri untuk kuliah di PTN atau PTS. Namun yang pasti, di manapun kampus pilihanmu, tetap semangat belajarnya, ya!

 

160

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog