redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan IPA Kini Bisa Dipilih oleh Anak IPS dan Pesantren

Lintas jurusan bisa dilakukan baik dari IPS ke IPA maupun IPA ke IPS.

jurusan IPS dan pesantren bisa ambil jurusan IPA, Photo by Ambreen Hasan on Unsplash

Apakah SNMPTN bisa lintas jurusan? Pertanyaan penting setiap tahun ini telah berkali-kali dihadapkan pada jawaban yang sama: tidak. Namun tahun ini berbeda, Sobat Pintar. Hanya dalam hitungan hari sebelum registrasi akun siswa untuk SNMPTN 2022, LTMPT memberi lampu hijau buat kalian yang mau lintas jurusan di SNMPTN maupun SBMPTN 2022.

 

Lintas Jurusan 2022

jurusan kuliah ips
Photo by Warren Wong on Unsplash

Hai kalian anak IPS dan Bahasa! Mungkin kamu sudah mengubur impian kuliah di jurusan incaran hanya karena jurusan tersebut masuk ke dalam rumpun Saintek/Eksakta. Sebagian lagi, kita mengabaikan hasil Tes Penjurusan yang menawarkan pilihan jurusan-jurusan IPA. Pada umumnya, lintas jurusan seolah menjadi privilese anak IPA yang dianggap punya peluang lebih besar untuk masuk jurusan kuliah IPS. But it's not that way anymore.

SNMPTN

Pada tahun-tahun sebelumnya, lintas jurusan bahkan dilarang di SNMPTN. Larangan ini cukup tegas hingga, again, beberapa hari saja sebelum registrasi akun siswa untuk SNMPTN 2022. Here comes the plot twist, Sobat Pintar. Kamu boleh lintas jurusan, baik dari jurusan sosial ke jurusan eksakta atau sebaliknya.

Udah enggak perlu nanya lagi ya, untuk SNMPTN lulusan IPS bisa kuliah jurusan apa saja? Betul sekali, Sobat. Kalian dari kelas IPS bisa memilih semua jurusan, entah itu jurusan IPA atau IPS. Namun perlu dicatat, untuk SNMPTN 2022, satu jurusan pilihanmu harus berada di PTN yang berada dalam satu provinsi dengan asal sekolahmu. Kamu bebas memilih kampusnya bila pilihanmu di SNMPTN hanya satu jurusan.

SBMPTN

Bukan hanya di SNMPTN, lintas jurusan juga diperbolehkan di SBMPTN meskipun kamu tetap harus memilih kelompok ujian Saintek atau Soshum. Kalau pilihan jurusan kuliahmu eksakta/IPA, tentunya kamu harus memilih kelompok ujian Saintek. Sedangkan bila memilih jurusan kuliah IPS, kamu pun harus mengikuti kelompok ujian Soshum. Ini berarti kamu harus belajar dan menyiapkan materi sesuai dengan kelompok ujian pilihanmu – entah kamu anak IPA atau IPS.

Tapi jangan khawatir, Sobat Pintar. Masih ada waktu untuk belajar dan bersiap diri karena pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 dijadwalkan akan berlangsung pada 23 Maret - 15 April 2022. Ujian akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yang pertama tanggal 17 - 23 Mei 2022 sedangkan yang kedua tanggal  28 Mei - 03 Juni 2022.

 

Kuliah Lintas Jurusan

jurusan ipa
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Terbukanya peluang untuk lintas jurusan di SNMPTN dan SBMPTN 2022 itu satu hal. Adalah hal yang sepenuhnya berbeda saat kamu nanti kuliah di jurusan yang berbeda dengan jurusan sekolahmu. Misalnya kamu sekarang berada di kelas IPS, kemudian kuliah Kehutanan. Di jurusan eksakta ini, kamu bakal bertemu dengan mata kuliah jurusan IPA seperti Zoologi, Botani, Ilmu Tanah Hutan, Silvikultur Hutan Tanaman, Silvikultur Hutan Alam, Ilmu Kayu, Fisiologi Pohon, Teknik Perbanyakan Tanaman, dan lain-lain yang pernah "diintip" oleh anak IPA melalui mata pelajaran Biologi.

Begitu pula kalau kamu anak IPA yang lintas jurusan kuliah IPS. Kamu harus belajar jurusan mata kuliah IPS seperti Filsafat Ilmu, Sosiologi Politik, Antropologi Politik, Pengembangan Masyarakat, Filsafat Sejarah, dan mata kuliah Soshum yang lain di Jurusan Ilmu Sejarah, misalnya.

It's going to be challenging, to be honest, but not impossible. Are you willing to take the challenge, untuk kuliah di jurusan eksakta dari kelas IPS atau kuliah di jurusan sosial dari kelas IPA? Jawabannya kembali ke diri kita masing-masing, Sobat Pintar.

Dilema ini mungkin tidak akan dialami oleh Sobat Pintar yang berkesempatan belajar di sekolah menggunakan kurikulum prototipe. Sayangnya, kurikulum tersebut masih akan dijalankan, bila sekolah menginginkan, sementara kita sudah diperbolehkan lintas jurusan sejak sekarang.

 

Berlaku untuk SMA, SMK, MA, dan Pesantren

jurusan mata kuliah ips
Photo by Possessed Photography on Unsplash

Nah, udah enggak bertanya-tanya lagi, apakah SNMPTN bisa lintas jurusan, kan? Sekarang kita ke pertanyaan berikutnya, siapa sajakah yang bisa lintas jurusan? Jawabannya adalah semua siswa – dan alumni bila kalian memilih jalur SBMPTN.

Entah kamu dari SMA, SMK, atau MA, semua siswa diperbolehkan lintas jurusan. LTMPT sendiri memandang para santri dari Pesantren sama seperti para siswa di MA, sehingga semua memiliki hak yang sama untuk lintas jurusan. Kalian dari jurusan IPS dan pesantren bisa ambil jurusan IPA. Sebaliknya, seperti yang sudah-sudah, siswa dari kelas IPA maupun pesantren juga tetap bisa ambil jurusan IPS. So, apakah kamu suka dengan perubahan kebijakan tentang lintas jurusan kuliah IPS ke IPA ini, Sobat Pintar?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet