APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan-Jurusan Kreatif di SMK

SMK menawarkan jurusan-jurusan kreatif yang dapat dilanjutkan dibangku kuliah.

Jurusan-Jurusan Kreatif SMK, photo via www.jurnalasia.com

Sobat Pintar yang saat ini tengah duduk dibangku SMP dan sederajat, sudah mulai mempertimbangkan lanjut sekolah dimana? Banyak siswa yang sekedar memilih SMA atau SMK, tapi Sobat Pintar dengan kreativitas tinggi tentunya memiliki pertimbangan yang tak mudah.

Kabar baiknya, tak perlu menunggu hingga kuliah, Sobat Pintar yang kreatif dapat melanjutkan sekolah ke SMK dibidang industri kreatif. Dan apa saja cakupan industri kreatif di SMK?

 

Studi Industri Kreatif di SMK

Pada program keahlian Seni Rupa, terdapat jurusan Seni Lukis, Desain Komunikasi Visual, Seni Patung, Desain Interior, Animasi, dan Teknik Furnitur.

Pada program keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya, terdapat jurusan Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Kriya Kreatif Keramik, Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, serta Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.

Pada program keahlian Seni Musik, terdapat jurusan Seni Musik Populer dan Seni Musik Klasik.

Pada program keahlian Seni Tari, terdapat jurusan Penataan Tari dan Seni Tari.

Pada program keahlian Seni Karawitan, terdapat jurusan Penataan Karawitan dan Seni Karawitan.

Pada program keahlian Seni Pedalangan, terdapat jurusan Seni Pedalangan.

Pada program keahlian Seni Teater, terdapat jurusan Tata Artistik Teater dan Pameran.

Pada program keahlian Seni Broadcasting dan Film, terdapat jurusan Produksi Film dan Program Televisi, Produksi dan Siaran Program Televisi, serta Produksi dan Siaran Program Radio.

 

Bekerja Setelah Lulus SMK

Tak seperti SMA, lulusan SMK memang disiapkan untuk dapat diserap oleh pasar kerja. Pendidikan industri kreatif ditingkat SMK sendiri berfungsi tak hanya sebagai konservasi seni murni dan pelestarian budaya, tapi juga pemanfaatannya dibidang terapan:

- Sebagai freelancer yang mencakup profesi animator, fotografer, desainer grafis, UI/UX designer, dan lain sebagainya.

- Sebagai pekerja seni yang spesifik, misalnya pada profesi desainer fashion.

- Sebagai entrepreneur yang dapat memanfaatkan peluang bisnis pada hasil cipta karya seni.

- Sebagai pelaku dibidang industri periklanan yang mencakup profesi art director maupun bagian desain.

Bagaimana dengan profesi lain? Pengamat seni, misalnya, baik profesi kurator, konservator, maupun kritikus, biasanya memerlukan pendidikan yang lebih tinggi, yaitu minimal ditingkat sarjana.

Sobat Pintar bisa melanjutkan pendidikan dari SMK ke jurusan yang sesuai ditingkat perguruan tinggi. Saat ini, pelajar SMK sudah memiliki system support yang dapat membantu menyetarakan peluangnya untuk kuliah dengan pelajar SMA – dengan mengakses Try Out Aku Pintar, misalnya.

 

Kuliah Setelah Lulus SMK

Dan jurusan apa saja yang sesuai untuk alumni SMK dibidang industri kreatif? Sejalan dengan jurusan semasa di SMK, Sobat Pintar nantinya bisa melanjutkan kuliah dijurusan Seni Rupa Murni, Seni Musik, Seni Kriya, Seni Tari, Seni Karawitan, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Seni Pedalangan, Furniture Design, Desain Produk, Desain Interior, DKV New Media, Fotografi, DKV Creative Advertising, atau dijurusan lain.

Nah, ternyata ada banyak jalan menuju Roma, bukan? Keep exploring your options, Sobat. Jangan batasi diri pada pilihan yang telah diambil orang lain.

150

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog