redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan-Jurusan Kuliah Ini Banyak Peminat di 2020

Beberapa jurusan memerlukan perjuangan lebih keras untuk lolos persaingan masuknya.

Jurusan-Jurusan Ini Banyak Peminat, image via insight.study.csu.edu.au

Dari tahun ketahun, ada saja pergeseran dan perubahan pilihan jurusan kuliah yang diminati oleh para pelajar Indonesia. Bagaimana dengan tahun 2020 ini? Jurusan-jurusan kuliah apa saja yang diperkirakan akan diserbu peminat pada SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri nanti?

QS World University Rankings merilis beberapa jurusan yang akan banyak dicari tahun ini. Ingin tahu apakah jurusan bidikanmu termasuk didalamnya, Sobat? Let's check them out.

 

1. Teknologi Informasi

Teknologi Informasi atau Information Engineering adalah disiplin ilmu rekayasa tentang produksi, distribusi, analisis, dan penggunaan informasi, data, dan pengetahuan dalam sistem. Karena lebih dekat dengan engineering daripada computing, Teknologi Informasi dikenal juga sebagai Teknik Informasi.

Jurusan ini ada di Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Indonesia. Teknologi Informasi pun ada di politeknik, seperti Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Jakarta, dan Politeknik Negeri Semarang.

 

2. Akuntansi

Jurusan ini masih tetap tinggi peminat dirumpun Soshum. Informasi yang dimiliki oleh seorang akuntan memang sangat dibutuhkan oleh manajer, investor, bahkan otoritas pajak. Berdasarkan pengukuran dan penjabaran yang diberikan oleh akuntan, suatu perusahaan dapat membuat berbagai keputusan penting.

Akuntansi terbaik ada di Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

 

3. Bisnis dan Manajemen

Selain Akuntansi, Manajemen adalah jurusan Soshum yang juga difavoritkan. Jurusan ini sebenarnya memiliki cakupan yang sangat luas, bahkan Akuntansi termasuk didalamnya. Selain Akuntansi, spesialisasi Manajemen yaitu Administrasi, Manajemen Keuangan, Marketing, Manajemen Operasional, Manajemen SDM, Ekonomi, Kewirausahaan, Transportasi dan Logistik, serta Perbankan dan Keuangan.

Spesialisasi Bisnis dan Manajemen tergantung kampusnya masing-masing. Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, dan Universitas Airlangga bisa menjadi referensi kuliah jurusan yang sering diidentikkan dengan kemudahan peluang kerja ini.

 

4. Matematika

Disebut sebagai induk segala ilmu, Matematika menjadi salah satu jurusan yang diperhitungkan pada 2020. Matematika sendiri merupakan ilmu tentang penalaran yang menggunakan angka, pemodelan, atau simbol. Itulah sebabnya Matematika tak hanya penting bagi sains, tapi juga sosial seperti dalam menghitung inflasi.

Universitas Diponegoro, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Padjadjaran adalah kampus-kampus yang dikenal sebagai kampus Matematika terbaik. Tapi jangan lupa, kita masih bisa belajar Matematika di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, atau kampus-kampus yang lain.

 

5. Psikologi

Sobat Pintar yang memiliki minat untuk belajar tentang individu manusia mungkin tertarik untuk belajar Psikologi ditingkat perguruan tinggi. Dijurusan ini kita belajar tentang bagaimana mengelola empati, membaca data, melakukan asesmen, menggunakan alat tes, melakukan analisis, dan masih banyak lagi.

Di mana kuliah Psikologi? Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran adalah beberapa PTN yang dikenal sebagai tempat belajar Psikologi terbaik di Indonesia.

 

6. Farmasi

Kalau Akuntansi populer dirumpun Soshum, Farmasilah yang difavoritkan dirumpun Saintek – khususnya dibidang kesehatan. Meskipun untuk lolos seleksi masuk jurusan ini cukup ketat, minat calon mahasiswanya tak kunjung surut. Sobat ingin berkompetisi masuk Farmasi? Sebelumnya, pastikan dulu Biologi dan Kimia sudah menjadi matapelajaran favoritmu, ya.

Untuk kuliah Farmasi, kampus-kampus terbaiknya yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Udayana.

 

Selain Farmasi, Keperawatan merupakan jurusan kesehatan lain yang diperkirakan akan dibanjiri peminat pada 2020. Dibidang media, Desain Komunikasi Visual semakin diminati seiring dengan berkembangnya industri kreatif.

Sobat Pintar lebih tertarik pada bidang engineering? Selain Teknologi Informasi, pertimbangkan untuk berlomba-lomba lolos di Jurusan Teknik Perminyakan, Teknik Sipil, atau Teknik Elektro yang lebih dekat dengan Teknologi Informasi.

Karena ketatnya persaingan, masuk salah satu jurusan diatas tentu membutuhkan perjuangan yang tak setengah-setengah. Namun dengan tawaran prospek yang baik, bukankah jurusan-jurusan kuliah diatas layak diperjuangkan?

510

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
website nya mana kak
00
psikologi 2021 amin
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp