APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Kesehatan yang Ada di Semarang

Beberapa kampus di Semarang menyediakan berbagai pilihan jurusan kuliah di bidang kesehatan.

Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels

Jurusan kesehatan yang ada di Semarang itu ada beragam pilihan, Sobat Pintar. Ada jurusan-jurusan kesehatan yang memang menjadi bagian dari sebuah universitas, sebagian lagi mengalami perubahan institusi dari sekolah tinggi yang kemudian berkembang menjadi universitas.

Jurusan kesehatan sendiri sebenarnya mencakup bidang ilmu kedokteran, kebidanan, farmasi, keperawatan, kesehatan masyarakat, teknik radiologi, gizi, kesehatan gigi, fisioterapi, hingga keperawatan gigi. Kalau sudah tahu jurusan kesehatan yang kamu inginkan, beberapa kampus jurusan kesehatan di Semarang berikut bisa menjadi referensi, Sobat Pintar.

Jurusan kesehatan yang ada di semarang
Photo by MART PRODUCTION on Pexels

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Sebagai salah satu universitas kesehatan di Semarang, Universitas Diponegoro membuka jurusan-jurusan kesehatan di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Di kedua fakultas ini, Undip membuka Jurusan Kedokteran, Ilmu Farmasi, Kedokteran Gigi, Ilmu Biomedik, Keperawatan, Gizi, dan Kesehatan Masyarakat.

Tak sedikit calon mahasiswa yang mencari universitas negeri Jurusan Farmasi di Semarang, dan lantas pilihannya jatuh pada Universitas Diponegoro. Undip juga menjadi rujukan universitas keperawatan di Semarang, apalagi dengan adanya Program Magister Keperawatan di kampus negeri ini.

universitas keperawatan di semarang
Photo by Lucas Vasques on Unsplash

2. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)

Unimus adalah salah satu universitas yang ada Jurusan Analis Kesehatan di Semarang. Bahkan, Universitas Muhammadiyah Semarang menyediakan dua program vokasi sekaligus untuk jurusan ini, yakni D3 dan D4. Selain Analis Kesehatan, Program D3 kesehatan di Unimus yang lain adalah Gizi, Kebidanan, dan Keperawatan.

Sama seperti Undip, Unimus juga merupakan salah satu universitas kesehatan di Semarang. Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Unimus menaungi jurusan-jurusan vokasi kesehatan yang telah disebutkan di atas serta Program S1 Keperawatan, Ilmu Gizi, Kebidanan, dan Teknologi Pangan. Sementara itu, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Umum, dan Kedokteran Gigi masing-masing menaungi satu Program S1 Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, dan Kedokteran Gigi.

stikes terbaik di jawa tengah
Photo by Chokniti Khongchum on Pexels

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo

Referensi kampus jurusan kesehatan di Semarang berikutnya adalah UIN Walisongo. Dari sekian fakultas yang ada di kampus negeri ini, hanya ada satu fakultas yang menaungi jurusan kesehatan yaitu Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Di fakultas ini terdapat Program S1 Gizi, sedangkan untuk program vokasi di bidang kesehatan ada D3 Kebidanan.

universitas negeri jurusan farmasi di semarang
Photo by MART PRODUCTION on Pexels

4. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Tak ketinggalan, Unnes juga menawarkan beberapa jurusan kesehatan yang ada di Semarang. Ada dua jurusan kesehatan di kampus negeri ini, Sobat, yakni Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Keduanya menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Keolahragaan.

kampus jurusan kesehatan di Semarang
Photo by Павел Сорокин on Pexels

5. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Pada awal berdirinya, Universitas Dian Nuswantoro memang merupakan sebuah Akademi Manajemen Informatika dan Komputer. Seiring perkembangannya, kampus swasta di Semarang ini menggabungkan beberapa sekolah tinggi, termasuk juga salah satu Stikes terbaik di Jawa Tengah, yaitu STKES Lintang Nuswantoro.

Kini, Stikes tersebut telah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan Udinus. Fakultas ini menaungi Program D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan serta Program S1 Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan.

Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Photo by Edward Jenner on Pexels

6. Universitas Karya Husada (Unkaha)

Sama seperti Udinus, Universitas Karya Husada juga berakar dari Stikes yang sekarang telah menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan. Salah satu fakultas di Unkaha ini menaungi Program D3 Kebidanan dan Keperawatan, Program D4 Kebidanan, serta Program S1 Biomedis dan Keperawatan.

Sebagai sebuah universitas sekarang, Unkaha merupakan salah satu referensi universitas keperawatan di Semarang. Kampus swasta ini sudah menyediakan program S2 Keperawatan, Sobat.

universitas yang ada jurusan analis kesehatan di semarang
Photo by RF._.studio on Pexels

7. Universitas Ngudi Waluyo (UNW)

Berdiri sebagai Akper Ngudi Waluyo Ungaran, dalam perkembangannya Universitas Ngudi Waluyo kini menaungi tiga fakultas pada bidang ilmu yang berbeda. Adapun jurusan kesehatan yang ada di Semarang, UNW menyediakannya di Fakultas Kesehatan.

Fakultas tersebut menaungi Program D3 Kebidanan dan Keperawatan. Sementara itu, Program S1 yang ditawarkan oleh universitas kesehatan di Semarang ini antara lain Kebidanan, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Ilmu Keolahragaan, dan Keperawatan.

Apakah salah satu jurusan di atas adalah jurusan impianmu, Sobat Pintar? Sekarang kamu sudah bisa mendaftar kuliah ke Universitas Ngudi Waluyo dengan mudah, loh. Enggak perlu datang ke kampusnya di kawasan Ungaran Timur, Semarang.

Mau tau gimana caranya? Kamu tinggal masuk ke laman Pendaftaran Kampus, kemudian mengikuti langkah-langkah pendaftarannya yang mudah dan simpel. Mendaftar kuliah ke Universitas Ngudi Waluyo secara online seperti ini lebih cepat dan membutuhkan biaya yang lebih murah ketimbang kamu mendaftar ke kampusnya langsung.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog