APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Kriminologi: Langka di Indonesia, tapi Alumninya Sangat Dibutuhkan

Kriminologi masih terhitung sebagai jurusan kuliah yang kurang populer, sementara profesi Kriminolog semakin dibutuhkan.

Jurusan Kriminologi, photo by kat wilcox on pexels

Adakah Sobat Pintar yang ingin kuliah Jurusan Kriminologi? Atau... barangkali Jurusan Kriminologi masih terdengar baru buatmu, Sobat?

Mau tahu lebih banyak tentang Jurusan Kriminologi? Di mana kuliah Jurusan Kriminologi? Dan bagaimana prospek ke depannya? Yuk, sini kepoin.

 

Kriminologi: Ilmu Sosial yang Multidisiplin


Photo by niu niu on Unsplash

Kalau ngomongin soal tindak kriminal, apa yang ada di pikiranmu, Sobat? Detektif seperti Sherlock Holmes? Serial Crime Scene Investigation? Sebentar. Sebelum terlalu jauh berasumsi, kita cari tahu dulu tentang apa itu Kriminologi.

Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejahatan dan penyebabnya di masyarakat. Alih-alih ilmu sains, Kriminologi adalah ilmu sosial yang berfokus pada penelitian tentang jenis, penyebab, hingga pengendalian kejahatan. Dalam Kriminologi ada Ilmu Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Biologi, Sejarah, Geografi, Politik, Filsafat, Psikologi, dan Psikiatri.

Jadi, kuliah Jurusan Kriminologi itu nggak ada investigasi yang kayak serial Criminal Minds, gitu? Yang kayak Sherlock Holmes bawa lup ke mana-mana, gitu?

Teknik-teknik penyelidikan tindak kriminal juga dipelajari di Jurusan Kriminologi kok, Sobat. Selain penelitian sosial, mahasiswa Jurusan Kriminologi juga belajar tentang rekam sidik jari, reka ulang perkara, olah TKP, bahkan jejak darah.

Namun yang lebih penting, kuliah Jurusan Kriminologi membuat kita belajar tentang kejahatan dan bagaimana mengendalikannya berdasarkan pada penelitian empiris. Pemahaman, penjelasan, perkiraan, pencegahan, hingga kebijakan peradilan pidana tentang kejahatan diperoleh dari penelitian kriminologi.

Apa saja yang dipelajari saat kuliah Jurusan Kriminologi? Beberapa mata kuliah yang ditemui mahasiswa Jurusan Kriminologi yaitu:

- Sistem Peradilan Pidana

- Strategi Pencegahan Kejahatan

- Etnografi Kejahatan di Indonesia

- Kenakalan Anak

- Kejahatan Terencana

- Kejahatan Lingkungan

- Manajemen Industrial Sekuriti

- Jurnalistik Investigasi

- Psikologi Kriminal

- Analisis Risiko Kejahatan

- Bisnis dan Kejahatan White-Collar

- Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Kriminologi

- Pengendalian Sosial Kejahatan

- Sosiologi Peradilan Pidana, dll.

 

Terbatas: Universitas Jurusan Kriminologi di Indonesia


Photo by niu niu on Unsplash

Tak banyak kampus yang membuka Jurusan Kriminologi. Universitas Jurusan Kriminologi di Indonesia masih dapat dihitung dengan jari. Inilah tiga universitas dengan Jurusan Kriminologi di Indonesia:

1. Universitas Indonesia

Jurusan Kriminologi UI menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. And did you know, Sobat? Jurusan Kriminologi UI adalah yang pertama ada di Indonesia!

Tiga konsentrasi atau peminatan yang ditawarkan oleh Jurusan Kriminologi UI, yaitu:

- Penegakan Hukum

- Jurnalistik

- Kejahatan Transnasional.

2. Universitas Budi Luhur

Berada pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, akreditasi Jurusan Kriminologi Budi Luhur saat ini adalah B. Jurusan Kriminologi Universitas Budi Luhur direkomendasikan buat Sobat Pintar yang ingin belajar tentang:

- Crime Journalism Investigation

- Cyber Crime.

3. Universitas Islam Riau

Adakah kampus untuk kuliah Jurusan Kriminologi di luar Jawa? Jawabannya adalah Jurusan Kriminologi Universitas Islam Riau yang berada di Pekanbaru. Bahkan, Jurusan Kriminologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini adalah satu-satunya saat ini yang diselenggarakan oleh kampus Islam.

Meskipun tak banyak pilihan kampusnya, peminat Jurusan Kriminologi cukup tinggi – apalagi Jurusan Kriminologi UI. Pada SBMPTN 2022, Jurusan Kriminologi UI menerima 27 saja calon mahasiswa baru dengan peminat mencapai 1.400 orang pada tahun sebelumnya. Apakah kamu akan menjadi salah satu peminat Kriminologi UI juga, Sobat? 

Tunggu dulu, Sobat Pintar. Jangan memilih satu jurusan kuliah tertentu sebelum kamu mengikuti rangkaian tes Minat Pintar. Jika memang Jurusan Kriminologi adalah rekomendasi terbaik buatmu, sesuai dengan minat dan kemampuanmu, maka mantapkan perjuanganmu untuk masuk UI.

Untuk menjadi mahasiswa Jurusan Kriminologi, baik di kampus negeri maupun swasta, Sobat Pintar tidak harus berasal dari kelas IPA atau IPS. Namun asal kamu tahu, Ilmu Kriminologi takkan terasa terlalu asing buat Sobat Pintar yang sudah akrab dengan pelajaran Sosiologi di sekolah.

 

Alumni Jurusan Kriminologi: Prospek Kerja dan Masa Depannya


Photo by niu niu on Unsplash

Peminatan yang dipilih saat kuliah dapat mempegaruhi pilihan karier alumni Jurusan Kriminologi. Alumni Jurusan Kriminologi UI, misalnya, banyak yang meniti karier menjadi staf ahli BNN, Komnas HAM, BNPT, KPAI, Komnas Perempuan, KPK, Kejaksaan, Kepolisian, Kementerian, maupun di berbagai perusahaan.

Namun ada profesi-profesi konvensional di bidang Kriminologi yang ditekuni juga oleh alumni jurusan ini. Prospek kerja Kriminologi yang terhitung konvensional antara lain kriminolog, analis intelijen, spesialis manajemen keamanan, jurnalis, ataupun analis data.

Angka kriminalitas di Indonesia terus meningkat. Di sisi lain, profesi Kriminolog masih kurang populer. Bukankah keadaan ini membuat prospek kerja Kriminologi cukup menjanjikan di masa mendatang, Sobat?

140

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog