redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat dan Hobi – Ini Dia Rekomendasinya

Ketahui dulu minat dan potensimu, baru kemudian tentukan jurusan kuliah yang sesuai.

jurusan kuliah sesuai minat, Photo by Kyle Gregory Devaras on Unsplash

Masih bingung gimana menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat, Sobat Pintar? Minat adalah kecenderungan hati kita terhadap sesuatu. Minatlah yang membuat kita tertarik, kepo pada tugas atau aktivitas tertentu. Bahkan kita cenderung senang dan menikmati mengerjakanya. Sementara itu, bakat merupakan kemampuan dasar yang membuat kita belajar dengan lebih mudah dan cepat.

Makanya, memilih jurusan kuliah sesuai minat dan bakat itu penting banget, Sobat. Bayangkan betapa tersiksanya kalau selama bertahun-tahun kita harus belajar, kuliah, mengerjakan tugas, bahkan mungkin praktik sampai bekerja pada suatu bidang ilmu yang kita enggak enjoy melakukannya. Udah gitu, kita mengerjakannya dengan susah payah, pula. Uh, enggak banget, deh.

Luckily, ada berbagai cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat. Tapi kalau Sobat Pintar menginginkan akurasi yang lebih tinggi, tes minat bakat jurusan kuliah adalah pilihan yang lebih baik untuk menentukan jurusan kuliah. Bahkan, tes minat bakat juga dapat membantu memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian, loh!

Next, kalau sudah tahu minat dan bakatmu, kira-kira jurusan kuliah apa saja sih yang bisa membantumu mengembangkan potensi agar berada di the next level, gitu? Nah, ada berbagai kategori, Sobat. Yuk, kita lihat beberapa kategori jurusan kuliah berdasarkan minat dan bakat di bawah ini.

 

Jurusan Kuliah buat Sobat Pintar yang Suka Pelajaran Hitungan

pengelompokan jurusan kuliah
Photo by cottonbro on Pexels

Jurusan kuliah apa saja yang direkomendasikan buat Sobat Pintar yang suka menghitung? Wah, banyak banget jurusan yang berhubungan dengan hitung-berhitung, Sobat. Dua jurusan yang paling sering disebut kalau lagi ngomongin hitungan adalah Statistika dan Matematika.

Statistika dan Matematika sendiri merupakan dua bidang yang terkait erat. Pada Jurusan Matematika, terdapat program keahlian Statistika. Sedangkan pada Jurusan Statistika, terdapat aplikasi Matematika. Akan tetapi, pada Jurusan Statistika, Sobat Pintar nanti akan belajar lebih spesifik tentang pengolahan data dan peluang.

Ilmu tentang peluang juga dipelajari di Jurusan Aktuaria. Meskipun berada di rumpun Saintek, dunia kerja Aktuaria cukup bersinggungan dengan Akuntansi yang berada di rumpun Soshum. Pada beberapa keadaan, profesi-profesi yang dihasilkan dari Jurusan Akuntansi, seperti Akuntan, Auditor, Konsultan, atau Analis, juga mengalkulasi peluang dan risiko yang merupakan lingkup pekerjaan Aktuaris.

Apa lagi jurusan yang berhubungan dengan berhitung? Fisika, Kimia, Farmasi, Teknik Informatika, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi atau Ekonomi Pembangunan adalah jurusan-jurusan kuliah yang banyak bermuatan ilmu hitungan atau logika Matematika.

 

Jurusan Kuliah buat Sobat Pintar yang Suka Merancang dan Menggambar

kategori jurusan kuliah berdasarkan minat
Photo by Skitterphoto on Pixabay

Sobat Pintar lebih berjiwa seni ketimbang bermain logika? Eits, bukan berarti enggak perlu kuliah sekalipun Sobat Pintar lebih tertarik dengan dunia seni. Kalau begitu, apa saja rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta seni, khususnya seni lukis?

Jika ingin mendalami seni lukis murni dengan lebih mendalam, Jurusan Seni Rupa adalah pilihan terbaik. Namun jika ingin mengembangkan potensimu dengan lebih luas lagi, Jurusan Desain Grafis, Animasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, maupun Desain Interior bisa menjadi alternatif. Meskipun jurusan-jurusan ini banyak berkaitan dengan pekerjaan komputer, skill menggambar dengan tangan masih sesekali diperlukan.

Ada pula jurusan kuliah yang lain buat Sobat Pintar yang suka menggambar. Fashion dan Tata Busana, misalnya, adalah jurusan-jurusan yang memerlukan kecakapan membuat sketsa gambar, khususnya pakaian. Bagaimana kalau Sobat Pintar suka menggambar dan kebetulan berada di kelas IPA? Justru Sobat dapat menyalurkan kesukaan gambar tersebut pada Jurusan Arsitektur. Selain memerlukan selera estetika, jurusan ini juga membutuhkan kemampuan logika Matematika.

 

Jurusan Kuliah buat Sobat Pintar yang Suka Traveling

daftar jurusan kuliah sesuai potensi
Photo by Slavy Darozhkin on Unsplash

Iya, ada juga rekomendasi jurusan kuliah buat Sobat Pintar yang suka traveling. Hubungan Internasional, Arkeologi, Pariwisata, Sosiologi, Antropologi, Kehutanan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geologi, atau Jurnalistik adalah jurusan-jurusan yang dapat menyalurkan hobi traveling-mu.

Eits, bukan berarti perkuliahannya bakal jalan-jalan terus, ya! Sebagai gambaran, misalnya, mahasiswa Antropologi harus mengunjungi situs-situs bersejarah. Pekerjaan Jurnalis, yang terkadang ditekuni oleh lulusan Hubungan Internasional, juga nantinya mengharuskan Sobat melakukan liputan lapangan yang tak bisa diperkirakan lokasinya.

 

Disclaimer: pengelompokan jurusan kuliah di atas sekadar disesuaikan dengan minat bakat, bahkan hobimu. Untuk mendapatkan rekomendasi daftar jurusan kuliah sesuai potensi diri, hasil tes minat bakat jurusan kuliah tentu dapat memberikan rekomendasi yang lebih akurat, sebagaimana telah disebutkan di atas.

0
40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet