redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Manajemen Bisnis, Ketahui Apa Saja Pilihan Terbaikmu

Manajemen Bisnis merupakan sebuah jurusan kuliah yang tersedia pada berbagai jenjang pendidikan dengan beragam pilihan konsentrasi.

Jurusan manajemen bisnis, Photo by Smartworks Coworking on Unsplash

Jurusan Manajemen Bisnis adalah salah satu pilihan jurusan kuliah favorit. Enggak cuma buat anak IPS, terkadang ada saja anak IPA yang lintas jurusan untuk kuliah Manajemen Bisnis. Iya, sampai segitunya peminat jurusan kuliah ini. Sebenarnya apa yang membuatnya menarik? Apa pula yang akan kita pelajari selama kuliah Manajemen Bisnis?

 

Jurusan Manajemen pada Berbagai Program

jurusan bisnis
Photo by Austin Distel on Unsplash

Ngomongin jurusan kuliah, biasanya kita langsung berasumsi itu program Sarjana. Enggak salah kok, Sobat. Tapi kalau Manajemen Bisnis, jurusan ini ada pada Program D3, D4, dan S1 – perbedaan ketiganya dibahas di sini. Nah, tinggal pilih program mana yang paling sesuai buatmu.

Sebagai referensi, D3 Prodi Manajemen Bisnis ada di Universitas Sebelas Maret, sedangkan D4 Prodi Manajemen Bisnis ada di Politeknik Negeri Sriwijaya. Pada Program D3 dan D4 ini, Sobat Pintar juga bisa belajar manajemen bisnis spesifik di bidang tertentu, seperti perjalanan wisata, perjalanan, konvensi dan perhelatan, internasional, atau pariwisata, dengan memilih kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis pada bidang tersebut.

Pada Program Sarjana, alternatif Jurusan Manajemen Bisnis adalah Manajemen Bisnis Syariah. Jika Sobat Pintar tertariknya belajar di Prodi Manajemen Bisnis, jurusan ini ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

 

Manajemen Bisnis, Kuliah tentang Seluk Beluk Bisnis

manajemen bisnis
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Tampaknya perbedaan nama Jurusan Manajemen di atas tak terlalu signifikan. Padahal enggak gitu loh, Sobat. Pasalnya, setiap jurusan memiliki kurikulumnya masing-masing. Apa yang kita pelajari selama kuliah seluruhnya tercantum dalam kurikulum tersebut. Sebagai contoh kontrasnya, kurikulum Prodi Manajemen Bisnis pasti berbeda dengan Manajemen Informatika meskipun sama-sama Jurusan Manajemen.

Terus, apa yang dipelajari di Jurusan Manajemen Bisnis? Yuk, kita pahami dulu tentang manajemen bisnis.

Manajemen bisnis adalah ilmu tentang perancangan, pengelolaan, dan pengoperasian bisnis atau usaha. Kuliah Manajemen Bisnis bakal membuatmu belajar tentang bagaimana merancang, mengelola, dan menjalankan bisnis dengan baik dan benar. Pengetahuanmu seputar bisnis, misalnya tentang produksi dan kelayakan bisnis, akan bertambah.

Selama kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis, kamu juga belajar bagaimana melakukan negosiasi bisnis. Disamping belajar tentang teori-teori bisnis, mahasiswa Jurusan Bisnis juga menimba pengalaman berwirausaha selama kuliah. Praktik seperti inilah yang bakal meningkatkan keterampilanmu berkomunikasi, sebuah skill penting dalam dunia bisnis.

Biar ada bayangan, yuk intip kurikulum Prodi Manajemen Bisnis ITS. Mata kuliah mahasiswa jurusan bisnis dan manajemen di sini antara lain:

Ekonomi Mikro

Akuntansi Finansial

Analisis Data

Berpikir Desain Inovatif

Ekonomi Makro

Manajemen Keuangan

Manajemen Operasional

Manajemen Pemasaran

Manajemen Sumber Daya Manusia

Penciptaan Usaha Baru

Statistika Bisnis

Desain dan Perilaku Organisasi

Kewirausahaan Sosial

Komunikasi Bisnis

Manajemen Investasi dan Portofolio

Perilaku Konsumen

Akuntansi Manajerial

Aspek Hukum dalam Bisnis

Bisnis Internasional

Manajemen Risiko dan Tata Kelola

Sistem Informasi Bisnis

Manajemen Proyek

Valuasi Bisnis

Perpajakan

Teknopreneur

Manajemen Strategi

Wawasan dan Aplikasi Teknologi

Manajemen Kinerja

Khusus di Prodi Manajemen Bisnis ITS, ada empat pendalaman fokus atau konsentrasi, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, dan Manajemen Keuangan. Menginjak tahun ketiga kuliah, mahasiswa jurusan manajemen ini mulai mengambil mata kuliah pilihan sesuai dengan konsentrasinya masing-masing.

 

Prospek Kerja Manajemen Bisnis

jurusan manajemen
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Kalau kamu masih penasaran kenapa Jurusan Manajemen Bisnis tinggi peminat, barangkali di sinilah jawabannya. Apa itu? Prospek kerja Manajamen Bisnis terbilang luwes dan dinamis.

Karena punya kecakapan untuk berwirausaha, di bidang apapun itu, tak sedikit lulusan Jurusan Manajemen Bisnis yang menjadi entrepreneur. Dengan menjadi entrepreneur atau wirausahawan, berarti kita turut berjasa dan memberi manfaat bagi orang lain. Lapangan kerja yang diciptakan oleh seorang entrepeneur dapat menyokong dan memperbaiki perekonomian banyak orang, bahkan negara.

Bagaimana kalau entrepreneurship bukan jalan ninjamu? Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis juga bisa bekerja dan membangun karier pada bidang yang diminatinya. Prospek kerja Manajemen Bisnis biasanya terkait dengan jenjang pendidikan dan gelar yang diperolehnya. Selain bekerja di sektor swasta, lulusan Jurusan Manajemen Bisnis juga dibutuhkan di berbagai institusi pemerintah. Seiring waktu, profesionalitas kerjamu kelak dapat mengantarkanmu menjadi seorang marketing executive, risk manager, maupun project manager.

 

Kuliah Manajemen Bisnis di Kampus Terbaikmu

kuliah manajemen bisnis
Photo by PHUOC LE on Unsplash

So, inikah jurusan kuliahmu? Pertimbangkan baik-baik sebelum memilih jurusan kuliah ya, Sobat Pintar. Always take your time, dan gunakan Tes Penjurusan bila perlu.

Kepoin juga kampus incaranmu, pelajari peluang masuk dan kurikulum Prodi Manajemen Bisnis di kampus tersebut. Di ITS, misalnya, Prodi Manajemen Bisnis diminati oleh 931 peserta SBMPTN 2021 dengan daya tampung 36 kursi saja. By the way, ITS enggak punya Fakultas Manajemen Bisnis, Sobat. Prodi Manajemen Bisnis ITS berada di Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital.

Kalau Jurusan Manajemen Bisnis incaranmu, ada di fakultas apa dan universitas mana, nih? Spill sini, dong.

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet