APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Multimedia, dari Sekolah sampai Kuliah – Kepo Dulu, Baru Buru

Multimedia bisa dipelajari sejak di bangku sekolah hingga kuliah.

kuliah jurusan multimedia, Photo by Onur Binay on Unsplash

Tahukah Sobat, kalau kuliah Jurusan Multimedia itu ada banyak ragamnya? Mulai dari jenjang pendidikannya, perkuliahannya, sampai prospek kerjanya pun bermacam-macam. Menarik, bukan? Makanya, kepoin lebih banyak tentang multimedia di sini, yuk!

 

Multimedia, Belajar Apa?

jurusan multimedia kerja apa
Photo by Onur Binay on Unsplash

Mengacu pada KBBI, pengertian multimedia adalah penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan teks. Multimedia merupakan gabungan lebih dari satu media yang digunakan untuk menyampaikan atau memberikan informasi. Contoh multimedia mencakup animasi, musik, video, foto, gambar, maupun teks.

Belajar multimedia itu bisa dilakukan sejak sekolah. Iya, Sobat. Multimedia merupakan salah satu Kompetensi Keahlian di SMK, pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika, Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Nah, kalau bertanya Jurusan Multimedia ngapain aja, jawabannya akan sangat tergantung di mana dan berapa lama kita belajar multimedia.

Jurusan Multimedia adalah salah satu jurusan di SMK yang mempelajari tentang penggunaan komputer. Belajar multimedia di SMK berarti kita belajar bagaimana menyajikan data dalam bentuk suara, animasi, teks, gambar, maupun video. Materi Jurusan Multimedia di SMK mengharuskan kita menggunakan berbagai macam tools, seperti Adobe After Effect, CorelDraw, Freehand, Adobe Photoshop, atau yang lain.

Mata pelajaran SMK Multimedia antara lain Simulasi dan Komunikasi Digital, Sistem Komputer, Komputer dan Jaringan Dasar, Pemrograman Dasar, Dasar Desain Grafis, Desain Grafis Percetakan, Desain Media Interaktif, Animasi 2D dan 3D, Teknik Pengolahan Audio dan Video, dan masih banyak lagi.

Belajar multimedia di sekolah dan di universitas tentu tak sama. Sebagian mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa yang kuliah Jurusan Multimedia antara lain:

Matematika Komputer

Algoritma dan Pemrograman

Matematika Diskret

Sistem Operasi

Aljabar Linear

Database

Struktur Data

Statistik

Rekayasa Perangkat Lunak

Aplikasi Komputer Grafis

Metode Numerik

Jaringan Komputer

Video Digital

Animasi 3D

 

Kuliah Multimedia, di Mana?


Photo by Pixabay on Pexels

Belajar di Jurusan Multimedia SMK membutuhkan waktu tiga tahun, sedangkan lama pendidikan di universitas tergantung program apa yang dipilih. Yuk, disimak mana saja universitas yang ada Jurusan Multimedia pada berbagai jenjang berikut ini, Sobat.

Program DIII Komputer Multimedia, Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional, atau Teknologi Multimedia dan Broadcasting, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, membutuhkan waktu tiga tahun. Program DIV, dengan waktu belajar empat tahun, menawarkan pilihan yang lebih beragam lagi, Sobat.

- Teknologi Rekayasa Multimedia, Universitas Telkom

- Teknologi Informatika Multimedia Digital, Politeknik Negeri Sriwijaya

- Teknik Multimedia Digital, Politeknik Negeri Jakarta

- Teknik Informatika Multimedia, Politeknik Negeri Samarinda

- Teknik Multimedia dan Jaringan, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Jakarta, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang

- Teknik Multimedia, Politeknik Negeri Sambas

- Broadband Multimedia, Politeknik Negeri Jakarta

- Komputer Multimedia, Universitas Dinamika.

Ingin belajar multimedia di jenjang Sarjana? Ada beberapa pilihan seperti Pendidikan Multimedia Kampus Cibiru, Universitas Pendidikan Indonesia, atau Teknik Multimedia dan Jaringan, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso.

 

Lulusan Multimedia, Kerja Apa?


Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini, teknik pemasaran pun semakin beragam. Media digital terutama semakin digemari sehingga peluang kerja di bidang multimedia pun semakin terbuka, tak terbatas pada media cetak saja. Baik lulusan SMK, Politeknik, maupun universitas, lulusan Multimedia berpeluang untuk mengisi berbagai jenis lapangan kerja di bidang multimedia. Pertanyaannya bukan lagi lulusan Jurusan Multimedia kerja apa, Sobat. Melainkan, pekerjaan apa di bidang multimedia yang menarik minatmu?

Beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk Jurusan Multimedia misalnya web designer, graphic designer, animator, ilustrator, interactive media designer, game designer, game modeler, dan masih banyak lagi. Jika Sobat memiliki kemampuan programming dan suka design, profesi web designer mungkin menarik buatmu. Jika persepsi visual, imajinasi, dan jiwa senimu cukup menonjol, profesi graphic designer, animator, atau ilustrator mungkin lebih cocok. Tiga profesi terakhir ini membuatmu lebih banyak terlibat dalam desain publikasi, entah berupa kemasan produk, poster, video, game, bahkan website.

Nah, apakah kemampuan visualmu sekeren itu, Sobat? Atau, kemampuan matematismu yang lebih bagus? Jangan dikira-kira saja. Sebelum memilih jurusan kuliah yang terbaik buatmu, wajib kepo sama kemampuan diri sendiri dulu. Nggak sulit, kok. Ikuti saja Tes Kemampuan ini.

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog