redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Sistem Informasi: Bagaimana Kuliah dan Prospek Kerjanya?

Sistem Informasi adalah salah satu jurusan masa depan.

Jurusan Sistem Informasi, photo by fancycrave1 on pixabay

Adakah Sobat Pintar yang ingin kuliah Sistem Informasi? Setelah mengenal dunia teknologi sejak kecil, meskipun sekedar sebagai user, wajar saja jika kita tertarik bahkan penasaran dengan Teknologi Informasi. Apalagi, lulusan Sistem Informasi emang lagi high demand sih, Sobat! Nah, nggak ada ruginya dong, kalau kita "pedekate" sama jurusan ini?

 

Tentang Sistem Informasi, Apa Itu?

Sistem Informasi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang cara membuat serta mengoperasikan perangkat lunak dan keras untuk beriteraksi dengan data. Sistem informasi juga mencakup pengumpulan, penyaringan, dan pendistribusian data.

Why does it sound like IT or programming? Memang benar, Sobat. Ngebahas tentang Sistem Informasi berarti kita juga ngebahas tentang Ilmu Komputer. Tapi Sistem Informasi itu nggak sama dengan Teknik Informatika, ya!

 

Apa yang Dipelajari di Sistem Informasi?

Justru di Jurusan Sistem Informasi kita belajar tak hanya Ilmu Komputer, tapi juga Bisnis dan Ekonomi Manajemen. Iya, Sobat. Kuliah Sistem Informasi itu nggak cuma belajar tentang programming, tapi kita juga belajar tentang ilmu bisnis. Seru nggak, sih?

Yuk deh, kita intip sebagian mata kuliah Sistem Informasi ini:

- Perencanaan Sumber Daya Perusahaan

- Manajemen Proyek Teknologi Informasi

- Manajemen Pengadaan dan Investasi Teknologi Informasi

- Manajemen Risiko Teknologi Informasi

- Keamanan Aset Informasi

- Analisis dan Desain Perangkat Lunak

- Desain dan Manajemen Jaringan Komputer

- Desain dan Manajemen Proses Bisnis

- Bahasa Pemrograman

- Sistem dan Teknologi Informasi

Nah, keliatan kan, kalau mata kuliah Sistem Informasi itu mencakup programming dan bisnis? Pastinya, masih banyak mata kuliah Sistem Informasi yang lain, yang akan kita pelajari selama kuliah di jurusan ini. Then... kuliahnya di mana, sih?

 

Di Mana Kuliah Sistem Informasi?

Sudah tahu apa yang dipelajari di Sistem Informasi. Then, here comes, pertanyaan berikutnya tentang Sistem Informasi. Di mana sih, kampus yang memiliki Jurusan atau Program Studi Informasi?

Kampus-kampus negeri dengan Jurusan Sistem Informasi antara lain:

- Universitas Indonesia

- Universitas Brawijaya

- Institut Teknologi Sepuluh Nopember

- UIN Syarif Hidayatullah

- Universitas Airlangga, dll.

Beberapa kampus swasta dengan Jurusan Sistem Informasi yaitu:

- Universitas Gunadarma

- Universitas Kristen Satya Wacana

- Universitas Telkom

- Universitas Bina Nusantara

- Universitas Tarumanagara

- Universitas Dian Nuswantoro, dll.

Iya, ada banyak pilihan kampus, baik negeri maupun swasta, jika Sobat Pintar ingin kuliah Sistem Informasi. Selain pada program Sarjana, kita juga bisa kuliah Sistem Informasi pada program Diploma, lho. D3 Sistem Informasi, misalnya, dapat dijumpai di Universitas Telkom.

 

Bagaimana Prospek Kerja Sistem Informasi?

Sudah banyak yang kita ketahui tentang Sistem Informasi. Lantas, bagaimana prospek kerja Sistem Informasi? Do you want a straight answer for the question? If you do, then, the answer is great!

Berkat ilmu tentang Sistem Informasi yang dipelajarinya, lulusan Sistem Informasi punya kemampuan untuk mendesain sistem yang sesuai dengan tujuan, kebutuhan, proses, dan bisnis perusahaan atau klien. Dengan kata lain, lulusan Sistem Informasi memiliki kemampuan untuk memahami sistem Teknologi Informasi yang diinginkan oleh perusahaan atau klien.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan perusahaan atau klien tersebut, maka lulusan Sistem Informasi mengembangkan perangkat yang dibutuhkan. Definitely, prospek kerja Sistem Informasi itu luas banget!

Beberapa profesi di bidang Sistem Informasi adalah:

- System Analyst

- Software Engineer

- IT Consultant

- Database Administrator, dll.

 

Apakah Sistem Informasi adalah Jurusan yang Tepat Untukmu?

Mata kuliah Sistem Informasi memang menarik. Jurusan Sistem Informasi juga ada di berbagai kampus, baik negeri maupun swasta.

Udah gitu, prospek kerja Sistem Informasi bakalan dibutuhkan banget ke depannya. Jadi, butuh alasan apa lagi untuk memilih jurusan ini, Sobat?

Ehm... wait. Sebenarnya Jurusan Sistem Informasi cocoknya buat Sobat yang ingin belajar dan bekerja di bidang Teknologi Informasi, tapi tak terlalu terlibat dalam programming.

Malahan, kuliah Sistem Informasi itu bikin Sobat dapet ilmu tentang manajemen dan bisnis. Ketika bekerja nanti, bidang ini akan membuatmu terlibat dengan banyak orang. Maka, keterampilan komunikasi yang baik akan sangat dibutuhkan.

Now, do you have it all, Sobat Pintar? Yang pasti-pasti aja, deh. Cobain dulu Tes Penjurusan, dan pastikan apakah Sobat memang cocok kuliah Sistem Informasi.

70

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet