APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Statistika: Ketahui tentang Kuliahnya dan Peluangnya

Penting untuk mengetahui alternatif dan prospek kuliah Statistika.

Jurusan Statistika, photo by Burak K on Pexels

Kuliah Statistika itu seperti apa, sih? Di mana pula kuliahnya? Dan bagaimana dengan peluang kerjanya nanti setelah lulus? Nah, kalau Sobat Pintar tertarik dengan jurusan kuliah ini, lanjut baca, deh. Semua yang Sobat mau tahu tentang kuliah Statistika ada di sini.

 

Deskripsi Jurusan Statistika

Photo by Anna Tarazevich on Pexels

Statistika, boleh dibilang, cabang dari Matematika. Kalau kuliah di Jurusan Matematika itu membuat kita ketemu dengan banyak angka, begitu pula mahasiswa yang kuliah Statistika. Bedanya, Statistika cenderung lebih terfokus pada data serta pengolahannya.

tes pemilihan jurusan kuliah
 

Apakah kamu suka Matematika, Sobat Pintar? Kalau jawabanmu iya, kuliah di Jurusan Statistika mungkin pilihan yang menarik. Namun tunggu dulu, jangan buru-buru. Gunakan Minat Pintar untuk memastikan pilihan jurusan kuliahmu. Siapa tahu, barangkali kamu bakal mendapatkan rekomendasi pilihan jurusan-jurusan kuliah yang lain juga.

 

Pengetahuan dan Keahlian Jurusan Statistika

Photo by Ioan F on Unsplash

Kuliah Statistika artinya kita belajar tentang pengumpulan, penggolongan, analisis, interpretasi, hingga presentasi data. Data statistik yang dihasilkan atau dipresentasikan harus mudah dipahami. Pasalnya, informasi yang yang diperoleh dari presentasi data tersebut akan digunakan untuk berbagai kepentingan, terutama untuk pengambilan keputusan.

Karena masih menjadi bagian dari Matematika, pemahaman Matematika yang baik mutlak diperlukan kalau Sobat Pintar ingin survive di Jurusan Statistika. Namun jagoan Matematika saja tak cukup. Kita juga harus punya kemampuan organisasi dan analisis data. Bahkan jika perlu, mahasiswa yang kuliah Statistika juga harus belajar programming!

Karena data yang diolah harus dipresentasikan, kemampuan komunikasi anak Statistika juga harus baik. Pula, mahasiswa yang kuliah Statistika itu rata-rata adalah sosok problem solver yang keren. Kok bisa?

Iya, dong. Bukankah hasil akhir data yang diolah itu akan digunakan untuk mengambil keputusan? Misalnya, perusahaan mengeluarkan produk baru, pemerintah menetapkan kebijakan baru, dan lain sebagainya. Maka, peran pengolahan data itu sendiri sudah menjadi bagian problem solving yang cukup penting. Keren, kan?

 

Kuliah Jurusan Statistika

Photo by Lukas on Pexels

Pertanyaannya, kita harus keren dulu baru bisa kuliah Statistika atau jadi keren gara-gara kuliah Statistika? Tenang, Sobat Pintar. Kita nggak harus keren dulu agar bisa menjadi mahasiswa Jurusan Statistika. Yup! Kemampuan dan keahlian di atas akan kita pelajari selama kuliah Statistika.

Coba lihat, deh. Mata kuliah Statistika berikut ini bakal membuatmu menjadi seorang statistisi yang keren:

- Metode Statistika

- Aljabar Linier Elementer

- Logika dan Teori Bilangan

- Matematika Keuangan

- Algoritma dan Perangkat Lunak Statistika

- Statistiika Matematika

- Teori Matriks Matematika

- Teknik Sampling

- Proses Stokastik

- Rancangan Percobaan

- Runtun Waktu

- Matematika Aktuaria

- Analisis Data Kuantiatatif

- Metode Peramalan Statistika

- Statistika Genom

- Analisis Multivariat, dll.

Mata kuliah Statistika antara satu kampus dengan kampus lainnya tidak selalu sama persis. Bahkan, peminatan Jurusan Statistika juga bukan suatu keharusan. Ada kampus yang membuka peminatan kuliah Statistika seperti Universitas Gadjah Mada (Aktuaria, Biostatistika, Bisnis dan Industri, serta Keuangan), namun ada juga Jurusan Statistika tanpa peminatan.

 

Prospek Kerja, Profesi, dan Karier Lulusan Statistika

Photo by George Morina on Pexels

Setelah belajar seabreg mata kuliah Statistika di atas, apa sih, yang akan kita kerjakan setelah lulus kuliah Statistika nanti? Banyak banget, Sobat!

Setelah kuliah Statistika, seorang statistisi bisa berprofesi sebagai analis kontrol kualitas, analis riset pasar, spesialis pemasaran, peneliti survei, ahli biostatistik, ahli statistik, aktuaria, analis riset operasional, analis anggaran, hingga menjadi seorang spesialis atau ahli matematika. Profesi-profesi ini bisa dijumpai di Kementerian Informasi dan Teknologi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Badan Pusat Statistik, perusahaan swasta maupun BUMN, lembaga survei, hingga perbankan.

Dengan kata lain, prospek kerja Statistika itu cukup luas, baik di sektor swasta maupun di lembaga pemerintahan. Mulai dari bidang keuangan, manufaktur, hingga teknologi, seluruhnya menawarkan peluang kerja Statistik.

 

Universitas dengan Jurusan Statistika

Photo by Olya Kobruseva on Pexels

So, di manakah kita bisa kuliah Statistika? Kalau ini jurusan incaranmu, harus banget nih, tahu kampus-kampus mana saja dengan Jurusan Statistika terbaik di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu:

- Universitas Gadjah Mada

- Institut Pertanian Bogor

- Universitas Islam Indonesia

- Institut Teknologi Sepuluh Nopember

- Universitas Brawijaya

- Universitas Airlangga

- Universitas Diponegoro

- Universitas Hasanuddin

- Universitas Padjadjaran

Melihat daftar Jurusan Statistika terbaik di Indonesia di atas, kita bisa berkesimpulan bahwa kuliah Statistika itu bisa di universitas swasta, kok. Walaupun begitu, kampus-kampus terbaik untuk kuliah Statistika masih didominasi oleh universitas-univertas negeri.

Jangan lupa, Sobat Pintar. Ada Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), sebuah Sekolah Kedinasan, yang bisa menjadi salah satu alternatif kuliah Statistika. Jurusan Statistika di STIS berada pada jenjang D3 dan D4.

Statistika menawarkan peluang dan kemungkinan yang sangat terbuka, bukan? Jadi, sudah memutuskan untuk kuliah Statistika di mana, Sobat?

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog