redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Teknik Informatika: Incaran Peminat Coding dan Komputer

Salah satu tips penting kuasai teknologi 2021-2022 adalah dengan memahami seluk-beluk pemrograman.

Jurusan Teknik Informatika, image credit cottonbro

Teknik Informatika sering menjadi jawaban ketika muncul pertanyaan tentang cita-cita jurusan kuliah. Bagaimana denganmu, Sobat? Apa yang sudah Sobat Pintar ketahui tentang Jurusan Teknik Informatika? Tepatkah memilih jurusan ini agar masa depanmu lebih cerah? Ayo cari tahu lebih banyak tentang jurusan ini!

 

Teknik Informatika, Jurusan Pilihan Generasi yang Tech Savvy

Photo by Free-Photos on Pixabay

Gen Z yang terlahir dengan gadget di tangan tentu tak mengenal istilah gagap teknologi (gaptek). Itulah sebabnya, Teknik Informatika terasa lebih dekat denganmu ketimbang dengan generasi orang tuamu, misalnya. Alih-alih sebagai user, Teknik Informatika menempamu untuk aktif menjadi creator. Di jurusan ini kita belajar tentang bagaimana mengembangkan sebuah sistem, software, program, bahkan game!

Yup! Salah satu ilmu yang dipelajari oleh seorang game developer adalah Teknik Informatika. Puluhan tahun silam profesi game developer mungkin belum dikenal – atau bahkan mungkin belum ada. Namun Teknik Informatika telah menghasilkan profesi-profesi kekinian dengan skill yang terkait erat dengan perkembangan teknologi.

 

Belajar dengan Logika Matematika yang Kuat di Jurusan Teknik Informatika

Photo by George Becker on Pexels

Ingin menjadi seorang game developer atau AI developer? Ada proses yang harus dilalui, Sobat. Yang pasti, selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika, kita akan belajar tentang bahasa pemrograman (coding), teknologi jaringan komputer, pengembangan perangkat lunak, dan masih banyak lagi.

Obviously, Teknik Informatika bukan jurusan buat Sobat Pintar yang tak punya minat dengan perkembangan teknologi. Apa yang nge-hype hari ini belum tentu akan tetap bikin geger esok hari. Jadi, kudu mau terus-terusan updated dengan perkembangan terbaru di dunia teknologi.

Pula, jangan sekali-kali memilih Jurusan Teknik Informatika semata-mata karena dorongan orang tua. Bakalan nyesel nanti! Sedari kuliah hingga bekerja, segala sesuatu tentang Informatika, khususnya coding, bakal membuatmu berjam-jam memeras otak dan duduk di depan komputer. Kalau nggak melakukannya karena suka dan enjoy, Sobat Pintar bakal tersiksa, deh.

Belum lagi, mata kuliah Jurusan Teknik Informatika yang super serius. Mata kuliah Teknik Informatika ITB, misalnya, mencakup Matematika, Fisika, Aljabar Linier, dan lain-lain. Asal Sobat tahu, bahasa pemrograman di Teknik Informatika itu beda jauh sama Bahasa Prancis atau Bahasa Jerman, ya!

Bahasa pemrograman atau coding justru mensyaratkan logika dan Matematika yang kuat. Kalau di ITB, seperti telah disebutkan di atas, kita belajar Matematika dan Aljabar Linier sebelum belajar lebih jauh tentang bahasa pemrograman. Sedangkan di UI, ada mata kuliah AI, Jaringan Komputer, Pemrograman, Matematika Diskret, dan berbagai mata kuliah lain meskipun nama jurusan ini bukan Teknik Informatika.

Ehm... wait. Mata kuliahnya mirip-mirip, tapi nama jurusannya berbeda? Kok bisa?

 

Teknik Informatika, yang Terkadang Disalahpahami

Photo by CatintheBox on Pixabay

Teknik Informatika memang memiliki banyak nama lain, Sobat. Jurusan ini dikenal juga sebagai Ilmu Komputasi, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, bahkan Ilmu Komputer seperti di UI. Pada umumnya, masing-masing jurusan tidak sama persis – sebagaimana Ilmu Komputer UI berbeda dari Teknik Informatika UTB.

Tak hanya nama yang beragam – dan boleh jadi memusingkan. Jurusan Teknik Informatika terkadang dianggap sama dengan Sistem Informasi. Padahal keduanya berbeda, Sobat!

 

Persiapkan Kuliahmu di Jurusan Teknik Informatika

Photo by Lum3n on Pexels

Now here comes a very important question: is this study for you? Selain logika yang kuat, Jurusan Teknik Informatika pun memerlukan karakter yang teliti, tekun, dan kreatif. Jika Sobat Pintar sudah berada dikelas IPA, logikamu akan terus terasah dan semakin tajam. Tapi yang tak boleh ketinggalan, kembangkan juga kreativitasmu, Sobat!

Satu yang pasti: memilih kuliah di Jurusan Teknik Informatika dilakukan karena sesuai dengan bakat dan minat. Jurusan ini memang tengah digemari, tapi pilihan masa depan kita tidak harus disamakan dengan orang lain, bukan? Jika perlu, Sobat Pintar dapat menggunakan Tes Penjurusan untuk memastikan pilihan jurusan kuliahmu.

 

Kampus-Kampus Terbaik Kuliah Teknik Informatika

Photo by Katerina Holmes on Pexels

Tingginya minat pada Teknik Informatika mendorong kampus-kampus membuka jurusan ini. Dengan begitu, pilihan kuliahmu juga semakin banyak, Sobat! Ingin tahu daftar universitas Jurusan Teknik Informatika akreditasi A? Jurusan Teknik Informatika dengan akreditasi A dan Unggul berada di:

1. Universitas Padjadjaran

Gedung kuliah Jurusan Teknik Informatika Universitas Padjadjaran dikenal sebagai Gedung Biru (Gedung PPBS). Jurusan TI Unpad pun memiliki kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Microsoft, Oracle, University of Skovde Swedia, Cambodia Institute of Technology, Universitas Duissburg Essen, maupun Universitas Pendidikan Ganesha.

2. Universitas Hasanuddin

TI Unhas berdiri pada 13 Maret 2008. Ada memiliiki tiga kelompok bidang keahlian di Jurusan Teknik Informatika Universitas Hasanuddin, yaitu IoT and Parallel Computing, Artificial Intelligence and Multimedia Processing, dan Cloud Computing and Internet Engineering.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Profil lulusan yang di-highlight oleh TI UIN Sunan Kalijaga yaitu Software Engineer, Database Administrator, Network Service Supervisor, dan System Programmer. Kualifikasi ini didukung oleh lima laboratorium selama kuliah, yaitu untuk Sistem Informasi, Sistem dan Jaringan Komputer, Sistem Cerdas, Basis Data dan Multimedia, serta Rekayasa Perangkat Lunak.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Ada delapan program keahlian di TI ITS, yaitu Computing and Vision Network (KCV), Network-Based Computing (KBJ), Software Engineering (RPL), Basic and Applied Computing (DTK), Architecture and Computer Networking (AJK), Algorithms and Programming (AP), Interaction, Graphics and Art (IGS), dan Information Management (IM). ITS juga menyelenggarakan program Double Degree di Jurusan Teknik Informatika berkat kerja samanya dengan The University of Queensland, University of Newcastle, dan Fontys University.

5. Institut Teknologi Bandung

Sejarah panjang TI ITB sudah bermula sejak tahun 1968. Namun Jurusan Teknik Informatika sendiri dibuka pada tahun 1982. Prospek kerja alumni TI ITB meliputi Software Engineer, System Analyst, System Integrator, konsultaan IT, Database Engineer, Web Engineer, Data Communication Engineer, Programmer, Software Tester, Game Developer, dan Intelligent System Developer.

Selain di PTN, Teknik Informatika pun ada di PTS-PTS ternama. Di manapun Sobat Pintar belajar nantinya, yang tak kalah penting adalah semangatmu belajar dan menimba ilmu di kampus.

 

Peluang Kerja Jurusan Teknik Informatika yang Tak Terbatas

Photo by Christina on Unsplash

Semakin hari, rasanya tak ada satu pun sisi kehidupan kita yang tak terpengaruh oleh teknologi. Maka dari itu, peluang kerja Jurusan Teknik Informatika boleh dikata tak terbatas.

And yes, profesi-profesi alumni Jurusan Teknik Informatika sudah disebutkan di atas, seperti Software Engineer, Database Engineer/ Database Administrator, dan masih banyak lagi. Menariknya, profesi di bidang TI itu cukup fluid. Apalagi kalau Sobat nanti memiliki beberapa sertifikasi sekaligus.

Ada beberapa program sertifikasi yang dikenal di bidang IT. Beberapa diantaranya yaitu ACE Creative Suite Master, Certified Macromedia Flash MX Developer, Certified Internet Webmaster (CIW), Certified CodFusion MX Developer, Oracle Certified DBA Professional, Certified Dreamweaver MX, Sun Cerfitied Programmer, maupun Developer Microsoft Certified System Developer (MCSD).

Dan yang lebih menarik lagi, keahlian yang telah dipelajari di Jurusan Teknik Informatika dapat membuka peluangmu untuk berwirausaha (entrepreneurship). Who knows, barangkali Sobat Pintar nanti akan merintis sebuah start up di bidang TI? Bukankah peluang tak terbatas seperti ini menarik untuk digali, Sobat?

3
60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
test ">
00
">
00
">
00

CssBlog

metablog-web Portlet