APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan yang Tak Diperuntukkan Bagi Semua Orang: Fotografi

Ilmu tentang fotografi dapat dipelajari di bangku kuliah.

photo via www.pexels.com

"Apa? Fotografi aja pake kuliah segala?" Kalau kamu mengajukan permintaan kuliah di Jurusan Fotografi, bisa jadi respon tersebut yang akan diberikan oleh kebanyakan orang tua. Wajar sih, karena kebanyakan orang juga belajar tentang skill cekrak-cekrek ini secara otodidak. Bahkan kalau kuliah di jurusan lainpun, kamu masih bisa mengikuti UKM Fotografi di kampus atau klup-klup fotografi diluar sana. Jadi, kenapa musti kuliah di Jurusan Fotografi?

 

Kuliah Apa? Fotografi!

Salah besar bila fotografi dikasih embel-embel "saja" atau "doang" dibelakangnya. Fotografi sebenarnya memiliki ragam keahlian. Misalnya, fotografi komersial yang mengaplikasikan inovasi dan kreativitas fotografi secara profesional. Masih ada pula fotografi ekspresi yang lebih menekankan pada aspek seni dan ekspresi pribadi. Kamu familiar dengan istilah fotografi jurnalistik? Fotogafi ini bertitik berat pada bidang foto jurnalistik yang profesional dan beretika yang dikerjakan oleh fotografer jurnalistik. Iya, tak hanya bidang keahlian fotografi yang beragam, profesi fotografer juga bermacam-macam, seperti fotografer produk, fotografer fashion, event photographer, dan lain sebagainya.

Kuliah fotografi akan melatihmu untuk lebih peka pada sekitar dan lantas menghasilkan karya seni yang artistik. Bertolak belakang dari kepercayaan umum bahwa dibutuhkan bakat untuk memegang kamera, kuliah fotografi memberimu kerangka belajar yang terstruktur rapi. Kamu akan belajar dari nol di Jurusan Fotografi, mulai dari warna, komposisi, form, fundamental design, hingga berkenalan dengan setting aperture, shutter speed, fokus, dan berbagai hal operasional lain. Kamu juga akan belajar menggunakan kamera analog serta serba-serbi teknik fotografi.

Kuliah di Jurusan Fotografi juga mengharuskanmu siap menghabiskan lebih banyak waktu untuk kerja praktek atau berada di studio. Karenanya, tak hanya dibutuhkan kecintaan pada fotografi, namun juga kemampuan untuk bekerja mandiri serta minat yang tinggi pada teknologi, science, dan seni. Kamu juga harus memperhatikan banyak hal secara detail serta memiliki ide-ide yang brilian, kegigihan, inisiatif, dan kreativitas. Selain itu, pendidikan formal tentang fotografi akan memberimu sebuah gelar dan sertifikat fotografer profesional.

Bila kamu memiliki karakter seperti yang telah disebutkan di atas, atau memiliki kebutuhan skill fotografi yang sekiranya bisa kamu peroleh di dibangku kuliah, berikut ini universitas-universitas dengan Jurusan Fotografi yang bisa kamu pilih:

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Institut Seni Indonesia Surakarta

Universitas Trisakti

Institut Kesenian Jakarta

Universitas Pasundan

Sekolah Tinggi Desain La Salle

 

Prospek Kerja

Banyak instansi pemerintah maupun perusahaan yang membutuhkan tenaga dokumentasi untuk promosi, produk, atau yang lainnya. Meskipun demikian, sebagian besar fotografer bekerja lepas atau mendirikan studio sendiri. Dan seperti telah disebutkan sebelumnya, berikut ini beberapa profesi fotografer selepas kuliah di Jurusan Fotografi:

Freelance Photographer

Photojournalist

Fine Art Photographer

Fashion Photographer

Event Photographer

Wedding Photographer

Product Photographer

Commercial Photographer

Industrial Photographer

Digital Image Technician

Teknisi Perlengkapan Kamera dan Fotografi

Operator kamera Televisi, Video, Film

Editor Film dan Video

Kurator Seni

Content Creator

Digital Creative Group Head

 

Jadi, fotografi bukan sekedar jepret kamera, ya! Fotografi membantu menyampaikan pesan atau cerita dari gambar diam yang kamu hasilkan. Fotografi memberimu skill yang diperlukan, melalui teknik pengambilan gambar dengan komposisi, momen, dan pencahayaan yang tepat, hingga kamu bisa menghasilkan foto yang bagus dan bernilai seni tinggi.

Masih bingung jawabnya kenapa perlu kuliah untuk jadi fotografer? Tanya balik, kenapa musti kuliah bisnis kalau mau jadi entrepreneur.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog