redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan yang Tidak Boleh Buta Warna – Pilihanmu Ada dalam Daftar Ini?

Beberapa jurusan kuliah tertentu tidak menerima calon mahasiswa dengan kondisi mata buta warna.

jurusan kuliah yang tidak boleh buta warna, photo by Kindel Media on Pexels

Selain IPA atau IPS, lintas jurusan atau tidak, ternyata kondisi mata buta warna menjadi faktor lain yang turut menentukan jurusan kuliah apa saja yang bisa kita pilih. Ada beberapa jurusan kuliah yang tidak menerima calon mahasiswa dengan gangguan mata buta warna. Kenapa harus begitu, sih? Kok kayaknya nggak fair?

Well, it's not about being fair, Sobat Pintar. Ada alasan tertentu kenapa ada jurusan-jurusan kuliah yang tidak menerima calon mahasiswa dengan mata buta warna. Mau tahu alasannya? Apakah ada celah bagi penderita buta warna untuk memilih jurusan kuliah yang tidak boleh buta warna? Oke, kita kepoin bareng-bareng, yuk.

 

Buta Warna Itu Bagaimana?

In order that we're on the same page, let's get to know about color blindness. First thing first, kita cari tahu dulu apa definisi buta warna, kemudian ciri-ciri buta warna.

Dikutip dari Alodokter, buta warna adalah gangguan penglihatan yang ditandai dengan ketidakmampuan untuk melihat atau membedakan warna tertentu. Jika seseorang yang tak buta warna melihat warna merah, seseorang dengan mata buta warna akan melihatnya berwarna lain, entah kuning, biru, hijau, atau yang lain. Perbedaan persepsi warna seperti ini sering diterjemahkan sebagai ciri-ciri buta warna parsial.

Kalau ada buta warna parsial, maka ada pula buta warna total. Seseorang dengan mata buta warna total tidak mampu melihat warna sama sekali. Yang tampak baginya hanyalah warna abu-abu.

©www.thefineryreport.com

Mengapa seseorang bisa mengalami buta warna total, sedangkan yang lain buta warna parsial? Jawabannya ada pada retina mata, Sobat. Di dalam retina ada tiga jenis sel kerucut yang masing-masing mendeteksi warna biru, hijau, dan merah. Informasi tersebut kemudian diteruskan ke otak. Jika salah satu sel kerucut tidak berfungsi atau hilang, otak tidak dapat memproses warna apa yang dilihat oleh mata.

 

Kenapa Tidak Buta Warna Menjadi Syarat?

Photo by bhuppigraphy on Pixabay

Seseorang dengan mata buta warna akan mengalami hambatan untuk kuliah di jurusan tertentu, bahkan menjalani profesi tertentu. Selain jurusan kuliah, ada beberapa pekerjaan yang tidak boleh buta warna. Dokter, pilot, tentara, dan polisi adalah contoh beberapa pekerjaan yang tidak boleh buta warna.

Sobat Pintar tentu bisa menebak, pekerjaan-pekerjaan di atas terkait erat dengan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Bisa bahaya banget kan, kalau dokter bedah buta warna, misalnya? Atau, coba bayangkan deh, Sobat Pintar mau menumpang pesawat dengan pilot yang tak bisa membedakan warna merah dan hijau di panel kontrol?

Itulah sebabnya ada persyaratan tes buta warna sebelum mendaftar masuk kuliah di jurusan tertentu – atau melamar pekerjaan tertentu seperti contoh di atas. Setelah mengikuti tes buta warna, kita akan memperoleh surat keterangan tidak buta warna. Surat keterangan inilah yang nantinya harus kita serahkan pada pihak kampus saat penerimaan mahasiswa baru.

 

Jurusan-Jurusan Kuliah Apa Saja yang Tak Boleh Buta Warna?

mata buta warna

Photo by Angela Roma on Pexels

Lantas, apa saja jurusan kuliah yang tidak boleh buta warna? Di bawah ini adalah daftar jurusan kuliah yang tidak boleh buta warna total dan parsial:

1. Agroekoteknologi

2. Teknik Sipil

3. Teknik Elektro

4. Arsitektur

5. Teknik Industri

6. Teknik Kimia

7. Kedokteran

8. Ilmu Keperawatan

9. Ilmu Gizi

10. Farmasi

11. Kebidanan

12. Teknologi Hasil Perikanan

13. Kimia

14. Biologi

15. Instrumentasi

16. Kedokteran Hewan

17. Kedokteran Gigi

18. Teknik Komputer

19. Ilmu Perpustakaan

20. Budidaya Perairan

21. Akuakultur

22. Ilmu Kelautan

23. Manajemen Sumber Daya Perikanan

24. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

25. Seni Rupa Murni

26. Fisioterapi

27. Okupasi Terapi

28. Geografi

29. Matematika

30. Arsitektur Interior

31. Teknik Metalurgi dan Material

32. Teknik Perkapalan

33. Kesehatan Masyarakat

34. Studi Gizi

35. Ilmu Tanah

36. Penyuluhan Pertanian

37. Ilmu Biomedis

38. Teknologi Hasil Pertanian

39. Sistem Komputer

Ada pula beberapa jurusan kuliah untuk buta warna parsial. Artinya, Sobat Pintar dengan mata buta warna parsial masih bisa memilih jurusan-jurusan ini. Daftar jurusan kuliah untuk buta warna parsial yaitu:

1. Teknik Pengairan

2. Perencanaan Wilayah dan Kota

3. Ilmu dan Teknologi Pangan

4. Bioteknologi

5. Keteknikan Pertanian

6. Teknologi Industri Pertanian

7. Teknik Informatika

8. Teknologi Informasi

9. Agrobisnis Perikanan

10. Sosial Ekonomi Perikanan

Surat keterangan tidak buta warna boleh jadi disyaratkan di satu kampus, namun tidak di kampus lain. Misalnya, Universitas Indonesia mensyaratkan calon mahasiswa tidak buta warna total maupun parsial untuk Jurusan Teknik Bioproses. Sedangkan Universitas Brawijaya mensyaratkan calon mahasiswa tidak buta warna parsial untuk jurusan yang sama. So, always check and recheck before deciding your option, Sobat Pintar.

 

 

 

Sumber:
www.alodokter.com
10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet