APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kampus Swasta di Jabodetabek: Manakah Pilihan Terbaik Untukmu?

Dengan bersikap cermat dan cerdas dalam memilih, kuliah di kampus swasta dapat melejitkan potensi dan kemampuanmu.

PTS di Jakarta, photo by cottonbro on Pexels

Adakah Sobat Pintar yang lagi cari-cari kampus swasta di sekitaran Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek)? Sudahlah cakupan wilayahnya tak bisa dibilang kecil, pilihan kampusnya pun seabrek. Jadi harus pilih yang mana, nih? Kriteria apa saja yang mestinya kita pertimbangkan?

 

1. Pertimbangan Lokasi

Universitas di Jakarta

Photo by stux on Pixabay

Lokasi kampus memang bukan prioritas utama bagi sebagian orang. Namun bagi sebagian lagi, kuliah di perguruan tinggi swasta berarti ada keleluasaan untuk menentukan lokasi. Pastinya setiap orang punya alasannya masing-masing kenapa memilih lokasi kampus dekat rumah atau, sebaliknya, jauh dari rumah.

Sobat Pintar yang kebetulan tinggal di kawasan Jabodetabek boleh jadi mengincar salah satu univ swasta di dekat rumah karena faktor biaya hidup, terutama biaya kos. Lagipula, sekarang ini kita punya banyak pilihan universitas swasta di Jakarta dan sekitarnya dengan kualitas terbaik, seperti:

- Universitas Binawan
- Universitas Pelita Harapan
- Universitas Al Azhar Indonesia
- Universitas Bina Nusantara
- Universitas Mercu Buana
- Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
- STIKS Tarakanita
- Prasetiya Mulya University
- Universitas Sahid
- Institut Kesehatan Indonesia
- Universitas Pakuan
- President University
- Universitas Gunadharma
- Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
- STMA Trisakti
- PPM School of Management
- Business Institute Indonesia (BII)
- SAE Indonesia
- Universitas YARSI
- Matana University
- Lasalle College Jakarta
- Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bogor

 

2. Akreditasi Institusi dan Jurusan

universitas swasta di Jakarta

Photo by Diomari Madulara on Unsplash

Status akreditasi secara umum menunjukkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di suatu institusi. Akreditasi menjadi standardisasi mutu yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Beberapa lembaga pemerintah, bahkan perusahaan swasta, ada yang mensyaratkan akreditasi kampus dan/atau jurusan saat menyeleksi calon pegawai. Itulah sebabnya akreditasi masih menjadi salah satu kriteria penting jika kita ingin kuliah di universitas swasta terbaik di Indonesia.

Bagaimana cara mudah mengetahui akreditasi kampus dan jurusan incaran? Sobat Pintar dapat menggunakan fitur Cari Kampus untuk mengetahui akreditasi kampus dan jurusan incaranmu. Cara pencariannya pun mudah, bahkan dapat dikhususkan untuk mencari PTS di Jakarta dan sekitarnya.

 

3. Kesuksesan Alumni

kampus di Jakarta

Photo by Susanne Jutzeler on Pexels

Alumni bisa menjadi referensi, bahkan menginspirasi kita untuk memilih suatu jurusan maupun univ swasta tertentu. Perguruan tinggi swasta (maupun negeri) dengan alumni yang berprestasi cenderung memiliki mutu yang baik, entah pada perkuliahannya, jejaring alumninya, kerjasamanya dengan dunia industri, atau kegiatan kemahasiswaannya.

Bahkan, sekarang kita dapat melacak alumni dari berbagai kampus di kota-kota besar melalui internet. Banyak kampus di Jakarta, misalnya, sudah menyediakan informasi alumni di laman resminya. Kalau kebetulan Sobat Pintar sedang mencari mana saja universitas swasta terbaik di Jakarta, maka informasi mengenai alumni bisa menjadi salah satu indikator.

 

4. Fasilitas Kampus

universitas swasta terbaik di jakarta

Photo by Richard T on Unsplash

Fasilitas kampus juga penting, Sobat Pintar. Pada umumnya, universitas di Jakarta menawarkan fasilitas yang lebih lengkap ketimbang universitas-universitas di daerah. Dalam hal ini, faktor lokasi lagi-lagi turut berpengaruh meskipun bukan satu-satunya penentu.

Fasilitas kampus tak terbatas untuk kuliah, seperti ruang kelas dan berbagai perlengkapan di dalamnya. Akan tetapi, fasilitas kampus juga mencakup laboratorium untuk praktik, kelengkapan sarana untuk kegiatan atau organisasi mahasiswa, bahkan laman resmi yang bisa diakses dan selalu diperbarui juga merupakan bagian dari fasilitas kampus. Secara umum, kita memang lebih mudah mendapati fasilitas-fasilitas tersebut di berbagai kampus swasta di Jakarta dibandingkan di wilayah-wilayah lain.

 

5. Biaya Kuliah

universitas swasta terbaik di indonesia

Photo by Negative Space on Pexels

Biaya kulih yang tinggi sering diasoasikan dengan univ swasta. Bertahun-tahun yang lalu kuliah di perguruan tinggi swasta memang terhitung lebih mahal ketimbang kuliah di perguruan tinggi negeri. Namun seiring dengan berubahnya status badan hukum perguruan tinggi negeri, anggapan bahwa kuliah di univ swasta itu mahal sudah tidak lagi relevan.

Sobat Pintar bisa melihat kembali daftar kampus swasta di Jakarta di atas dan memeriksa biaya kuliah pada tiap-tiap kampus. Dari sekian universitas yang ada di Jakarta, kita pasti bisa menemukan beberapa kampus yang sesuai dengan ketersediaan biaya kuliah kita. Bahkan tak jarang pihak kampus dapat memberi keringanan biaya kuliah dengan skema tertentu sehingga kita bisa melanjutkan pendidikan dengan lancar. Jadi, jangan ragu menghubungi dan bertanya langsung kepada pihak kampus incaranmu ya, Sobat!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog