APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kedokteran Gigi: Lihat Peluang SBMPTN-mu pada 5 PTN Ini

Peluang lolos SBMPTN 2020 pada Jurusan Kedokteran Gigi cukup menantang.

Kedokteran Gig, image via www.une.edu

UTBK dan SBMPTN 2020 sudah di depan mata. Sudah siap dengan pilihan jurusanmu, Sobat? Bagaimana dengan Kedokteran Gigi? Jika menjadi seorang dokter gigi adalah cita-citamu sejak dulu, Jurusan Kedokteran Gigi di 5 PTN berikut ini patut diketahui, Sobat.

 

1. Universitas Airlangga

FKG Unair menjadi pionir Kedokteran Gigi dalam dunia akademik pendidikan tinggi di Indonesia. Terlahir pada tahun 1928, FKG Unair awalnya bernama STOVIT (School Tot Opleiding van Indische Tandartsen). Perubahan nama terus terjadi seiring perjalanan sejarah Indonesia, hingga nama Fakultas Kedokteran Gigi terlahir di Unair pada tahun 1954.

Kini, Kedokteran Gigi Unair telah terakreditasi A BAN-PT. Pada SBMPTN 2019, jurusan ini menerima 897 pendaftar. Untuk SBMPTN 2020, Kedokteran Gigi Unair akan menerima 54 saja calon mahasiswa baru.

 

2. Universitas Gadjah Mada

Kedokteran Gigi UGM juga telah mengantongi akreditasi A BAN-PT. Daya tampung SBMPTN 2020 Kedokteran Gigi UGM hanya 53 – tak terlampau jauh dari daya tampung Kedokteran Gigi Unair. Sementara itu, pendaftar Kedokteran Gigi UGM pada SBMPTN 2019 sebanyak 681 peserta.

Alumni Kedokteran Gigi UGM tersebar pada banyak bidang profesi, seperti dosen, peneliti, Pegawai Negeri, dan berbagai profesi lainnya diberagam industri pemerintah maupun swasta. Saat ini, FKG UGM memegang reputasi sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia.

 

3. Universitas Indonesia

Pendidikan Dokter Gigi UI memiliki kelihaian dalam menyeimbangkan antara Ilmu Kedokteran Gigi Klinis, metode pembelajaran yang aktif, dan Ilmu Kedokteran Gigi Dasar. Oleh karena itu, akreditasi A BAN-PT memang layak diraih oleh salah satu PTN tertua di Indonesia ini.

Dengan daya tampung SBMPTN 2020 yang hanya 36, persaingan masuk Pendidikan Dokter Gigi UI tak bisa dibilang mudah. Pendaftar SBMPTN 2019 memang hanya 512, tapi mereka adalah peserta UTBK 2019 dengan skor yang rata-rata cukup tinggi.

 

4. Universitas Padjadjaran

Pendidikan Dokter Gigi Unpad berdiri pada tahun 1959. Jurusan ini sudah membuka Kelas Internasional sejak tahun 2003. Pada tahun yang sama, Pendidikan Dokter Gigi Unpad juga mendirikan Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang dikembangkan dari Klinik Kerja Mahasiswa. Tak heran bila akreditasi A BAN-PT pun telah diperolehnya.

Bagaimana dengan ketetatan masuk jurusan ini pada jalur SBMPTN? Hanya ada 33 kuota calon mahasiswa baru Pendidikan Dokter Gigi Unpad pada SBMPTN 2020. Dengan peminat SBMPTN 2019 yang mencapai 959 peserta, perjuangan lolos seleksi dijurusan ini akan membutuhkan kerja keras, Sobat!

 

5. Universitas Sumatera Utara

Sebagai Pendidikan Dokter Gigi pertama di luar Jawa, jurusan ini berdiri pada tahun 1961. Saat ini, FKG USU terdiri dari 10 departemen, yaitu Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan/ Kesehatan Gigi Masyarakat, Ilmu Material dan Teknologi, Biologi Oral, Kesehatan Gigi Anak, Ilmu Penyakit Mulut, Periodonsia, Ilmu Konservasi Gigi, Ilmu Bedah Mulut, Prostodonsia, dan Ortodonti. FKG USU juga dilengkapi dengan beberapa UPT (Unit Pelaksana Teknis) dan satu Unit Radiologi Dental.

Pilihan yang patut dipertimbangkan di SBMPTN, Sobat? Daya tampung Pendidikan Dokter Gigi USU untuk SBMPTN 2020 sebesar 68 kursi dengan peminat pada SBMPTN 2019 sebanyak 1.140 peserta.

 

Selain kelima PTN diatas, Universitas Hasanuddin dan Universitas Jember juga tercatat telah terakreditasi A BAN-PT. Will you take one of the universities into your consideration? Apapun pilihan jurusan dan kampusmu pada UTBK dan SBMPTN, semoga hasil baik yang menunggu ya, Sobat!

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog