redesain-navbar Portlet

Blog

Bea Cukai PKN STAN, photo via bppk.kemenkeu.go.id

Kenali Lebih Dekat: Bea Cukai PKN STAN

Bea Cukai PKN STAN bisa menjadi salah satu alternatif pendidikan tinggi.

Akuntansi memang jurusan favorit di PKN STAN. Tapi Sekolah Kedinasan ini tak hanya punya jurusan Akuntansi, Sobat. Adalah Bea Cukai (Kepabeanan dan Cukai), salah satu jurusan PKN STAN yang sebenarnya tak kalah cemerlang dari Akuntansi.

 

Apa yang Dimaksud dengan Bea dan Cukai?

Bea Cukai berkaitan dengan pelayanan masyarakat secara langsung dibidang ekspor impor. Bea adalah pungutan negara yang dikenakan pada barang masuk atau keluar daerah pabean (batas negara). Sementara itu, cukai dikenakan pada barang dengan karakteristik tertentu.

Barang yang dikenakan cukai oleh negara berupa barang yang konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, atau pemakaiannya berdampak negatif pada lingkungan atau masyarakat. Beberapa barang di Indonesia, seperti rokok dan minuman keras, dikenakan cukai.

 

Di Mana Kampus Bea Cukai PKN STAN?

PKN STAN berpusat di Bintaro, tapi khusus kampus Bea Cukai berada di beberapa lokasi terpisah. Program D3 Bea Cukai berlokasi di Rawamangun, Jakarta Pusat. Sementara itu, kampus program D1 Bea Cukai berlokasi di berbagai daerah, misalnya di Palembang, Malang, Bali, Makassar, dan daerah-daerah lain.

 

Bagaimana Perkuliahan Bea Cukai PKN STAN?

Tak seperti jurusan-jurusan lain di PKN STAN, perkuliahan Bea Cukai sangat disiplin – bahkan semi militer. Kemampuan berbahasa asing juga sangat penting dijurusan ini disebabkan oleh pekerjaan Bea Cukai nantinya.

Selain matakuliah-matakuliah umum keuangan, mahasiswa Bea Cukai dibekali juga dengan pemahaman material kimiawi dan logam. Terkait dengan area kerjanya dikemudian hari, mahasiswa Bea Cukai harus belajar pula tentang hukum, pajak, maupun materi-materi apa saja yang dilarang masuk ke Indonesia.

 

Di Mana Area Kerja Bea Cukai?

Alumni Bea Cukai PKN STAN akan bekerja di Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC). Karena berkaitan dengan pungutan negara, pegawai Bea Cukai biasanya bekerja di bandara udara kedatangan internasional, pelabuhan laut, daerah perbatasan, maupun tempat-tempat yang dianggap sebagai pelabuhan darat (dry port).

Masih ada tempat-tempat lain di mana terdapat perputaran barang dan transaksi jual beli antar negara, salah satunya adalah bagian barang kiriman pos internasional. Wilayah laut juga menjadi area kerja Bea Cukai, tepatnya pada Pangkalan Sarana Operasi (PSO).

Pekerjaan pegawai Bea Cukai sangat spesifik sesuai dengan area kerjanya masing-masing. Namun ketika harus bekerja mengawasi kemungkinan penyelundupan di PSO, maka bisa dipahami kenapa ada tes kesehatan dan kebugaran untuk menjadi mahasiswa Bea Cukai PKN STAN.

 

Bea Cukai PKN STAN memang berbeda dari jurusan-jurusan di Sekolah Kedinasan yang lain. Seragam mahasiswanya yang rapi juga berbeda, bahkan menarik. Dan Ikatan Dinas Bea Cukai layak dipertimbangkan, khususnya saat masih banyak alumni Sarjana yang mencari kerja.

Lebih masukan Blog

Belajar Cerdas: Gunakan 5 Trik Ini

Apakah harus belajar berjam-jam untuk menguasai materi pelajaran? It's interesting that an...

Jangan Sampai Ujian Gagal Karena 4 Faktor Non-Akademis Ini

Sudah sewajarnya bila Sobat Pintar mempersiapkan ujian, apapun itu, dengan sebaik-baiknya....

Menambah Komentar

W
Willyater Hutagalung 5 Bulan Lalu
jumlah mahasiswanya tiap tahun berapa min?
Harap sign in untuk melanjutkan.
M
Muhammad Arya Hartanto 5 Bulan Lalu
dinamis, tahun i 2019 d3 bea cukai hanya nampung 33 orng saja :)
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
annisa dwi karuniawati 5 Bulan Lalu
harus lancar berbahasa inggris ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
annisa dwi karuniawati 5 Bulan Lalu
harus lancar berbahasa inggris ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
nurazizah aprilia firsa 3 Bulan Lalu
kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu kebutuhan yang penting, khususnya saat tes masuk pkn stan dan saat kita bekerja
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line