APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kenapa Kuliah di Universitas Diponegoro

Undip merupakan PTN besar di Semarang.

Kuliah di Universitas Diponegoro, photo credit putrimaulina90

Pangeran Diponegoro adalah seorang pahlawan nasional yang melawan kolonialisme Belanda pada awal abad ke-18. Dengan semangat yang sama, Universitas Diponegoro didirikan pada tahun 1957 di Kota Semarang, Jawa Tengah. Apa lagi yang Sobat Pintar ketahui tentang PTN ini?

 

Universitas Besar di Semarang

Pada awal berdirinya, Undip bukanlah sebuah Perguruan Tinggi Negeri. Adalah Universitas Semarang, sebuah PTS yang menjadi cikal bakal Undip sejak tahun 1961.

Berawal dengan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di Universitas Semarang, Undip hari ini telah berkembang menjadi 11 fakultas, 21 prodi D3, 51 prodi S1, 35 prodi S2, 13 prodi S3, 18 PDDS, 3 program profesi, dan dua sekolah vokasi.

Begitu besanya struktur akademis tersebut, hingga kampus Undip tak cukup berdiri di satu lokasi. Kampus Undip tersebar di enam lokasi terpisah, yaitu:

- Kampus di Peleburan Semarang, sering disebut sebagai Kampus Bawah, merupakan kampus utama dan program Pascasarjana.

- Kampus Tembalang Semarang, disebut juga Kampus Atas, merupakan kampus utama pula. Di sini terdapat rektorat, berbagai lembaga dan UPT kampus, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Kedokteran.

- Kampus di Jl. dr. Sutomo Semarang 14, merupakan zona pendidikan RSUP dr. Kariadi yang mencakup Ilmu Gizi dan Pascasarjana Fakultas Kedokteran beserta laboratoriumnya.

- Kampus di Jl. Ade Irma Suryani Jepara, menaungi laboratorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

- Kampus Mlonggo Jepara, merupakan kampus Fakultas Kedokteran.

- Kampus Teluk Awur Jepara, terdiri dari laboratorium Fakultas Ilmu Kelautan, asrama Undip, perpustakaan, rumah dinas, dan ruang fasilitas selam.

 

PTN dengan Alumni Nasional

In addition to the impressive size of the university, Undip is the home for its widely-spread alumni. Berikut adalah beberapa diantaranya:

- Anindya Kusuma Putri, Putri Indonesia 2015, merupakan alumnus Jurusan Perencanaan Wilayah dan Tata Kota, Fakultas Teknik.

- Michael Hartono, owner PT Djarum dan pemegang saham terbesar BCA, merupakan alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

- Robert Budi Hartono, owner PT Djarum, juga merupakan alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

- Tjahjo Kumolo, Mendagri Kabinet Kerja Jokowi-JK, merupakan alumnus Fakultas Hukum.

- Muhammad Nasir, Menristekdikti Kabinet Kerja Jokowi-JK, merupakan alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

- Trinity, penulis The Naked Traveler, merupakan alumnus Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

 

Apakah beberapa tokoh bangsa diatas menginspirasi Sobat Pintar? Well, who knows, you may be capable of doing better than them. Tak harus mengawalinya dari Undip, tapi PTN ini memang layak dipertimbangkan untuk menjadi salah satu pilihan kampus masa depanmu.

150

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog