redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kepoin Profesi dan Jurusan: Akuntan Keuangan bersama Akuntansi UGM

Kuliah Akuntansi di UGM dan prospek alumninya.

Akuntan Keuangan, photo by Karolina Grabowska on Pexels

Hello, Sobat Pintar! Siapa nih, yang menunggu-nunggu seri Kepoin Profesi dan Jurusan dari Aku Pintar?

Nah, pada Rabu 14 April 2021 Kepoin Profesi dan Jurusan Live lagi di @akupintar.id. Profesi dan jurusan kuliah apa lagi nih, yang dibahas sama Kak Pebri?

Kak Pebri ngebahas salah satu jurusan favoritnya anak IPA dan IPS, nih. Sobat Pintar bisa tebak? Yup! Akuntansi – dan salah satu profesi di bidang ini, Akuntansi Keuangan. Untuk itu, Aku Pintar menghadirkan Kak Laurensia Angela S.E., Head of Finance @cicil.co.id, dan Ibu Choirunnisa Arifa, M.Sc., Ph.D., Ketua Program Studi S1 Akuntansi FEB @ugm.yogyakarta.

 

Potret Prospek Alumnus Akuntansi

Photo by Firmbee on Pixabay

Ngomongin soal Akuntansi, nggak afdol kalau kita nggak dengar langsung dari alumnusnya. Adalah Kak Angela, seorang alumnus Akuntansi UGM, yang dulunya anak IPA dan memutuskan untuk lintas jurusan ke Akuntansi.

Eits! Kak Angela nggak asal-asalan lintas jurusan loh, Sobat. Sebelum memutuskan linjur, Kak Angela memang sudah menyadari kesukaannya pada angka. Ketika dihadapkan pada pilihan kuliah Akuntansi atau Matematika, hasil tes minat bakat membuat Kak Angela menjatuhkan pilihan akhirnya pada Akuntansi.

Kak Angela sendiri bekerja sebagai auditor selama lima tahun pada awal kariernya. Industri yang berjaya pada masa-masa kelulusannya kuliah adalah oil & mining. Maka, Kak Angela pun tertarik untuk mendaftar internship pada salah satu perusahaan oil & mining.

Dari anak IPA yang menduga Akuntansi hanya balance debet-kredit, ternyata Kak Angela masih harus belajar banyak hal baru bahkan setelah bekerja. Sebagai auditor, Kak Angela harus memeriksa laporan keuangan yang telah dibuat oleh akuntan. Dengan tempo kerja yang begitu cepat, Kak Angela juga dituntut untuk cepat menguasai peraturan keuangan pada bidang industri dan perusahaan yang berbeda.

Buat Sobat Pintar yang galau memilih jurusan kuliah, Kak Angela berpesan agar bisa merasakan pelajaran apa yang membuatmu nyaman. "Ada yang nyaman belajar bahasa, mungkin minat dan bakatnya di bahasa," ujar Kak Angela.

Bagi Kak Angela, Akuntansi menjadi pilihannya karena "Ini nih yang aku mau, bisa aku tekuni lebih jauh." Tahu apa yang membuatmu nyaman itu penting loh, Sobat. Sebab jika, misalnya, memilih Akuntansi seperti Kak Angela, maka 70-80% materi perkuliahan atau pelajarannya adalah tentang... Akuntansi!

 

Kuliah Akuntansi di Universitas Gadjah Mada

Photo by cottonbro on Pexels

Kalau begitu, seperti apa sih, kuliah Akuntansi itu? Nah, Ibu Nisa, Kaprodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, berbagi informasi menarik nih, Sobat.

Kurikulum perkuliahan Akuntansi tak hanya tentang pembukuan. Pada dua semester pertama, mahasiswa memperoleh mata kuliah umum dan mata kuliah dasar seperti Akuntansi Pengantar, Pengantar Bisnis dan Manajemen, Ekonomika Pengantar, dan Matematika Ekonomi. Mulai semester empat, mahasiswa Akuntansi memperoleh mata kuliah bidang minat.

Ada enam bidang minat di Akuntansi FEB UGM:

1. Akuntansi Keuangan

2. Pengauditan

3. Akuntansi Manajemen

4. Akuntansi Sektor Publik

5. Sistem Informasi

6. Akuntansi Syariah

Seiring dengan pendalaman perkuliahan yang sesuai dengan bidang minatnya masing-masing, mata kuliah mahasiswa Akuntansi juga semakin advanced. Ibu Nisa menyebutkan beberapa contoh mata kuliah bidang minat, seperti Analisis Laporan Keuangan, Analisis Investasi, Corporate Governance atau Tata Kelola Perusahaan, dan masih banyak lagi.

Terkait dengan masa revolusi industri 4.0 saat ini, Ibu Nisa menyampaikan bahwa kegiatan pembukuan sudah mulai diambil alih oleh Artificial Intelligence. Maka, peran akuntan pun bergeser, yaitu lebih mengutamakan pada bagaimana menggunakan informasi Akuntansi yang ada guna pengambilan keputusan manajerial.

Oleh karena itu, logika Matematika yang kuat menjadi kebutuhan yang mendasar bagi calon mahasiswa Akuntansi. Ibu Nisa lebih lanjut menjelaskan bahwa logika Matematika berkaitan erat dengan analisis laporan keuangan, penilaian aset, dan lain sebagainya.

Asal Sobat tahu aja, ya. Akuntansi UGM sudah terakreditasi internasional, sehingga kurikulum dan metode pembelajarannya menggunakan Bahasa Inggris. So, kalau ingin menjadi mahasiswa Akuntansi UGM, Sobat Pintar wajib, kudu, no debat, mampu memahami bacaan, khususnya buku teks perkuliahan Akuntansi, dalam Bahasa Inggris.

Sebagai alumnus Akuntansi UGM, Kak Angela menambahkan bahwa buku teks perkuliahannya dulu pun berbahasa Inggris, dengan istilah-istilah Akuntansi yang berbeda dari penggunaan Bahasa Inggris sehari-hari. Ibu Nisa berujar bahwa banyak alumni Akuntansi UGM yang bekerja di multinational companies.

Menyambung prospek kerja, Kak Pebri punya pertanyaan menarik tentang tipikal karakter mahasiswa Akuntansi. Ibu Nisa menjelaskan bahwa mahasiswa Akuntansi itu harus mau bekerja keras. Tuntutan perkuliahan yang bermacam-macam memang ditujukan untuk menyiapkan mahasiswa Akuntansi yang tahan banting.

Di dunia kerja pun demikian. Alih-alih karakter introvert atau ekstrovert, soft skills memiliki peran yang jauh lebih penting. Kemampuan untuk bekerja dalam tim, misalnya, amat dibutuhkan karena akuntan harus bekerja dengan divisi-divisi lain. Integritas juga penting bagi seorang akuntan. Ia harus mampu memegang teguh standar moral karena turut menentukan akuntabilitas institusi tempatnya bekerja.

Ibu Nisa menutup penjelasan beliau tentang Akuntansi UGM dengan prestasi kemahasiswaan. Kegiatan kemahasiswaan Akuntansi UGM telah berhasil memenangkan kompetisi nasional dan internasional, seperti ATV Audit Competition maupun HSBC Indonesia BCC. Terkini, Akuntansi UGM tengah bersiap mengikuti kompetisi internasional HSBC di Hong Kong.

 

Q&A Kepoin Profesi dan Jurusan: Akuntan Keuangan

Photo by geralt on Pixabay

Ada dua pertanyaan yang dibacakan oleh Kak Pebri dalam IG Live Kepoin Profesi dan Jurusan Akuntansi Keuangan. Pertanyaan pertama, apa bedanya Akuntansi Keuangan D4 dan S1?

Ibu Nisa menjelaskan bahwa jalur kesarjanaan (S1) akan meluluskan Sarjana Ekonomi. Untuk itu, perkuliahan Akuntansinya lebih mengarah pada pemahaman dan penggunaan konsep Akuntansi untuk mencari solusi atas permasalah yang ada. Mahasiswa S1 Akuntansi juga wajib membuat skripsi sebelum lulus.

Sementara itu, jalur vokasional (D4) lebih menitikberatkan pada penjurnalan dan pelaporan Akuntansi. Lulusan D4 dikenal lebih siap dengan penerapan Akuntansi.

Pertanyaan kedua adalah tentang perbedaan Akuntansi dan Ekonomi. Dijawab oleh Ibu Nisa bahwa Akuntansi lebih spesifik membahas tentang pelaporan keuangan, akuntabilitas perusahaan, dan menginformasikan pada pihak berkepentingan tentang kinerja keuangan perusahaan. Ilmu Ekonomi memiliki jangkauan yang lebih luas, seperti kondisi ekonomi suatu negara, kebijakan fiskal terkait dengan antisipasi pertumbuhan ekonomi, dan lain sebagainya.

Menutup Kepoin Profesi dan Jurusan kali ini, Ibu Nisa berpesan agar Sobat Pintar mau mengenal tentang jurusan incaran sebelum menjatuhkan pilihan. Akuntansi bisa dipilih oleh calon mahasiswa dari kelas IPA maupun IPS, asalkan kita punya passion dan serius mendalami Akuntansi.

Senada, mengetahui potensi diri sedini mungkin itu penting, tambah Kak Angela. Ketika kita tahu mau ke mana, langkah kita pun menjadi lebih terarah. Karena sudah tahu di mana minatnya berada, Kak Angela dulu tetap belajar Akuntansi meskipun duduk di kelas IPA. Persiapannya di jalur IPC untuk seleksi masuk PTN juga dapat dilakukan dengan lebih baik.

Ngomong-ngomong soal kuliah, gelar lulusan S1 Akuntansi UGM itu Sarjana Akuntansi atau Sarjana Ekonomi, sih? Apakah bisa bekerja setelah lulus kuliah, atau harus melanjutkan pendidikan di Program studi Profesi Akuntan (PPAk) terlebih dulu? Ingin tahu apa saja referensi karier dari Kak Angela kalau Sobat Pintar nanti lulus kuliah Akuntansi? Apa saja ujian sertifikasi resmi untuk berbagai profesi akuntan? Nah, Sobat Pintar dapat menyimak Kepoin Profesi dan Jurusan Akuntansi Keuangan selengkapnya di IG TV @akupintar.id.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet