redesain-navbar Portlet

Blog

Kepoin Profesi dan Jurusan: Sistem Informasi Industri Otomotif

Kuliah SIIO di politeknik membuka peluang kerja yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Sistem Informasi Industri Otomotif, photo by Aleksejs Bergmanis on Pexels

Sobat Pintar sudah tahu tentang Sistem Informasi? Bukan, bukan tentang Jurusan Sistem Informasi. Akan tetapi, Kepoin Profesi dan Jurusan pada 15 Juli 2021 ngebahas tentang Sistem Informasi Industri Otomotif (SIIO).

Nah, apa bedanya SIIO dengan Sistem Informasi? Makanya, Kak Pebri ngobrolin tentang kuliah dan prospek kerja SIIO pada IG Live @akupintar.id yang terbaru. Tak tanggung-tanggung, Kak Pebri berbincang langsung dengan Ketua Program Studi Sistem Informasi Industri Otomotif Politeknik Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Jakarta, Bapak Lucky Herianto, S.T., M.T.I., dan seorang alumnus yang saat ini bekerja sebagai Staf HR Management & Industrial Relation PT Toyota-Astra Motor, Kak Wahyu Agung Prakoso, S.Tr.Kom.

 

Kenal Lebih Dekat Yuk, sama Politeknik STMI Jakarta!

Photo by sasint on Pixabay

Politeknik STMI adalah satu dari 10 kampus negeri di bawah Kementrian Perindustrian. Berfokus pada pengembangan industri otomotif, Politeknik STMI memiliki lima program studi, yaitu:

1. Teknik Industri Otomotif

2. Sistem Informasi Industri Otomotif

3. Administrasi Bisnis otomotif

4. Teknik Kimia polimer

5. Teknologi Rekayasa Otomotif

Di Prodi SIIO, Bapak Lucky menjelaskan, mahasiswa belajar tentang Sistem Informasi di bidang otomotif, tentang bagaimana mengimplementasikan sistem berbasis komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah praktis di bidang otomotif. Untuk itu, kurikulum SIIO Politeknik STMI mencakup basis data, perancangan antarmuka, audit sistem, manajemen bisnis, perilaku organisasi, perencanaan sumberdaya perusahaan, maupun matakuliah seputar dunia industri otomotif dan industri 4.0. Secara umum, perkuliahan SIIO lebih mengarah pada pengembangan sistem, coding, hingga memahami bisnis dan manajemen organisasi.

Selain pengetahuan umum seperti Bahasa Inggris, kurikulum Prodi SIIO juga menyertakan mata kuliah etika dan profesi sebagai bekal soft skills mahasiswa ketika kelak bekerja. Bapak Lucky menjelaskan bahwa attitude lulusan SIIO, seperti tanggung jawab dan disiplin, harus sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan hadirnya dosen-dosen praktisi atau dosen tamu dari industri otomotif, mahasiswa SIIO diharapkan memperoleh skills, pengetahuan, bahkan pengalaman dari para dosen tentang industri otomotif. Berbekal kemampuan dan skills yang diperoleh selama kuliah, lulusan SIIO diharapkan mampu mengembangkan dan mengimplementasikan sistem di perusahaan.

 

Prospek Kerja Alumni? Enggak Usah Nanya, deh!

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Prodi SIIO Politeknik STMI Jakarta saat ini memiliki kerja sama dengan Institut Otomotif Indonesia (IOI), Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO), maupun Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM).

Kampus pun memfasilitasi kebutuhan magang mahasiswa dengan mencarikan perusahaan yang sesuai di industri otomotif. Akan tetapi, dijelaskan oleh Bapak Lucky, mahasiswa juga diizinkan bila ingin mencari tempat magang sendiri.

Salah satu keunggulan kuliah di SIIO Politeknik STMI adalah penerapan dua sistem pendidikan. Artinya, mahasiswa kuliah selama lima semester di kampus, diikuti dengan dua semester praktik di industri. Kak Wahyu sendiri mulai bersiap untuk kerja magang di akhir semester lima. Beliau menjalani semester enam dan tujuh untuk sepenuhnya magang di PT Toyota-Astra Motor, tempat beliau bekerja saat ini.

Saat masih berstatus sebagai pekerja magang, Kak Wahyu menciptakan sistem yang mampu meningkatkan efisiensi kerja divisi HR. Lantaran prestasi dan kinerja beliau selama magang, Kak Wahyu pun kembali bekerja di divisi HR PT Toyota-Astra Motor segera setelah lulus kuliah.

 

SIIO, Jurusan Ini Cocoknya buat Siapa?

Photo by StockSnap on Pixabay

Kak Wahyu sendiri baru saja lulus kuliah, Sobat Pintar. Sebelum menjadi mahasiswa Politeknik STMI, Kak Wahyu bersekolah di SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) – hai! Anak RPL mana, nih?

Dengan latar belakang sekolahnya, Kak Wahyu merasa tak terlalu asing ketika belajar tentang Sistem Informasi dan otomotif di Prodi SIIO Politeknik STMI. Tapi apakah harus dari SMK dan Jurusan RPL untuk kuliah di SIIO, ataupun Politeknik STMI?

Dijawab oleh Bapak Lucky, mahasiswa baru SIIO bisa berasal dari lulusan SMK, SMA IPA, SMA IPS, maupun MA. Beliau menegaskan bahwa bukan asal sekolah yang penting, melainkan kemampuan Matematika dasar. Matematika diperlukan karena SIIO mengutamakan kemampuan logika yang baik untuk mengembangkan sistem berbasis komputer. Kemampuan Bahasa Inggris juga penting karena pengembangan sistem informasi berbasis komputer erat dengan pengembangan ilmu dari luar.

"Percaya diri mampu belajar, kreatif dan solutif karena persoalan-persoalan perusahan membutuhkan solusi yang kreatif. Mampu bekerja sama dalam mengembangkan sistem, maupun mengelisitasi kebutuhan sistem yang akan diimplementasikan. Adaptif terhadap perubahan karena teknologi berkembang setiap tiga bulan," ujar Bapak Lucky, ketika Kak Pebri menanyakan tentang karakter seperti apa yang dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa SIIO.

Mau tahu lebih banyak tentang SIIO dan Politeknik STMI, Sobat? Berapa biaya kuliah di Politeknik STMI? Kepo juga sama pengalaman Kak Wahyu selama bekerja dan menerapkan SIIO di divisi HR? Saksikan Kepoin Profesi dan Jurusan: Sistem Informasi Industri Otomotif selengkapnya di IG TV Aku Pintar.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet