APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ketentuan Upload Foto di Akun SPMB

Perhatikan apa saja yang harus ditaati dalam mengunggah foto untuk registrasi akun SNPMB BPPP.

Photo by Joseph Pearson on Unsplash

Ketentuan foto SPMB buat masuk kuliah 2023 di PTN sudah tau atau belum, Sobat Pintar? Kamu enggak bisa asal comot salah satu foto favoritmu di media sosial, loh. Oke, mungkin kamu sudah mengerahkan usaha terbaikmu buat tampil maksimal di foto itu. Namun tetap saja, belum tentu foto yang disukai oleh ribuan orang itu sudah memenuhi syarat foto SPMB.

Kenapa sih, kita harus mematuhi ketentuan foto akun SPMB? Toh udah jelas juga, itu muka kita yang punya (kecuali kamu punya kembaran identik). Terus, emangnya persyaratan foto akun SPMB itu kayak apa? Yuk, kita pelajari bareng sini.

 

Apa Itu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru?

ketentuan upload foto di akun spmb
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Sabar bentar, sebelum ngebahas soal foto, kita "flash back" dahulu tentang SPMB. Jadi, jalur SPMB itu apa?

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) secara umum adalah penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Sementara itu, jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri saat ini disebut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Mulai 2023, seleksinya dikelola oleh SNPMB BPPP. Ada dua jalur seleksi yang diselenggarakan oleh SNPMB BPPP, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang menggunakan nilai UTBK.

Masih ada satu lagi jalur seleksi untuk kuliah di perguruan tinggi negeri, yaitu Mandiri. Namun untuk SPMB Mandiri non UTBK, seleksinya tidak dikelola oleh SNPMB BPPP melainkan oleh kampus masing-masing.

 

Bagaimana Cara Mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN?

ketentuan pas foto SPMB
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Kalian yang akan mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru perguruan tinggi negeri 2023 semestinya sudah tau apa saja yang harus dilakukan. Baik di jalur SNBP maupun SNBT, setiap peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu.

Jadwal registrasi akun untuk SNBP dan SNBT berbeda. Kalau kamu mengikuti SNBP, jadwal registrasi akun di Portal SNPMB mulai tanggal 9 Januari 2023 sampai 15 Februari 2023. Jika kamu memilih jalur SNBT, jadwal registrasi akun mulai tanggal 16 Februari 2023 sampai 3 Maret 2023. Nah, pada saat registrasi inilah kita harus memperhatikan ketentuan upload foto di akun SPMB.

 

Apa Saja Ketentuan Pas Foto SPMB?

spmb mandiri non UTBK
Photo by Nubelson Fernandes on Unsplash

Foto peserta seleksi masuk perguruan tinggi negeri merupakan salah satu syarat SPMB dari tahun ke tahun. Namun hampir setiap tahun selalu saja ada peserta yang meng-upload foto yang tidak sesuai dengan ketentuan. Ada yang meng-upload avatar atau gambar karakter, ada juga foto bersama pacar atau hewan peliharaaan kesayangan, bahkan foto selfie yang cute. Semua itu enggak sesuai dengan ketentuan pas foto SPMB, Sobat!

Terus, foto macam apa yang memenuhi syarat foto SPMB? Seperti tahun 2022, ketentuan foto SPMB yang harus kamu penuhi saat melakukan registrasi akun adalah:

- Foto berwarna terbaru dengan ukuran 4 cm x 6 cm, resolusi minimal 200x300px (± 250 DPI), rasio aspek 2:3

- Pasfoto berwarna dengan latar belakang polos berwarna apa saja

- Format file foto JPG/JPEG/PNG

- Ukuran file foto minimal 80 kb, maksimal 300 kb

- Kualitas foto tajam dan fokus

- Orientasi pasfoto adalah vertikal/portrait

- Posisi badan dan kepala tegak, sejajar menghadap kamera dan terletak di tengah (jarak kepala ke batas kiri kira-kira sama dengan jarak kepala ke batas kanan)

- Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen.

Ketentuan foto akun SPMB di atas wajib diikuti, Sobat – enggak ada alternatif lain. Mengikuti ketentuan dan syarat foto SPMB ini penting agar SNPMB BPPP mudah mengidentifikasi atau mencocokkan antara foto dan pemiliknya. Dengan begitu, SNPMB BPPP dapat memastikan bahwa hanya peserta yang sah yang dapat mendaftar dan mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di perguruan tinggi negeri.

Bagaimana kalau kamu masih ngotot mau upload foto dengan jumlah like terbanyak di media sosial? Bila foto yang di-upload tidak memenuhi ketentuan foto SPMB, bisa saja proses registrasimu tertolak atau tertunda sampai foto yang di-upload sudah memenuhi persyaratan foto akun SPMB. Yakin, kamu mau coba upload foto dan buang waktu di urusan perfotoan ini, Sobat Pintar? Masih banyak loh, yang harus kamu kerjakan selain mengurusi foto.

Udah deh, daripada ribet, mending ikuti saja ketentuan upload foto di akun SPMB yang ada. Meskipun tampaknya ribet juga, tetapi mengulang upload foto atau malah mengalami kendala registrasi sampai membutuhkan waktu berhari-hari itu bakal jauh lebih ribet. Ingat, masa registrasi akun SPMB-mu terbatas. Lebih baik enggak disia-siakan, kan?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog