APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kuliah Bahasa Korea? Ini 4 Kampusnya

Jurusan Bahasa Korea

photo via www.koreanculture.org.au

Buat kamu yang ingin kuliah Bahasa Korea, sudah menyeleksi kampus-kampus mana yang punya jurusan ini? Bahasa Korea memang bukan jurusan populer yang ada di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, tapi kampus-kampus berikut membuka jurusan yang kamu impikan ini.

 

1. Universitas Gadjah Mada

Pada awalnya, UGM membuka Program Studi D3 Bahasa Korea, sebuah sekolah vokasi. Prodi ini lebih fokus pada Bahasa Korea saja. Empat tahun kemudian, tepatnya pada 2008, UGM membuka Program Studi S1 Bahasa Korea yang lebih terfokus pada bidang keilmuan bahasa dan pengggunaannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Kini, Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UGM memiliki akreditasi A. Berada di Fakultas Ilmu Budaya, jurusan ini menawarkan matakuliah-matakuliah andalan seperti Komposisi Bahasa Korea, Linguistik Korea, Pengantar Sejarah Korea, Pengantar Masyarakat Korea, dan lain sebagainya.

Ingin terampil Bahasa Korea – ahli dalam bahasa, sastra, dan budaya negeri ginseng ini? Asal kamu tahu, Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM tak pernah sepi peminat, lho. Kamu bisa masuk jurusan ini melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau Ujian Tulis.

 

2. Universitas Indonesia

Di UI, nama jurusannya sama dengan UGM: Bahasa dan Kebudayaan Korea, dengan akreditasi yang sama-sama A. Matakuliahnya juga tak jauh beda, misalnya Telaah Kesusastraan Korea, Pengkajian Prosa Korea, Terjemahan Indonesia Korea, Pengkajian Drama Korea, Sejarah Korea Kontemporer, Kepercayaan Masyarakat Korea, dan lain-lain.

Pada intinya, selain mengasah kecakapan berbahasa, matakuliah-matakuliah yang ditawarkan dijurusan ini juga membuka wawasan mahasiswa akan budaya dan sastra masyarakat Korea. Tak heran, alumni Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI terkenal akan kelancarannya berkomunikasi dalam Bahasa Korea serta cakap dalam menerapkan analisis konsep teoretis keilmuannya secara nyata.

Kelebihan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI dibanding kampus-kampus lain adalah lokasinya yang berada di ibukota. Keistimewaan geografis ini memudahkan sponsorship sehingga ada lebih banyak event dan proyek kebudayaan yang cukup meriah. Sebagai mahasiswa, kamu bisa terlibat aktif didalamnya sembari mengembangkan jejaring relasimu.

 

3. Universitas Pendidikan Indonesia

Pada awalnya, UPI membuka kursus Bahasa Korea di Balai Bahasanya pada tahun 2007. Dari sinilah berawal Jurusan Pendidikan Bahasa Korea, sebuah program studi sarjana yang merupakan hasil kerjasama dengan Kedubes Republik Korea Selatan, KOICA, Korea Foundation (KF), KCC Jakarta, dan berbagai pihak lain.

Walaupun terkenal sebagai universitas yang menghasilkan pendidik bangsa dengan prospek kerja yang bagus, Jurusan Pendidikan Bahasa Korea UPI masih belum memiliki akreditasi karena baru dibuka pada tahun 2015. Meskipun demikian, jurusan ini layak dipertimbangkan kalau kamu memang bercita-cita menjadi tenaga pendidik maupun ahli Bahasa Korea.

 

4. Universitas Nasional

Setelah membuka Program D3 Bahasa Korea, Unas membuka Program Sarjana Bahasa Korea pula dan mahasiswa angkatan pertamanya saat ini berada pada tingkat kedua. Akreditasi jurusan ini masih C, dengan jalur masuk mahasiswa barunya melalui tes tulis yang diselenggarakan oleh kampus. Perlu kamu tahu, Bahasa Korea Unas adalah yang tertua karena dibuka pada tahun 1995.

 

Walaupun pilihan kuliah Bahasa Korea di dalam negeri tak cukup banyak saat ini, masing-masing kampus memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Justru kamu hebat saat bisa memanfaatkan keterbatasan pilihan dengan menemukan jalanmu sendiri.

220

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog