redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.brookings.edu

Kuliah Dijurusan Apa dari SMK? Ini Rekomendasinya

Tips Pelajar

Jika kamu saat ini masih menjadi pelajar SMK, trus mau lanjut kuliah, jurusan apa nih yang mau diambil? Suka bingung gitu, nggak sih? Apa harus linear, sama dengan jurusanmu di SMK saat ini? Atau bisa pindah ke lain hati, eh, lain jurusan?

Sebenarnya pilihan jurusan kuliahmu nggak wajib sama dengan jurusan sekolahmu, kok – alias nggak wajib linear. Jadi misalnya saat ini kamu sedang belajar Tata Kecantikan, trus mau lanjut kuliah di Teknik Biomedik, boleh banget! Syaratnya cuma satu: lolos ujian masuk ke perguruan tinggi.

Sebaliknya, jika saat ini kamu sudah mendalami bidang yang sesuai dengan passionmu, bakatmu, dan kemampuanmu juga mendukung, kenapa nggak lanjutin aja kuliah dibidang yang sama? Biar ada gambaran, berikut ini kita bagi jurusan apa saja di SMK yang kemungkinan besar linear dengan jurusan perkuliahan di perguruan tinggi.

 

SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa

Ragam jurusan SMK dibidang Teknologi dan Rekayasa ada banyak, diantaranya Teknik Bangunan, Teknik Plumbing dan Sanitasi, Teknik Survei dan Pemetaan, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Perkapalan, Teknologi Tekstil, Teknik Grafika, Geologi Pertambangan, Instrumentasi Industri, Teknik Kimia, Pelayaran, Teknik Industri, Teknik Perminyakan, ataupun Teknik Elektronika. Jika kamu berasal dari salah satu jurusan ini, lanjutkan saja kuliah dijurusan yang sama, misalnya Jurusan Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan lain sebagainya.

 

SMK Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jika saat ini kamu adalah pelajar SMK dijurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, atau Teknik Broadcasting, pilihan jurusan ditingkat pendidikan tinggi mencakup Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, atau Ilmu Komunikasi. Nggak harus sih, tapi coba saja jajaki pilihanmu dijurusan-jurusan tersebut.

 

SMK Bidang Kesehatan

Pelajar SMK Kesehatan atau Perawatan Sosial biasanya melanjutkan kuliah ke Jurusan Perawatan, Kesehatan Masyarakat, atau Ilmu Gizi – nggak jauh-jauh juga dari bidang Kesehatan. Pelajar SMK Kesehatan memang biasanya punya minat tinggi pada bidang kesehatan. Jadi, bila ada pelajar dari SMK Kesehatan yang tetiba pingin kuliah dijurusan lain, besar kemungkinan dia sedang merasa salah jurusan. Benar gitu, nggak?

 

SMK Bidang Seni, Kerajinan, dan Pariwisata

Kamu yang berasal dari SMK Seni Rupa, Desain dan Produksi Kria, Seni Pertunjukan, Pariwisata, Tata Boga, Tata Kecantikan, atau Tata Busana dapat melanjutkan kuliah dijurusan yang sama. Misalnya, dari SMK Tata Busana, kamu bisa melanjutkan kuliah di Jurusan Fashion. Kalau dari SMK Seni, kamu bisa melanjutkan kuliah ke Jurusan Seni atau Desain.

 

SMK Bidang Agribisnis dan Agroindustri

Jurusan Pertanian, Kehutanan, Peternakan, atau Kelautan biasanya menjadi incaran pelajar-pelajar yang lulus dari SMK Jurusan Agribisnis Produksi Tanaman, Agribisnis Produksi Ternak, Agribisnis Produksi Sumber Daya Perairan, Mekanisasi Pertanian, Agribisnis Hasil Pertanian, Penyuluhan Pertanian, atau Kehutanan. Jika kamu pelajar dari salah satu jurusan ini, bisa dipertimbangkan tuh, jurusan-jurusan kuliah yang sudah disebutkan tadi.

 

SMK Bidang Bisnis dan Manajemen

Kamu pelajar SMK di Jurusan Administrasi, Keuangan, atau Tata Niaga? Kamu bisa lanjut kuliah dibidang yang sama, di Jurusan Bisnis, Ekonomi, atau Manajemen. Pasti ada salah satu jurusan di Fakultas Ekonomi yang sesuai dengan minatmu.

 

Trus, misalnya kamu sekarang sedang sekolah di Jurusan Pariwisata, bisakah melanjutkan kuliah ke Ilmu Komunikasi atau Hubungan Internasional? Bisa banget, Sobat Pintar! Bahkan dari Jurusan Tata Boga sekalipun, kamu bisa lanjut kuliah di Teknik Informatika. Boleh kok, asal ya... itu tadi, kamu lulus ujian masuknya!

Kalau mau alternatif yang lebih asoy, coba kamu rencanakan dulu mau kuliah dijurusan apa. Baru deh, jurusan sekolahnya mengikuti. Misalnya, kamu mau kuliah di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, maka pilihlah jurusan SMK Agribisnis Hasil Pertanian. Walaupun begitu, cara ini memang jarang banget diterapkan, sih.

Yang penting, jangan batasi dirimu pada keharusan-keharusan yang nggak ada. Nggak ada kok, yang mengharuskanmu memilih suatu jurusan (kecuali mungkin orang tuamu?). Nggak ada kok, yang mengharuskanmu kuliah dijurusan yang linear dengan jurusan SMK-mu. Bahkan, kamu bisa belajar banyak hal dengan berganti jurusan. Ya, nggak?

Lebih masukan Blog

8 Jurusan Masa Depan: Nggak Ada Matinya!

Seberapa futuristik sih, visi masa depanmu? Udah tahu belum, kira-kira sarjana dari jurusan...

Menjanjikan: 11 Program Keahlian SMK untuk Kerja Dan Kuliah

Kenapa musti sekolah dan kuliah lama-lama kalau kamu tipe orang yang terampil, alih-alih...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka