APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kuliah Ini Tak Cukup Kemampuan Akademik Saja: Tata Boga

Kuliah di Jurusan Tata Boga memerlukan lebih sekadar dari kemampuan akademik.

photo credit Justin Sullivan/Getty Images

Pernah nggak, kamu menduga-duga, celebrity chef yang banyak berseliweran di televisi itu latar belakang pendidikannya apa? Apa kamu juga pengin seperti mereka suatu hari nanti? Barangkali kamu bisa mengawalinya dengan kuliah di Jurusan Tata Boga, Sobat Pintar.

 

Pada Jenjang Strata 1 atau Diploma III?


Photo by Simona Sergi on Unsplash

Sebagian besar, walaupun bukan seluruhnya, Tata Boga pada jenjang Strata 1 adalah Jurusan Pendidikan. Bukan berarti harus jadi guru di SMK Jasa Boga, SMK Patiseri, ataupun SMK Usaha Perjalanan Wisata setelah lulus, tapi memang dijurusan ini kamu dibekali pula dengan mata kuliah untuk mengajar Tata Boga di sekolah. Selain Ilmu Gizi, Pengetahuan Pariwisata, Kue dan Minuman Nusantara, Patiseri, Makanan Oriental, Tata Hidang, Cipta Boga, dan matakuliah-matakuliah lain dibidang kuliner, kamupun akan belajar tentang Evaluasi Pembelajaran Tata Boga, Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Tata Boga, Kajian Teknologi dan Vokasi, Psikologi Pendidikan, dan lain-lain.

Sementara itu, pada jenjang Diploma III, matakuliah Tata Boga lebih mengarah pada ilmu murni. Beberapa matakuliahnya antara lain Pengelolaan Usaha Boga, Bakery, Pastry, Dekorasi Kue, Teknologi Makanan, Gizi Terapan, Dekorasi Makanan, dan lain-lain.

Lantas jenjang manakah yang tepat buatmu? Eitts, tunggu dulu, Sobat Pintar.

tes untuk memilih jurusan kuliahKetahui dahulu apakah jurusan ini memang cocok buatmu dengan menggunakan Minat Pintar. Tes-tes di Minat Pintar juga dapat membantu mengetahui apakah jenjang D3 atau S1 yang lebih pas buatmu.
 

Kuliah Tata Boga di Mana?


Photo by Anton Rybakov on Unsplash

Baik Strata 1 maupun Diploma III, sebenarnya keduanya sama-sama mewadahi minat dan bakatmu dalam bidang kuliner. Akan tetapi, perlu dilihat juga nanti kuliahmu di mana. Misalnya kuliah di kampus pariwisata, Tata Boganya banyak bersinggungan juga dengan dunia pariwisata. Sebaliknya, mahasiswa yang kuliah di kampus pendidikan juga akan belajar banyak tentang cara-cara mengajar dan menjadi pendidik di sekolah.

Sebagai referensi, ada beberapa PTN dengan Jurusan Tata Boga yang cukup terkenal, seperti Akademi Pariwisata Makassar, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, atau Universitas Negeri Jakarta. Untuk PTS-nya, kamu bisa kuliah Tata Boga di Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, dan lain-lain.

 

Bagaimana Prospek Lulusannya?


Photo by Peter Dawn on Unsplash

Dengan makin ramainya dunia kuliner saat ini, prospek bisnis terbuka sangat lebar bagi lulusan Tata Boga. Tapi bilapun tidak, alumni Tata Boga bisa bekerja sebagai cake decorator, chef, kepala koki, baker – termasuk juga profesi kekinian yang lagi hits: barista. Dan lagi, dengan latarbelakang kuliah di Jurusan Pendidikan, tentu saja kamu bisa mengajar di sekolah vokasi sebagaimana telah disebutkan diawal.

Restoran, hotel, kafe, hingga kepresidenan pasti membutuhkan orang-orang yang tahu betul apa yang harus dikerjakan dibagian dapur. Kemampuan dalam perencanaan menu, penciptaan resep, dan penyajian yang dimiliki alumni Tata Boga adalah kecakapan berharga didunia kuliner yang akan selalu dicari dan dibutuhkan.

Apakah ini jurusan pilihanmu? Tata Boga terbilang sebagai salah satu jurusan yang membutuhkan bakat dan minat yang kuat. Lantas apakah kamu punya minat dengan culinary art? Tunggu dulu, Sobat. Cek dahulu bakat dan kemampuanmu pakai Minat Pintar.

Berkesempatan untuk kuliah pada jurusan yang sesuai dengan bakat tuh sesuatu yang amat sangat patut disyukuri lho, Sobat Pintar. Pasalnya, tak semua orang punya bakat dan minat kuat pada kreasi makanan . Namun, sekali lagi, pastikan dahulu bakat minatmu, jangan asal berasumsi dan menduga-duga saja agar kamu tak sampai salah jurusan, ya.

170

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
apakah jurusan SMK perhotelan bisa ambil jurusan tata boga? peluang masuk SMK masuk PTN gimana?
00
kalau menurutku tetep bisa kok ambil jurusan tata boga, dan peluang masuk PTN sangat tinggi karena banyak juga kok yang dari smk dan melanjutkan ke PTN
00
kalo dari aliyah bisa masuk jurusan tata boga ga?
00
kalo dari aliyah bisa masuk jurusan tata boga ga?
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog