APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kuliah Jurusan Pariwisata? Yuk, ke AKPARINDO!

Kuliah Pariwisata tersedia pada Program Sarjana maupun Vokasi.

Photo by THIS IS ZUN on Pexels

Jurusan Pariwisata dan Indonesia udah kayak Romeo dan Juliet – salah satu enggak bisa hidup tanpa yang lain. Bahkan di masa pandemi Covid 19, ketika misi healing kita terbatasi dan pendapatan negara dari sektor pariwisata turun drastis, peringkat pariwisata Indonesia secara global sekarang justru naik! Meski sempat terpuruk, sektor pariwisata kita terbukti sanggup untuk bangkit kembali dan menarik kunjungan wisata.

Prospek kerja pariwisata yang terbukti sanggup bertahan menghadapi naik turunnya keadaan adalah salah satu alasan kenapa kuliah Jurusan Pariwisata juga tetap diminati dari waktu ke waktu. Kalau kamu mau tau lebih banyak tentang jurusan kuliah Pariwisata, atau kepo doang, yuk sini bareng-bareng bedah Jurusan Pariwisata.

 

Tentang Jurusan Kuliah Pariwisata

Akademi Pariwisata Nasional Indonesia
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Ditebak dari nama jurusan atau program studinya, mungkin kamu mengira kuliah di Jurusan Pariwisata itu bakal mempelajari tentang tempat-tempat pariwisata, pengelolaannya, dan seterusnya. Padahal enggak sampai di situ saja, Sobat Pintar.

Kuliah Jurusan Pariwisata sebenarnya mencakup ruang lingkup yang jauh lebih luas. Memang, mahasiswa Pariwisata belajar tentang pemasaran, perencanaan perjalanan, dan berbagai aspek lain dalam industri pariwisata. Namun Kuliah Jurusan Pariwisata juga mengharuskanmu belajar tentang budaya dan sejarah lokal, cara menyajikan informasi tentang destinasi pariwisata kepada wisatawan, dan masih banyak lagi.

Mau tau lebih detail tentang kuliah Jurusan Pariwisata? Kita bisa tau lebih banyak tentang perkuliahan jurusan ini dengan melihat mata kuliahnya. Apa saja mata kuliah Jurusan Pariwisata? Yuk cek mata kuliah pariwisata di berbagai kampus di bawah ini.

Sosial Budaya Pariwisata

Perencanaan Pariwisata

Ekologi Wisata & Rekreasi Alam

Manajemen Pemasaran

Studi Kelayakan Bisnis Hospitality

Operasional Front Office

MICE Management

Destinasi Wisata

Manajemen Travel

Pariwisata Berkelanjutan

Event & Catering Management

F & B Service Management

Geografi Pariwisata

Bartendering

Customer Service

Tour Operation

Kitchen Operation

Digital Marketing

Pastry & Bakery Operation

Industri Kreatif Pariwisata

Manajemen Krisis

Indonesia Tourism History & Culture

 

Prospek Kerja Pariwisata

jurusan pariwisata kerja apa
Photo by Luiz Guimaraes on Unsplash

Telah disebutkan di awal, prospek kerja pariwisata di Indonesia yang terbukti tahan banting turut menjadi salah satu daya tarik Jurusan Pariwisata. Emangnya kuliah Pariwisata bisa kerja apa? Sobat Pintar yang masih bertanya-tanya jurusan pariwisata kerja apa, ini dia beberapa bidang pekerjaan di industri pariwisata.

1. Hotel

Hotel membutuhkan tenaga kerja yang tak sedikit agar dapat beroperasi selama 24 jam tujuh hari. Lulusan Pariwisata dapat bekerja di hotel sebagai front desk officer, housekeeping, atau sales and marketing.

2. Perjalanan wisata

Kamu lebih suka langsung terjun di sektor pariwisata? Setelah lulus kuliah Jurusan Pariwisata, kamu bisa menjadi tour leader atau tour agent.

3. Event organizer

Saat kuliah Jurusan Pariwisata, kamu juga belajar tentang MICE. Jika enjoy mengelola event, bahkan sebelum lulus kuliah kamu sudah bisa membantu mengatur acara-acara seperti konferensi, pernikahan, atau acara keluarga. Dengan ketekunan dan entrepreneurship yang baik, kamu bisa mendirikan dan mengembangkan bisnis di bidang manajemen event.

4. Transportasi

Lulusan Pariwisata juga bisa bekerja sebagai pramugari atau pramugara, maupun sebagai kru di perusahaan maskapai penerbangan. Untuk bekerja di bidang transportasi udara seperti ini, biasanya kamu harus mengikuti seleksi dan pelatihan pegawai terlebih dahulu.

5. Pengelola objek wisata

Lulusan S1 Pariwisata jadi apa? Selain beberapa profesi di atas, masih terbuka peluang bagi lulusan Pariwisata untuk menjadi pengelola museum, taman hiburan, atau tempat wisata lainnya.

6. Penyedia jasa penginapan

Buat kalian yang punya modal, bisa juga loh menjalankan bisnis penginapan sebagai pemilik guest house, villa, atau homestay. Ada pula lulusan Pariwisata yang menjadi manajer di tempat-tempat penginapan tersebut.

Jangan lupa, lulusan Pariwisata masih dapat bekerja di restoran ataupun perusahaan yang bergerak di bidang layanan makanan dan minuman. Kamu tentu akrab dengan berbagai merk makanan dan minuman yang ngehits di media sosial kan, Sobat?

Selain itu, masih ada perusahaan periklanan atau agensi kreatif yang membutuhkan lulusan Pariwisata. Perusahaan atau agensi seperti ini biasanya bertanggung jawab untuk mengembangkan kampanye promosi pariwisata.

 

Akparindo, Alternatif Kuliah Jurusan Pariwisata

Lulusan S1 pariwisata jadi apa
Photo by Muhammad Ruqi Yaddin on Unsplash

Jurusan kuliah Pariwisata saat ini sudah tersedia di berbagai kampus, seperti UB, Stipram, Universitas Pancasila, STP Trisakti, atau UGM. Namun jika lebih memilih pendidikan vokasi, Akademi Pariwisata Nasional Indonesia adalah salah satu alternatif yang bisa kamu pertimbangkan. Proses pendaftaran untuk menjadi mahasiswa Akademi Pariwisata Nasional Indonesia, terutama melalui Aku Pintar, pun terbilang mudah.

Langsung saja kunjungi laman Pendaftaran Kampus untuk mengikuti pendaftaran Jurusan Pariwisata di Akademi Pariwisata Nasional Indonesia. Pendaftaran secara online seperti ini lebih cepat dan simpel, Sobat Pintar. Selain itu, form pendaftaran kampus online terhitung lebih murah dibandingkan harga form pendaftaran secara offline.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog