redesain-navbar Portlet

null

Blog

Magang Kampus Merdeka di Aku Pintar

Aku Pintar turut menjadi Mitra Magang Kampus Merdeka.

daftar kampus merdeka, © Aku Pintar

Aku Pintar terpilih menjadi salah satu mitra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada progam Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Program MSIB bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan belajar melalui kegiatan di luar kampus.

Tujuan magang sendiri pada umumnya adalah untuk melatih peserta magang mengatasi dan menangani masalah yang mungkin dijumpai di dunia kerja. Melalui kegiatan magang dan terlibat secara langsung dalam berbagai aktivitas internal, peserta magang bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan yang relevan dari tempat magang. Selain membangun jaringan dan relasi, pengalaman kerja yang didapatkan pun amat berharga dan dapat digunakan setelah lulus kuliah. Bahkan tak jarang peserta magang memiliki peluang keberlanjutan karier dengan menjadi karyawan di tempat magang.

Namun, bagaimana dengan program magang Kampus Merdeka? Apa itu magang kuliah dan apa itu Kampus Merdeka?

magang mahasiswa
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Program Magang Kampus Merdeka

Kampus Merdeka adalah program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menguasai pengetahuan praktis dan memperoleh keterampilan atau kompetensi yang bermanfaat bagi kariernya di masa depan. Untuk itu, salah satu kebijakan Kampus Merdeka adalah menyelenggarakan program magang mahasiswa dengan menggandeng mitra dari dunia industri, salah satunya Aku Pintar. Melalui program magang mahasiswa ini, mitra magang Kampus Merdeka dapat turut berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional.

Program magang Kampus Merdeka disebut dengan Magang Bersertifikat. Program magang mahasiswa ini dapat diikuti oleh semua mahasiswa prgram D-3, D-4, dan S-1 dari semua jurusan. Mahasiswa dari seluruh kampus, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, di Indonesia yang saat ini tengah duduk minimal di semester 5 dapat mengikuti program magang Kampus Merdeka.

Sesuai dengan nama programnya, peserta magang Kampus Merdeka berhak menerima sertifikat setelah menyelesaikan program magangnya. Selain sertifikat, mahasiswa yang menjalani program magang di mitra magang Kampus Merdeka dapat menyetarakan kegiatan magangnya dengan 20 SKS. Penyetaraan ini merupakan bentuk capaian pembelajaran atas kompetensi, baik hard skills maupun soft skills, yang telah diperoleh mahasiswa selama menjalani kegiatan Merdeka Belajar di luar kampus.

Program Magang Bersertifikat ini dilatarbelakangi fenomena paradoksal yang kerap dihadapi, yakni begitu banyaknya jumlah para pencari kerja di Indonesia, tetapi di sisi lain ada banyak lowongan kerja yang perlu diisi. Hal ini dibuktikan dari data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) pada Agustus 2020 yang menunjukkan adanya 9,77 juta pengangguran terbuka (semua lulusan) dan masih banyak peluang kerja yang dibuka di berbagai kanal sampai 2021. Di samping itu, perusahaan juga kerap mengalami kekecewaan karena mendapati tingkat kehadiran yang rendah pada tahap seleksi dan tidak bisa mendapatkan SDM yang sesuai dengan keinginan.

Sejalan dengan tujuan magang yang telah disebutkan di awal, program Magang Berserfitikat Kampus Merdeka memang ditujukan agar mahasiswa memperoleh pengalaman kerja di dunia industri secara nyata. Disamping itu, mereka dengan pengalaman magang cenderung memiliki peluang lebih besar untuk segera bekerja setelah lulus kuliah. Memang, pembelajaran secara langsung yang diperoleh selama bermagang di mitra magang Kampus Merdeka, seperti di Aku Pintar, diharapkan dapat menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja dan mengembangkan kariernya dengan lebih baik.

 

Magang Pintar di Aku Pintar

Rekrutmen peserta magang  di Aku Pintar telah dilakukan sejak akhir Juni 2021 hingga akhir Juli 2021, sesuai dengan lini waktu yang telah ditetapkan oleh pihak Kampus Merdeka. Seleksi administratif, interviu, dan diskusi terpumpun ini telah menyisakan 120 peserta untuk mengikuti program Magang Bersertifikat di Aku Pintar dari total pelamar sebanyak 7.348 peserta.

Selain berbagai manfaat magang yang telah disebutkan di atas, mahasiswa magang di Aku Pintar juga berhak mendapatkan uang saku dan komunikasi. Peserta magang ini pun berkesempatan untuk memberikan dampak nyata bagi jutaan siswa SMP/SMA di seluruh Indonesia.

Mengingat situasi pandemi yang belum usai, program Magang Berserifikat di Aku Pintar akan dilakukan dengan metode work from home dan berlangsung mulai 23 Agustus 2021 hingga 28 Februari 2022. Para peserta magang di Aku Pintar akan didampingi oleh 15 mentor profesional yang siap membimbing para peserta magang selama program berlangsung. Aku Pintar akan melakukan pendampingan dan penilaian melalui observasi selama kegiatan magang berlangsung.


Photo by Amy Hirschi on Unsplash

Program Magang Pintar Bersama Aku Pintar diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang pesat agar lebih siap memenuhi kebutuhan zaman.

 

 

Editor: Rinaldi Dwinata Simatupang

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
keren
00

CssBlog

metablog-web Portlet