APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Maksimalkan Belajar Secara Online dengan 5 Tips Ini

Belajar secara online atau daring dapat tetap efektif dengan cara-cara yang tepat.

Maksimalkan Belajar, image via blog.edukasyon.ph

Saat ini kita harus semaksimal mungkin tinggal di rumah demi menghambat penyebaran pandemi. Lantas, bagaimana dengan belajarnya, Sobat?

Sebagian besar kita mungkin mengalami banyak perubahan cara belajar. But it's okay. In the midst of calamity, a huge lifestyle change is expected. Semua orang mengalaminya, bukan? Agar tak terlalu gagap, ada beberapa poin penting berikut ini – yang dapat membantumu belajar daring dengan lebih maksimal.

 

1. Kenali Apa Tujuanmu Belajar

Dari setiap kegiatan yang dilakukan, sebenarnya apa yang Sobat ingin capai? Tentu ada tujuannya, bukan? Begitu pula dengan belajar. Apakah sekedar mengerjakan tugas yang diberikan guru? Apakah mempersiapkan Ujian Akhir Semester? Apakah mengulang persiapan Ujian Nasional? Atau lebih jauh lagi, mempersiapkan UTBK?

Berikutnya, kita dapat menyesuaikan cara belajarnya, Sobat. Misalnya ingin menambah pengetahuan dan memantapkan pemahaman materi pelajaran, Sobat Pintar dapat mengikuti AP Live. Sedangkan untuk persiapan Ujian Akhir Semester dan UTBK, Sobat dapat mengerjakan latihan-latihan soal di Tes Pintar.

 

2. Susun Jadwal Pribadi, dan Taati

Berkaca pada pandemi yang telah terjadi di beberapa negara sebelumnya, kita akan membutuhkan waktu beberapa lama untuk tetap tinggal di rumah. Maka, pengaturan jadwal belajar akan sangat membantu agar waktu kita tak banyak terbuang sia-sia.

Belajar secara mandiri memang tak mudah bila kita baru memulai dan sudah terbiasa belajar bersama teman-teman di sekolah. Tapi justru dengan belajar secara mandiri, kita bisa menentukan kapan waktu yang dirasa paling pas untuk belajar – mungkin pagi, sore, atau malam hari. Yang penting, diusahakan untuk dikerjakan dengan rutin ya, Sobat.

 

3. Aktif dalam Forum Diskusi

Belajar sendiri dari rumah bukan berarti kita akan melakukannya seorang diri. Bukankah kita masih bisa berkomunikasi dengan guru dan teman-teman melalui aplikasi chatting? Jadi, jangan segan memanfaatkan forum diskusi grup daring, Sobat.

Mengutip hasil survei Online College Students pada tahun 2018, 57% partisipan merasa bahwa forum dikusi membantu pemahamam materi pelajaran saat belajar daring. Jadi, bukankah kita bisa memanfaatkan forum diskusi daring selama belajar dari rumah?

 

4. Belajar di Tempat Khusus

Agar makin efektif belajar daring dari rumah, kita membutuhkan satu spot atau tempat khusus untuk belajar saja. Semakin sedikit distraksi yang ada disekitar tempat tersebut, semakin efektif pula kegiatan belajar kita. Distraksi belajar di rumah bisa berupa suara televisi ataupun yang lain, sesuai dengan kondisi rumah kita masing-masing.

Belajar di tempat khusus juga membantu kita mudah berkonsentrasi. Setiap kali berada di tempat tersebut, otak kita akan 'terprogram' untuk siap belajar. Karena terbiasa dengan situasi tempat belajar, kita tak butuh banyak waktu untuk memulai konsentrasi belajar.

 

5. Menjaga Motivasi dan Kesehatan

Belajar dari rumah secara daring belum menjadi kebiasaan atau budaya kita secara masif. Bila kita belum terbiasa betul, kemudian tiba-tiba harus belajar daring karena keadaan khusus seperti sekarang ini, mudah sekali kita mendapat kesan bahwa belajar daring terasa santai.

Boleh-boleh saja kita menyikapi belajar daring dengan lebih santai, tapi jangan sampai membuat kita kehilangan semangat dan motivasi ya, Sobat. Menaati jadwal belajar pribadi dapat membantu menjaga konsistensi belajar, sehingga kita tak perlu susah payah membangun mood belajar setiap hari.

Sedikit santai dalam belajar dan tetap tenang dalam menyikapi suasana pandemi dapat menopang sistem imun tubuh kita agar bekerja maksimal. Jangan lupa istirahat dan olahraga yang cukup agar kita tetap sehat, sambil terus belajar selama masa yang tak mudah ini.

0
230

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog