redesain-navbar Portlet

null

Blog

Manajemen Informatika: tentang Kuliah, Prospek, dan Kampusnya

Ketahui semua tentang Jurusan Manajemen Informatika (Sistem Informasi).

Manajemen Informatika, photo by Igor Miske on Unsplash

Adakah Sobat Pintar yang ingin kuliah di Jurusan Manajemen Informatika? Jurusan ini tentu tak terlalu asing buat Sobat yang memang sudah mengincarnya selama ini. Tapi buat Sobat yang masih bimbang menentukan pilihan jurusan kuliah, wajib banget kenalan sama Jurusan Manajemen Informatika ini, lho.

Why is that so? Well, you've gotta read on to get the answer.

 

Deskripsi Jurusan Manajemen Informatika

Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Manajemen Informatika adalah sebuah jurusan kuliah di perguruan tinggi yang mengajarkan mahasiswanya tentang penggunaan teknologi untuk memudahkan kegiatan bisnis. Mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika belajar tentang cara menganalisis, merancang, mengembangkan, hingga mengelola teknologi informasi.

Jurusan Manajemen Informatika dikenal dengan beberapa nama berbeda. Jika Sobat Pintar mendapati Jurusan Manajemen Informasi, Sistem Manajemen Informasi, Manajemen Sistem Informasi, ataupun Sistem Informasi, sebenarnya seluruhnya sama dengan Jurusan Manajemen Informatika. Jangan bingung, ya!

 

Pengetahuan dan Keahlian Manajemen Informatika

Photo by Caspar Camille Rubin on Unsplash

As it's mentioned earlier, mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika belajar tentang cara menganalisis, merancang, mengembangkan, hingga mengelola teknologi informasi. But let's elaborate further, Sobat.

Di Jurusan Manajemen Informatika, kita belajar tak hanya Ilmu Komputer, tapi juga Bisnis dan Ekonomi Manajemen. Nggak cuma belajar tentang programming, tapi kita juga belajar tentang accounting, marketing, bahkan human resource. Kita belajar tentang bagaimana caranya membangun dan menerapkan teknologi informasi dalam dunia bisnis sehingga tujuannya tercapai.

Ilmu manajemen informasi yang kita pelajari dimanfaatkan untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi (institusi, perusahaan, atau korporasi). Dengan kata lain, ilmu manajemen informasi kita merupakan sebuah problem solver. Dan kita pun, bagian dari problem solver itu, Sobat!

 

Kuliah MI (Manajemen Informatika)

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Ingin menjadi seorang problem solver yang kreatif dan memiliki kemampuan thinking out of the box? It takes time, Sobat Pintar. Selama kuliah di Jurusan Manajemen Informatika, kita menimba ilmu dan mengasah skills yang diperlukan untuk itu.

Sebagian mata kuliah manajemen informasi yang akan kita pelajari di Jurusan Manajemen Informatika antara lain Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, Manajemen Proyek Teknologi Informasi, Manajemen Pengadaan dan Investasi, Teknologi Informasi, Manajemen Risiko Teknologi Informasi, Keamanan Aset Informasi, Analisis dan Desain Perangkat Lunak, Desain dan Manajemen Jaringan Komputer, Desain dan Manajemen Proses Bisnis, Bahasa Pemrograman, hingga Sistem dan Teknologi Informasi.

Komunikasi yang baik adalah bagian dari problem solving yang cukup penting. Maka, kita pun akan belajar bagaimana berkomunikasi dan bekerja dalam tim saat kuliah di Jurusan Manajamen Informatika.

 

Prospek Kerja, Profesi, dan Karier Lulusan Manajemen Informatika

Photo by You X Ventures on Unsplash

Di masa teknologi informasi seperti sekarang ini, prospek kerja manajemen informasi atau sistem informatika terbilang cukup menjanjikan. Apalagi dengan perannya sebagai problem solver, seseorang dengan kemampuan manajemen informasi atau sistem informatika yang baik akan sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Apa saja profesi yang umumnya dijalani oleh alumni Jurusan Manajemen Informatika? The options are surprisingly endless, Sobat! Programmer, system designer, database administrator, hingga project manager atau chief information officer adalah beberapa profesi di bidang manajemen informasi yang banyak dilakoni oleh alumni jurusan ini.

Penghasilan profesi-profesi di bidang manajemen informasi atau sistem informatika ini pun cukup baik. Paycheck dari level UMR hingga puluhan juta rupiah dapat dibawa pulang setiap bulannya – namun tentu ini sangat dipengaruhi oleh pengalaman kerja dan jabatan pekerjaan masing-masing orang.

 

Universitas dengan Jurusan Manajemen Informatika

Photo by Proxyclick Visitor Management System on Unsplash

Tertarik untuk kuliah di Jurusan Manajemen Informatika, Sobat? Di mana kita bisa belajar ilmu manajemen informasi ini di perguruan tinggi?

Don't sweat. Pilihan kampusmu cukup banyak, Sobat Pintar. Program D3 Jurusan Manajemen Informatika terakreditasi A berada di Universitas Gunadarma, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Politeknik Negeri Jember, Universitas Teknologi Yogyakarta, serta Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom.

Pada jenjang S1, jurusan dengan ilmu manajemen informasi ini lebih dikenal sebagai Sistem Informasi. Jurusan ini dengan akreditasi A berada di Universitas Gunadarma, Universitas Bina Darma, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Internasional Batam, Universitas Tarumanagara, Universitas Presiden, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Airlangga, dan Universitas Dian Nuswantoro.

 

Dengerin Podcast tentang Software Developer

Di kampus mana Sobat ingin belajar tentang manajemen informasi? Create your own opportunity and make your dream come true, Sobat!

40

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan, nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

nomor telepon

+62 812 2000453

email

info@akupintar.id

Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat

Layanan

Universitas

Siswa

Informasi

Kebijakan Privasi

Syarat & Ketentuan

Karir

Ikuti Kami

Facebook Instagram Youtube