APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Manajemen, Mengatur Diri Sendiri di Rumah

Seiring dengan berubahnya rutinitas harian, diperlukan teknik manajemen yang lebih baik.

Mengatur Diri Sendiri di Rumah, image via www.letsintern.com

Apakah manajemen itu? Adakah Sobat Pintar yang ingin kuliah pada Jurusan atau Prodi Manajemen? Pada saat harus tinggal di rumah seperti sekarang ini, kita semua seolah sedang belajar manajemen. Bukan, bukan sekedar jurusan kuliah, tapi tentang apa sebenarnya manajemen itu? Dan kenapa kita semua sedang mempelajarinya saat ini?

 

Mengenal tentang Manajemen

Manajemen dapat dipahami sebagai serangkaian keterampilan praktis  yang diterapkan dengan benar dan pada waktu yang tepat. Dalam pemahaman bisnis, seperti pada Jurusan atau Prodi Manajemen, biasanya keterampilan praktis seperti ini diterapkan dalam organisasi bisnis untuk mencapai target tertentu.

Tapi ketika harus berada di rumah selama pandemi menyebar, keterampilan praktis manajemen dapat kita terapkan sendiri, Sobat. Manajemen bukan lagi terbatas pada otoritas dan kekuasan hirarkis, tetapi lebih pada keahlian setiap kita untuk memutuskan sesuatu setiap saat.

 

Manajemen Waktu dan Cara Memperbaikinya

Salah satu skill manajemen yang cukup penting saat ini adalah manajemen waktu. Mengingat gerak fisik kita terbatas, tugas dari sekolah atau kampus yang terus mengalir datang, dan waktu kita juga terbatas, maka mau tak mau kita harus pintar-pintar mengatur waktu.

Bagaimana cara memperbaiki pengaturan waktu kita, Sobat? Kita dapat memulai dengan menyusun agenda, menentukan tenggat waktu untuk masing-masing kegiatan, menyusun prioritas kegiatan, hingga mematuhi agenda pribadi tersebut. Sobat Pintar dapat menggunakan kriteria ini untuk mulai menyusun agendamu.

 

Mengerjakan Tugas dengan Efisien

Disaat kita membutuhkan sistem imun tubuh agar bekerja maksimal seperti sekarang ini, justru tugas-tugas sekolah atau kuliah datang tanpa henti. Stres karena menghadapi begitu banyak tugas berpotensi menurunkan sistem imun kita, Sobat. Lantas, bagaimana kita harus menyikapinya?

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mempercepat pengerjaan tugas-tugas tersebut, Sobat. Serupa dengan manajemen waktu, manajemen pengerjaan tugas juga memerlukan agenda. Susun daftar tugas yang harus dikerjakan. Dan yang terpenting, jangan menunda-nunda lagi untuk mengerjakan satu tugas.

 

Dengerin Podcast tentang Burnout, Siapa yang Harus Peduli: Anak atau Ortu?

Saat ini, kita menjadi manajer bagi diri sendiri. Kita mengatur seluruh waktu kita, kita juga mengatur seluruh tugas-tugas yang harus dituntaskan. Nah, sudah siapkah Sobat menjadi seorang manajer? Let's do it, Sobat!

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog