redesain-navbar Portlet

null

Blog

Guru Pintar, Yuk Manfaatkan TikTok Dalam Proses Pembelajaran!

Ternyata media sosial dapat menjadi media pembelajaran yang andal

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan media sosial, termasuk TikTok. Orang dewasa hingga anak-anak sangat menggandrungi media sosial sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Alih-alih mengeluhkan siswa lebih suka bermain TikTok daripada belajar, mengapa tidak memanfaatkan TikTok untuk mengajar?

Aplikasi TikTok menjadi salah satu media sosial yang booming dan digemari berbagai kalangan karena memungkinkan membuat video pendek yang diaplikasikan dengan suara atau menyisipkan lagu yang dapat dipilih sesuai keinginan. Menariknya lagi, TikTok juga memiliki berbagai fitur yang membuat penggunanya tak bosan beraktivitas di media sosial. Misalnya saja fitur Challenge dan berbagai jenis musik terkini. Guru Pintar tidak boleh terlalu skeptis dengan perkembangan zaman ini. Mengapa? Karena Guru Pintar dapat menggunakan TikTok sebagai media pembelajaran atau berupa TikTok edukasi.

Pembelajaran menggunakan sosial media nyatanya sudah marak diterapkan oleh guru-guru saat pembelajaran jarak jauh. Rupanya unsur fun dan jangkauannya yang luas membuat banyak guru menjadikannya sebagai salah satu bentuk media pembelajaran yang baru. Bagaimana Guru Pintar, apakah Anda tertarik memanfaatkan TikTok sebagai media pembelajaran? Yuk, simak artikel berikut ini!

Manfaat TikTok untuk pembelajaran

Manfaat TikTok Dalam Proses Pembelajaran
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Saat mengajar online, guru menerima tantangan yang sangat besar bagaimana pembelajaran tetap menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal. Komunikasi jarak jauh membuat Guru Pintar mengalami kesulitan untuk memastikan apakah para siswa sudah benar-benar memahami materi yang disampaikan. Selain itu, keterbatasan komunikasi dan interaksi sering kali menjadi alasan siswa merasa jenuh dan bosan mengikuti pembelajaran. Guru Pintar dituntut untuk mencari cara kreatif supaya siswa tetap bersemangat belajar. Salah satu caranya adalah memanfaatkan sosial media seperti TikTok dalam pembelajaran.

Selalu ada 2 sisi yang harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Begitupun dengan TikTok atau media sosial lainnya. Kuncinya bagaimana Guru Pintar mengarahkan siswa bagaimana menggunakan TikTok dengan benar sehingga mendapatkan dampak positif bermain TikTok.

Berikut ini akan diulas manfaat TikTok untuk pembelajaran. Disimak sampai selesai ya, Guru Pintar!

1. Lebih terhubung dengan siswa

Guru Pintar dapat memanfaatkan TikTok dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya untuk memberikan tugas saja. Guru Pintar juga dapat menyapa siswa, mengomentari kegiatan yang dilakukan siswa sehingga terjalin kedekatan antara Guru Pintar dan siswa yang diajar. Manfaat TikTok lainnya adalah Guru Pintar dapat memantau kegiatan siswa sekaligus memastikan siswa dalam keadaan sehat melalui unggahan mereka. Jika ada hal yang menyimpang atau jika ada keluhan, Guru Pintar dapat segera memikirkan langkah-langkah untuk membantu mereka.

2. Stress release

Guru Pintar dapat memanfaatkan TikTok untuk mengunggah konten-konten ringan dan edukatif seperti tips, cerita dongeng, cerita sejarah hingga kesenian. Meskipun tampaknya tidak berhubungan tidak seperti mengajarkan sebuah materi pelajaran, Konten TikTok yang Guru Pintar unggah dapat menghibur siswa dan juga viewer lainnya.

3. Media pembelajaran yang menyenangkan

Siswa akan bosan mendengarkan gurunya berceramah meskipun itu melalui zoom atau Google meet. Supaya siswa merasa senang dan materi pelajaran tersampaikan, Guru Pintar dapat mencoba membuat video yang menerangkan materi dengan aplikasi TikTok. Karena durasinya singkat sekitar satu menit saja, Guru Pintar harus dapat mengatur sedemikian rupa materi tersampaikan dengan efektif dan efisien. Kelebihan lainnya dari TikTok sebagai media pembelajaran yang menyenangkan adalah siswa tidak merasa sedang diceramahi. Mereka juga dapat mengulang-ulang materi sampai mereka benar-benar paham.

4.Siswa menjadi lebih aktif

Manfaat aplikasi TikTok lainnya dalam pembelajaran adalah mampu mendorong interaksi dan minat siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran secara daring telah mendisrupsi sejumlah minat siswa terhadap pelajaran. Misalnya pelajaran yang membutuhkan praktik langsung seperti olahraga, pramuka, seni dan kegiatan ekstra kurikuler. Aplikasi TikTok dapat digunakan sebagai alat untuk mendorong siswa untuk tetap aktif berolahraga, melakukan kegiatan seni, atau presentasi meski hanya di rumah saja. Siswa juga dapat saling melihat unggahan teman-temannya dan saling meninggalkan komentar. Dengan demikian mereka tidak hanya merasa Guru Pintar sebagai satu-satunya sumber belajar melainkan mereka juga dapat dari teman-temannya.

5. Membuat tugas sekolah lebih menyenangkan

Tugas mengerjakan soal atau membuat video dengan kamera HP sudah biasa. Tidak jarang siswa merasa kesulitan mengunggah atau mengirimkannya kepada guru karena kapasitasnya yang terlalu besar. Nah, hal ini dapat Guru Pintar siasati dengan meminta siswa mengumpulkan tugas berupa video melalui aplikasi TikTok.  Selain menjadi lebih kreatif, siswa juga akan merasa lebih senang terlebih jika mendapat viewer yang banyak dari unggahannya.


 

Demikian manfaat TikTok dalam proses pembelajaran. Jangan lupa mengajak orang tua untuk turut memonitor aktivitas TikTok putra-putrinya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba, Guru Pintar!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet